home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Mempererat Ikatan Keluarga

5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Mempererat Ikatan Keluarga

Pepatah mengatakan bahwa “darah lebih kental daripada air” untuk menggambarkan eratnya ikatan keluarga. Namun kenyataannya, ikatan emosional antar anggota keluarga tidak serta merta terbangun secara alami dalam kehidupan sehari-hari. Bukan fenomena langka untuk menemukan kakak-adik atau orangtua dan anak yang bertingkah seperti orang asing di rumah sendiri. Memiliki keluarga bahagia adalah impian semua orang. Untuk mencapai hal ini, Anda perlu mengusahakannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan tradisi keluarga. Tidak melulu harus berupa hal yang rumit dan mahal. Ada banyak kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa Anda jadikan tradisi untuk menciptakan ikatan keluarga yang kuat.

Kebiasaan sederhana yang membantu membangun keluarga bahagia

1. Makan malam bersama

Studi menunjukkan bahwa kebiasaan makan malam bersama keluarga dapat memperbaiki komunikasi antara anggota keluarga, memperkuatan ikatan keluarga, meningkatkan prestasi akademik, hingga bahkan mampu menjauhkan anak-anak dari kebiasaan merokok, alkohol, dan narkoba.

Oleh karena itu, cobalah untuk membuat jadwal rutin makan malam bersama keluarga setidaknya sekali dalam seminggu. Tidak harus di restoran yang mahal. Makan malam bersama di rumah bisa membuat suasana rumah Anda semakin hangat. Jangan lupa, terapkan aturan tidak boleh membawa ponsel atau barang elektronik lainnya di atas meja makan agar menciptakan suasana bonding yang lebih hangat. Nah, kenangan akan kehangatan inilah yang membuat si kecil selalu punya ikatan dengan rumah serta orangtuanya hingga ia dewasa kelak.

Jika Anda kesulitan meluangkan waktu untuk makan malam bersama, cobalah untuk sarapan pagi bersama keluarga.

2. Memasak bersama

Setiap keluarga pasti punya menu makanan favorit. Apabila memungkinkan, ajak anak dan suami untuk membantu Anda memasak. Memasak bersama akan menambah keakraban Anda dengan keluarga loh.

Anda bisa berbagai tugas untuk masing-masing anggota keluarga, misalnya suami memotong bahan makanan, si kecil yang mengambil makan dari lemari maupun kulkas. Nah, Anda berperan sebagai juru masak yang meracik semua bahan makanan tersebut. Makanan yang Anda buat pasti akan lebih nikmat karena dibuat dengan perasaan hati gembira dan keakraban bersama keluarga.

3. Nonton film bersama

Jangan sungkan untuk mengajak anggota keluarga menonton film bersama di rumah atau di bioskop. Tertawa sampai sakit perut saat menonton film komedi dan menangis sesegukan saat menonton film drama bisa jadi salah satu cara untuk berbagi emosi bersama keluarga. Usai menonton film, luangkan waktu beberapa saat untuk berdiskusi membahas film tersebut dan mencari referensi film lain untuk ditonton pada minggu berikutnya.

Selain bisa mengurangi stres dan beban masalah di kantor atau di sekolah, cara ini juga akan membuat Anda dan keluarga lebih dekat satu sama lain.

4. Liburan bersama

Semua orang tahu bawa berlibur bisa jadi salah satu cara untuk membuat suasana hati jadi lebih bahagia. Bahkan sebuah studi menemukan bahwa sekedar menyusun rencana bersama orang terkasih bisa meningkatkan kebagian hingga delapan minggu.

Tidak hanya itu, tips yang satu ini juga sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk membangun dan memperkuat ikatan dengan orang-orang terkasih. Anda tidak perlu menginap berhari-hari dan menghabiskan banyak uang untuk liburan, cukup dengan piknik kecil-kecilan ke tempat wisata di sekitar rumah bisa jadi cara untuk membangun keluarga bahagia versi Anda sendiri.

5. Menjadi relawan

Jadi volunteer atau relawan dalam acara amal secara ilmiah terbukti bisa meningkatkan kebahagiaan, mengurangi rasa kesepian dan depresi, bahkan membuat panjang umur. Anda bisa melakukan donasi tahunan dengan menyambangi panti asuhan atau panti sosial. Meminta seluruh anggota keluarga untuk menyisihkan uang jajan agar bisa mengumpulkan donasi tahunan ini.

Tidak hanya memperkuat ikatan keluarga, kegiatan amal ini juga secara tidak langsung akan mengajarkan Anda berempati terhadap orang lain sejak dini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Ways To Strengthen Your Bond, As Told By Science – https://www.huffingtonpost.com/2014/10/27/strengthen-your-bond_n_5318324.html diakses pada 18 Desember 2017

Tips to Strengthen Your Family’s Bonds – https://www.verywell.com/how-to-strengthen-your-familys-bond-ten-tips-2609591 diakses pada 18 Desember 2017

How Vacations Affect Your Happiness – https://well.blogs.nytimes.com/2010/02/18/how-vacations-affect-your-happiness/?_r=0 diakses pada 18 Desember 2017

Volunteering May Be Good for Body and Mind – https://www.health.harvard.edu/blog/volunteering-may-be-good-for-body-and-mind-201306266428 diakses pada 18 Desember 2017

 


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 26/12/2017
x