10 Cara Kurangi Stress Saat Kehamilan

Oleh

Seiring dengan rasa bahagia yang dibuatnya, kehamilan juga membawa banyak tekanan dan sumber stress bagi banyak wanita. Anda tentu tahu bahwa kondisi mental juga dapat berpengaruh pada kesehatan fisik, sehingga ibu yang stress berpotensi mengembangkan masalah fisik lain yang juga dapat mempengaruhi kesehatan jabang bayi.

Berikut adalah 10 cara mudah untuk mengurangi stres dan mulai menikmati masa kehamilan anda.

1. Istirahat cukup dan fokus pada bayi Anda

Selalu rileks dan jangan meributkan hal remeh karena hal tersebut dapat berpengaruh pada Anda dan si kecil. Anda bisa bersantai sambil berinteraksi dan bernyanyi dengan si kecil, karena sejak usia 23 minggu, dia sudah bisa mendengar suara Anda! Berinteraksi dengan bayi sejak dia masih di dalam perut dapat memperkuat ikatan batin Anda berdua.

Jika Anda merasa lelah, beristirahatlah. Tubuh Anda lelah karena sudah bekerja keras memberi nutrisi terbaik untuk si kecil sehingga tidur merupakan obat yang manjur saat Anda kelelahan. Jika Anda juga seorang Ibu yang masih memiliki anak kecil, mintalah bantuan pada suami, orangtua, atau kerabat untuk membantu menjaga anak Anda sementara Anda beristirahat.

2. Curhat

Jika Anda merasa khawatir akan keadaan Anda, si bayi, atau urusan pribadi lainnya, Anda bisa berkonsultasi dan menceritakan masalah Anda pada bidan atau dokter. Tak perlu takut untuk menjelaskan karena jika Anda jujur menjelaskan masalah Anda, akan selalu ada yang dapat membantu Anda.

Curhat dengan pasangan Anda mengenai kekhawatiran yang Anda rasakan, siapa tahu ia ternyata juga sedang mengkhawatirkan suatu hal yang tidak Anda ketahui, sehingga nantinya Anda dan pasangan dapat saling membantu dan menenangkan satu sama lain.

Atau Anda bisa berbicara pada calon Ibu lainnya yang Anda mungkin temui di kelas antenatal. Para calon Ibu pasti mengerti bagaimana mengatasi masalah Anda karena sedang berada di tahap yang sama.

3. Makan cukup dan teratur

Makan makanan bergizi dengan teratur sangat baik untuk tubuh Anda. Menu yang kaya asam lemak omega 3, mineral, dan vitamin dapat membuat suasana Anda membaik. Asam lemak omega 3 bisa didapatkan pada ikan dan makanan laut seperti salmon, tuna, ikan kembung, sarden, dan lainnya. Sangat direkomendasikan untuk makan setidaknya 2 porsi hidangan ikan per minggu.

Asam amino esensial tryptophan terbukti dapat memperbaiki suasana hati karena trypthophan membantu meningkatkan kadar melatonin kimia dan serotonin pada otak. Melatonin dan serotonin dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak dan memperbaiki mood Anda.

Tryptophan dapa ditemukan pada kacang dan biji-bijian serta pada kalkun, ayam, ikan, telur, yogurt, dan keju.

Jangan lupa minum air yang cukup, jangan sampai Anda dehidrasi. Dehidrasi dapat memengaruhi suasana hati Anda dan mengakibatkan sakit kepala. Minum 6-8 gelas air per hari.

4. Olahraga

Olahraga juga dapat memperbaiki suasana hati. Jika Anda tidak terbiasa olahraga sebelum hamil, baru memulai saat hamil pun tidak masalah. Mulailah dengan olahraga yang mudah seperti berenang yang dapat membuat kulit Anda kencang namun tetap aman dilakukan. Ada kelas aquanatal yang ama untuk ibu hamil dan bisa Anda ikuti.
Selain berenang, yoga untuk ibu hamil juga dapat Anda ikuti, yang tidak hanya bermanfaat mengencangkan kulit dan meregangkan tubuh Anda namun juga melatih teknik pernafasan, relaksasi, dan meditasi. Teknik-teknik tersebut bagus untuk menangani kecemasan Anda.
Biasakan untuk bergerak tiap hari. Jika Anda di kantor dan selalu duduk menghadap meja kerja Anda, jalan-jalanlah sebentar saat makan siang atau saat jam istirahat.

5. Persiapkan kelahiran si kecil

Jika Anda berencana untuk melahirkan secara caesar, tanyakan pada dokter kandungan atau bidan Anda mengenai apa yang akan terjadi saat Hari-H. Mempersiapkan operasi Caesar dapat membuat Anda lebih percaya diri dan merasa terkendali.

Jika Anda berencana untuk melahirkan di rumah sakit atau klinik persalinan/bidan, Anda bisa mengunjungi tempat Anda akan melahirkan untuk melihat kamar yang akan Anda inapi. Hal ini dapat membantu Anda membuat perencanaan.

Jika Anda takut akan proses kelahiran normal dan ketakutan tersebut semakin memburuk, akan lebih baik jika Anda memilih untuk melahirkan secara Caesar. Bicarkan terlebih dahulu pada dokter atau bidan untuk membantu Anda.

6. Bersiaplah untuk kehidupan berkeluarga

Menjadi orangtua adalah proses yang tidak otomatis dan akan Anda kuasai seiring berjalannya waktu. Jika Anda memiliki teman yang sudah punya bayi, Anda bisa belajar banyak dari mereka.

7. Pulang-pergi dari tempat kerja

Perjalanan dari dan ke tempat kerja kadang dapat memicu stress, dan bisa memburuk seiring bertambahnya usia kandungan Anda. Tanyalah pada atasan Anda apakah Anda bisa pulang lebih awal dari biasanya untuk menghindari jam pulang kantor yang hiruk pikuk. Hal ini dapat dilakukan dengan risiko bahwa atasan Anda punya kewajiban hukum untuk melaksanakan dan meninjau kinerja Anda selama kehamilan.

Jika Anda naik kendaraan umum pastikan Anda duduk selama perjalanan. Anda dapat duduk di area yang sudah disediakan oleh pengelola untuk ibu hamil. Jika tidak ada yang menawari Anda tempat duduk, mintalah pada salah satu penumpang.

8. Uang

Jika Anda khawatir tentang pengeluaran segala tagihan dan masih harus membeli sejumlah keperluan bayi, Anda mungkin tidak harus membeli semua yang ada di daftar Anda. Tentukan barang yang Anda bisa pinjam dari teman atau kerabat.

Beberapa barang seperti boks bayi hanya digunakan selama dua bulan atau tiga bulan. Anda juga dapat membeli barang-barang bayi bekas.

Jika Anda bekerja, cari tahu bantuan tunjangan yang disediakan oleh perusahaan Anda dengan bertanya pada manajer HRD Anda.

9. Coba terapi alternatif

Pijat adalah cara yang fantastis untuk menghilangkan stres. Tunjukkan video tentang bagaimana cara pijat punggung bawah dan cara pijat relaksasi pada pasangan Anda. Jika Anda menggunakan minyak esensial saat pijat aromaterapi atau jenis perawatan lainnya, cek terlebih dahulu apakah jenis pijat tersebut aman untuk digunakan dalam masa kehamilan.

Meditasi dan teknik visualisasi positif tersedia di internet secara gratis dan dapat Anda lakukan di mana saja. Ini adalah cara santai dengan memusatkan konsentrasi dan pikiran Anda pada satu hal, seperti yang digunakan dalam yoga.

Meditasi dapat membantu menurunkan kadar hormon stres skortisol. Cobalah untuk mengikuti kelas yoga prenatal di studio terdekat. Tapi jika Anda tidak dapat mengikuti kelas tersebut, Anda bisa belajar sendiri untuk bermeditasi. Duduklah di tempat yang tenang dan tutup mata Anda. Tarik napas dalam-dalam dan perlahan melalui hidung Anda, biarkan bahu Anda rileks.

Fokus pada napas Anda atau pada sebuah gambar seperti lilin, dan mulai mengulangi kata atau frase yang Anda rasa menenangkan, berulang-ulang. Coba 20 menit meditasi, sekali sehari, lima kali seminggu, idealnya dilakukan di pagi hari.

Terapi lain yang mungkin berguna adalah refleksi, yang menggunakan tekanan di titik-titik tertentu di kaki Anda. Pastikan terapis Anda berkualitas dan berpengalaman dalam bekerja dengan wanita hamil.

10. Jangan lupa bersenang-senang!

Tertawa adalah salah satu cara untuk bersantai. Temuilah teman-teman Anda untuk sekadar ngobrol atau pergi nonton film di bioskop.

Kehamilan juga merupakan waktu yang tepat untuk menghibur diri sendiri dengan perawatan kecantikan yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Jika Anda tidak bisa mengecat kuku kaki Anda karena perut Anda sudah terlalu besar, pergilah ke salon kuku. Jika dana Anda mencukupi, buatlah spa ala rumahan. Hiburlah diri Anda sendiri karena Anda pantas mendapatkannya.

Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca