home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Anda Jago Olahraga? Coba Cek dari Panjang Jari Tangan Anda!

Apakah Anda Jago Olahraga? Coba Cek dari Panjang Jari Tangan Anda!

Siapa sangka, panjang jari tangan Anda rupanya bisa memprediksi seberapa hebat kemampuan Anda dalam bidang olahraga. Hal ini telah terbukti dalam penelitian ilmiah, lho. Menurut penelitian, bila panjang jari manis dan telunjuk Anda sama, Anda akan semakin jago olahraga. Sebaliknya, kalau jari manis dan telunjuk Anda tidak sama panjang dengan selisih yang cukup besar, Anda mungkin kurang mahir berolahraga.

Bagaimana panjang jari tangan seseorang memengaruhi kemampuannya dalam berolahraga? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk.

Kenapa panjang jari tangan selalu beda-beda?

Panjang setiap jari ditentukan pada fase awal perkembangan janin atau pada trimester kedua kehamilan. Hal ini diatur oleh keseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen.

Jari manis yang sedang bertumbuh memiliki jumlah reseptor atau penerima hormon testosteron yang banyak. Oleh karena itu, semakin banyak hormon testosteron yang dihasilkan janin, maka jari manis akan tumbuh makin panjang.

Apa artinya kalau telunjuk dan jari manis seseorang sama tinggi?

Secara umum, orang-orang dengan jari telunjuk dan jari manis yang sama rata cenderung memiliki kemampuan olahraga yang lebih baik.

Perbandingan panjang telunjuk dan jari manis Anda disebut sebagai selisih panjang jari. Misalnya, panjang telunjuk Anda 7 sentimeter (cm) dan panjang jari manis Anda 7,5 cm. Maka selisih jari manis dan telunjuk Anda adalah 0,5 atau setengah cm.

Pada tahun 2001, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pemain sepak bola profesional memiliki selisih panjang telunjuk dan jari manis yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang bukan atlet olahraga. Maksudnya, kedua jari tersebut hampir sama tinggi atau memang sama tinggi.

Meskipun terdapat variasi dalam berbagai olahraga, penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang dengan selisih panjang jari yang lebih kecil cenderung lebih baik dalam bola basket, lari, gulat, surfing, renang, tenis, dan bola voli.

Hubungan antara panjang jari dengan kemampuan olahraga ini tidak hanya diamati pada atlet laki-laki, tetapi pada atlet perempuan juga.

olahraga untuk kanker paru

Apa kaitan antara jari tangan dengan kemampuan olahraga seseorang?

Panjang jari Anda dianggap sebagai ukuran untuk memperkirakan seberapa banyak kadar hormon testosteron yang Anda dapatkan selama berkembang dalam kandungan. Hormon testosteron sendiri sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan beberapa organ tubuh seperti otak, jantung, otot, dan tulang. Pertumbuhan organ-organ tersebut secara sempurna nyatanya bisa membuat kemampuan atletik seseorang jadi maksimal.

Selain itu, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa orang dengan selisih panjang telunjuk dan jari manis yang lebih kecil cenderung memiliki kemampuan visual, spasial (pemetaan ruang atau tata letak), serta kognitif yang lebih baik.

Kemampuan-kemampuan tersebut sangat penting dalam olahraga, di mana para atlet harus mampu membaca permainan, mengatur strategi, serta membuat keputusan dalam waktu singkat.

Namun, bukan berarti orang yang panjang jari manis dan telunjuknya terpaut jauh pasti tidak jago olahraga. Performa olahraga itu sangat bisa dilatih, kok. Kuncinya adalah rutin latihan dan menjalani gaya hidup sehat agar tubuh bisa menunjang aktivitas Anda.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Finger Length Could Predict Athletic Ability https://www.livescience.com/60336-finger-length-may-predict-athletic-ability.html Accessed 20/09/2017

The Big Finger: the second to fourth digit ratio is a predictor of sporting ability in women https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2577466/ Accessed 20/09/2017

The Association between Athleticism, Prenatal Testosterone, and Finger Length https://www.researchgate.net/profile/Charles_Swanik/publication/45821601_The_Association_between_Athleticism_Prenatal_Testosterone_and_Finger_Length/links/53e291dc0cf2b9d0d832757d/The-Association-between-Athleticism-Prenatal-Testosterone-and-Finger-Length.pdf Accessed 20/09/2017


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh dr. Hendry Wijaya Diperbarui 04/10/2017
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x