Muncul Garis Hitam di Perut Saat Hamil, Apa Sih Artinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda mengalami munculnya garis hitam di perut saat hamil? Walaupun tidak semua ibu mungkin memiliki garis ini saat hamil, namun garis hitam di perut sering muncul saat hamil. Garis gelap ini biasanya muncul vertikal di tengah perut Anda saat perut Anda sudah mulai membesar. Apa sih arti dari garis hitam ini dan mengapa bisa muncul?

Garis hitam di perut saat hamil, apa itu?

Garis hitam di perut saat hamil merupakan titik pertemuan jaringan ikat otot perut. Sebenarnya, garis ini mungkin sudah ada di perut Anda sebelum hamil. Tapi, garis ini berwarna lebih terang atau pucat menyerupai kulit Anda atau disebut dengan linea alba sehingga Anda tidak menemukannya. Dan, kemudian garis ini berubah warna menjadi lebih gelap selama kehamilan dan disebut linea nigra.

Linea nigra (garis hitam di perut saat hamil) biasanya membentang di perut Anda dari sekitar pusar sampai tulang kemaluan. Serta, mempunyai lebar sekitar 0,6-1,3 cm. Garis hitam ini biasanya mulai muncul saat kehamilan Anda sudah besar, sekitar usia kehamilan 5 bulan atau mungkin lebih awal.

Mengapa bisa muncul?

Tidak semua ibu hamil memiliki linea nigra pada perutnya, terutama jika kulit ibu hamil sangat putih dan pucat. Namun, tidak memiliki linea nigra bukan berarti ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda. Ada atau tidak ada linea nigra yang muncul bukan menjadi masalah untuk ibu hamil. Ini hanya tentang bagaimana tubuh ibu hamil merespon perubahan hormon tertentu saat kehamilan.

Linea nigra muncul karena terjadi perubahan hormon pada tubuh ibu hamil. Peningkatan hormon estrogen dan progesteron merupakan faktor utama penyebab munculnya garis hitam ini. Hormon-hormon ini menstimulasi melanosit untuk memproduksi melanin, pigmen warna yang membuat kulit berwarna gelap. Tidak itu saja, hormon ini juga yang bertanggung jawab terhadap perubahan warna di sekitar puting susu (areola) yang menjadi lebih gelap.

Selama trimester kedua kehamilan, tubuh menghasilkan hormon kehamilan lebih banyak, sehingga produksi melanin atau pigmen yang mengubah warna kulit juga menjadi lebih banyak. Hal ini membuat linea alba yang sudah Anda miliki sebelumnya berubah warna menjadi lebih gelap dan muncul menjadi linea nigra.

Ibu hamil yang mempunyai warna kulit lebih gelap mungkin akan mempunyai linea nigra dengan warna yang lebih menonjol dibandingkan ibu hamil yang mempunyai kulit berwarna lebih terang. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan kemunculan linea nigra karena garis ini kemudian akan hilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan bayi Anda.

Apakah linea nigra bisa untuk memprediksi jenis kelamin bayi?

Banyak orang mengira bahwa garis hitam yang muncul di perut selama kehamilan dapat memprediksi jenis kelamin bayi yang akan lahir. Katanya, jika garis membentang dari tulang kemaluan sampai ke pusar, maka jenis kelamin bayi Anda adalah perempuan. Dan, jika garis membentang sampai ke bagian bawah tulang rusuk, maka Anda akan mempunyai anak laki-laki. Ada juga yang mengatakan bahwa jika linea nigra muncul maka bayi Anda berjenis kelamin laki-laki.

Namun, ini semua hanyalah mitos yang tidak perlu Anda percayai. Adanya linea nigra pada perut Anda bukan berarti dapat menunjukkan jenis kelamin bayi yang Anda kandung. Anda mempunyai kesempatan yang sama untuk mempunyai bayi perempuan atau laki-laki pada setiap kehamilan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pahami Faktor Penentu Persalinan Caesar sebagai Persiapan Sambut si Kecil

Apakah Ibu sudah menentukan metode persalinan yang akan dilakukan? Simak tentang persalinan normal, alasan di balik keputusan operasi caesar dan prosesnya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
potret pasangan diskusi tentang persalinan normal dan caesar
Melahirkan, Kehamilan 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenali Gejala dan Bahaya Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi setelah melahirkan dikenal dengan istilah postpartum preeklampsia. Apa saja gejala dan bahayanya? Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hipertensi, Kesehatan Jantung 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Awas! Ini Bahayanya Jika Ibu Kekurangan Yodium Saat Hamil

Tidak sedikit wanita hamil yang belum mengetahui pentingnya yodium. Padahal, kekurangan yodium saat hamil memiliki dampak yang buruk bagi janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 7 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Apa Penyebab Anak dan Tantrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tantrum pada anak bisa terjadi kapan pun di manapun, termasuk di tempat umum. Berikut cara untuk mengatasi dan mencegahnya di kemudian hari,

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 2 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ibu hamil makan daging kambing

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Apa yang Terjadi Pada Bayi Jika Ibu Stres Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
pengganti nasi untuk ibu hamil

3 Pengganti Nasi yang Lebih Sehat untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 14 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit