backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Mempererat Ikatan Keluarga

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui kemarin

5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Mempererat Ikatan Keluarga

Dengan mengajarkan kebiasaan baik di rumah, orangtua tidak hanya membantu anak-anak mengembangkan disiplin dan tanggung jawab, tetapi juga menanamkan nilai-nilai yang akan membantu mereka tumbuh menjadi individu yang mandiri dan bertanggung jawab. 

Pasalnya, membangun kebiasaan baik sejak dini adalah fondasi penting bagi perkembangan anak yang sehat dan bahagia. Lantas apa saja contoh kebiasaan baik yang bisa diajarkan untuk anak di rumah? 

Berbagai kebiasaan baik anak di rumah 

quality time bersama keluarga saat puasa

Saat di rumah, anak-anak belajar dari orangtua dan lingkungan sekitarnya untuk dapat menciptakan rutinitas yang positif dapat memberikan dampak jangka panjang pada kehidupan mereka. 

Melansir Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa contoh kebiasaan baik dalam mendidik anak yang dapat dilakukan orangtua. 

1. Mengajarkan anak bangun tepat waktu 

Mengajarkan anak-anak untuk bangun pagi tepat waktu adalah langkah awal yang penting. Kebiasaan ini membantu mereka memulai hari dengan segar dan siap untuk belajar atau melakukan aktivitas lainnya. 

Orangtua bisa memberikan contoh dengan bangun lebih awal dan membuat rutinitas pagi yang menyenangkan, seperti sarapan bersama atau melakukan olahraga ringan.

2. Membereskan tempat tidur 

Kebiasaan baik anak di rumah yang tidak kalah penting adalah membiasakan anak untuk membereskan tempat tidur setiap pagi. Hal ini dapat mengajarkan mereka tentang tanggung jawab dan kerapihan.

Ini juga memberikan perasaan pencapaian sejak awal hari. Orangtua bisa membantu dengan menunjukkan cara merapikan selimut dan menyusun bantal dengan benar, serta memberikan pujian ketika anak melakukannya dengan baik.

3. Mencuci tangan secara teratur 

Kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. 

Ajarkan anak cara mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Orang tua bisa menggunakan lagu atau timer untuk memastikan anak mencuci tangan selama 20 detik.

4. Membantu pekerjaan rumah 

Contoh kebiasaan baik di rumah untuk anak yang selanjutnya adalah mengikutsertakan anak dalam pekerjaan rumah, seperti menyapu, mencuci piring, atau merapikan mainan. 

Aktivitas ini dapat mengajarkan mereka tentang tanggung jawab dan kerja sama. Mulailah dengan tugas-tugas sederhana yang sesuai dengan usia mereka dan berikan arahan yang jelas. Ini juga membantu anak merasa menjadi bagian penting dalam keluarga.

5. Mengatur waktu belajar dan bermain 

Mengajarkan anak untuk mengatur waktu antara belajar dan bermain membantu mereka mengembangkan keterampilan manajemen waktu yang baik. 

Buatlah jadwal harian yang mencakup waktu untuk bermain, belajar, beristirahat, dan kegiatan lainnya. Dengan mengikuti jadwal ini secara konsisten, maka dapat membantu anak mengembangkan rutinitas yang sehat.  

6. Membaca buku setiap hari 

anak membaca buku cerita

Membiasakan anak untuk membaca buku setiap hari juga dapat menjadi kebiasaan baik yang dapat diajarkan pada anak di rumah. 

Ini tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi mereka tetapi juga membuka wawasan dan imajinasi

Sediakan berbagai buku yang menarik dan sesuai dengan usia mereka. Orangtua bisa menjadikan membaca buku menjadi sebuah kebiasaan anak bersama anak sebelum tidur, yang menjadi momen menyenangkan dan dinanti-nantikan.

7. Mengucapkan terima kasih dan maaf

Mengajarkan anak untuk mengucapkan “terima kasih” dan “maaf” membantu mereka memahami pentingnya sopan santun dan empati

Berikan contoh dengan menggunakan kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan jelaskan kapan dan mengapa harus mengucapkannya. Ini membantu anak belajar menghargai orang lain dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.

8. Berolahraga secara teratur 

Aktivitas fisik sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan anak. Oleh karena itu, ajarkan anak untuk berolahraga secara teratur, seperti bermain di luar, bersepeda, atau melakukan senam ringan.

Orangtua bisa bergabung dalam aktivitas ini untuk memberikan contoh yang baik dan membuat olahraga menjadi kegiatan keluarga bahagia.

9. Menjaga kebersihan diri 

anak sikat gigi bersama

Kebiasaan menjaga kebersihan diri, seperti mandi dua kali sehari, menggosok gigi sebelum tidur, dan memotong kuku secara teratur, juga dapat menjadi kebiasaan baik dalam mendidik anak.

Ajarkan anak tentang pentingnya kebersihan diri dan bantu mereka membuat rutinitas harian yang mencakup aktivitas ini. Gunakan cara yang menyenangkan, seperti lagu atau cerita, untuk memotivasi mereka melakukan aktivitas tersebut.

10. Berkomunikasi dengan baik 

Contoh kebiasaan baik di rumah yang tidak kalah penting adalah mengajarkan anak untuk berkomunikasi dengan baik. 

Ini dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan emosional. Dorong anak untuk mengungkapkan perasaan mereka, mendengarkan orang lain, dan berbicara dengan sopan. 

Berikan contoh dengan berkomunikasi secara terbuka dan penuh hormat dalam keluarga, serta bantu anak mengatasi konflik dengan cara yang konstruktif.

Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik ini, anak-anak akan belajar mengembangkan disiplin, tanggung jawab, dan keterampilan penting lainnya yang akan bermanfaat sepanjang hidup mereka. 

Dengan lingkungan rumah yang mendukung kebiasaan positif, maka bisa membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang sehat dan bahagia. 

Kesimpulan

Mengajarkan anak kebiasaan baik di rumah adalah kewajiban orangtua untuk membantu mengembangkan disiplin dan tanggung jawab anak. Sebagai orangtua, Anda dapat melakukan beberapa contoh kebiasaan baik dalam mendidik anak, di antaranya.
  • Mengajarkan anak bangun tepat waktu.
  • Membereskan tempat tidur.
  • Mencuci tangan secara teratur.
  • Membantu pekerjaan rumah.
  • Mengatur waktu belajar dan bermain.
  • Membaca buku setiap hari.
  • Mengucapkan terima kasih dan maaf.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menjaga kebersihan diri.
  • Berkomunkasi dengan baik.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui kemarin

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan