Apakah Anda Jago Olahraga? Coba Cek dari Panjang Jari Tangan Anda!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25 Oktober 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Siapa sangka, panjang jari tangan Anda rupanya bisa memprediksi seberapa hebat kemampuan Anda dalam bidang olahraga. Hal ini telah terbukti dalam penelitian ilmiah, lho. Menurut penelitian, bila panjang jari manis dan telunjuk Anda sama, Anda akan semakin jago olahraga. Sebaliknya, kalau jari manis dan telunjuk Anda tidak sama panjang dengan selisih yang cukup besar, Anda mungkin kurang mahir berolahraga.

Bagaimana panjang jari tangan seseorang memengaruhi kemampuannya dalam berolahraga? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk.

Kenapa panjang jari tangan selalu beda-beda?

Panjang setiap jari ditentukan pada fase awal perkembangan janin atau pada trimester kedua kehamilan. Hal ini diatur oleh keseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen.

Jari manis yang sedang bertumbuh memiliki jumlah reseptor atau penerima hormon testosteron yang banyak. Oleh karena itu, semakin banyak hormon testosteron yang dihasilkan janin, maka jari manis akan tumbuh makin panjang.

Apa artinya kalau telunjuk dan jari manis seseorang sama tinggi?

Secara umum, orang-orang dengan jari telunjuk dan jari manis yang sama rata cenderung memiliki kemampuan olahraga yang lebih baik.

Perbandingan panjang telunjuk dan jari manis Anda disebut sebagai selisih panjang jari. Misalnya, panjang telunjuk Anda 7 sentimeter (cm) dan panjang jari manis Anda 7,5 cm. Maka selisih jari manis dan telunjuk Anda adalah 0,5 atau setengah cm.

Pada tahun 2001, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pemain sepak bola profesional memiliki selisih panjang telunjuk dan jari manis yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang bukan atlet olahraga. Maksudnya, kedua jari tersebut hampir sama tinggi atau memang sama tinggi.

Meskipun terdapat variasi dalam berbagai olahraga, penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang dengan selisih panjang jari yang lebih kecil cenderung lebih baik dalam bola basket, lari, gulat, surfing, renang, tenis, dan bola voli.

Hubungan antara panjang jari dengan kemampuan olahraga ini tidak hanya diamati pada atlet laki-laki, tetapi pada atlet perempuan juga.

olahraga untuk kanker paru

Apa kaitan antara jari tangan dengan kemampuan olahraga seseorang?

Panjang jari Anda dianggap sebagai ukuran untuk memperkirakan seberapa banyak kadar hormon testosteron yang Anda dapatkan selama berkembang dalam kandungan. Hormon testosteron sendiri sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan beberapa organ tubuh seperti otak, jantung, otot, dan tulang. Pertumbuhan organ-organ tersebut secara sempurna nyatanya bisa membuat kemampuan atletik seseorang jadi maksimal.

Selain itu, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa orang dengan selisih panjang telunjuk dan jari manis yang lebih kecil cenderung memiliki kemampuan visual, spasial (pemetaan ruang atau tata letak), serta kognitif yang lebih baik.

Kemampuan-kemampuan tersebut sangat penting dalam olahraga, di mana para atlet harus mampu membaca permainan, mengatur strategi, serta membuat keputusan dalam waktu singkat.

Namun, bukan berarti orang yang panjang jari manis dan telunjuknya terpaut jauh pasti tidak jago olahraga. Performa olahraga itu sangat bisa dilatih, kok. Kuncinya adalah rutin latihan dan menjalani gaya hidup sehat agar tubuh bisa menunjang aktivitas Anda.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Beberapa jenis tanaman untuk kamar membawa efek menenangkan dan mampu membersihkan udara dari polusi, bau, dan jamur. Apa saja jenisnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat

Menghilangkan bekas luka butuh waktu lama. Simak daftar obat-obatan sebagai cara menghilangkan bekas luka yang tepat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Terapi Oksigen untuk Mengatasi Masalah Sesak Napas

Beberapa orang mungkin membutuhkan terapi oksigen untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darahnya. Siapa saja yang membutuhkannya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Pernapasan 2 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat buah mangga

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
tato mata

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
5 Langkah untuk Berhenti Merokok

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
produk pembersih rumah

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit