8 Olahraga Terbaik untuk Anda yang Tidak Suka Berkeringat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Beberapa orang sangat benci berkeringat sehingga mereka tidak suka berolahraga. Keringat bisa menetes ke mata Anda, membuat rambut Anda lepek tidak keruan, badan terasa lengket dan gerah, belum lagi harus berurusan dengan bau keringat yang bikin orang sekitar melipir. Membayangkannya saja sudah bikin ilfeel duluan.

Meski olahraga yang memacu jantung dan bikin berkeringat sering dipuji karena manfaat kesehatan dan penurunan berat badannya, Anda yang malas berkeringat tak perlu sampai mati-matian menolak berolahraga. Berikut adalah variasi olahraga dengan intensitas rendah, yang bikin badan sehat tanpa harus berkeringat.

Olahraga yang cocok bagi Anda yang tidak suka berkeringat

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga santai dan mudah jika Anda malas untuk berkeringat tapi tetap ingin berolahraga. Jalan kaki tidak akan terlalu banyak membebani kerja otot dan persendian kaki Anda. Ini juga merupakan cara teraman untuk membakar kalori dan membangun daya tahan kardiovaskular. Bukan cuma itu. Penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki dapat mengurangi risiko serangan jantung, mengendalikan tekanan darah, memperpanjang masa hidup, dan mengurangi risiko kanker payudara.

Jalan kaki bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa harus menghabiskan sepeser pun. Anda bisa berjalan di dalam rumah, mengelilingi kompleks rumah Anda, di taman kota, di mall, atau bahkan di atas treadmill. Anda juga bisa mengatur sendiri seberapa intens kecepatan Anda saat berjalan — entah itu jalan santai, jalan cepat, atau jogging. Hanya saja, pastikan bahwa Anda berjalan cukup cepat sehingga Anda sedikit kehabisan napas, tapi masih bisa bercakap-cakap.

2. Berenang

Berenang adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak suka berkeringat tapi masih ingin berolahraga. Berenang bisa menjadi sebuah latihan yang berat, tapi dukungan dari arus air bisa membuatnya tidak terasa menyulitkan. Selain itu, Anda bisa menggerakkan sekujur anggota tubuh dalam satu waktu sebagai latihan kardio yang baik. Dan meski Anda berkeringat, Anda bahkan bisa tidak menyadarinya sama sekali.

Olahraga air ini juga sangat baik untuk Anda yang ingin memangkas banyak berat badan, bagi orang-orang yang punya keluhan arthritis, ataupun sebagai terapi pemulihan untuk cedera olahraga.

3. Pilates

Dengan pilates, Anda tidak akan keringatan sampai bikin lengket dan gerah. Pilates dirancang untuk menguatkan otot inti tubuh, menguatkan tulang belakang, melatih fleksibilitas dan keseimbangan tubuh, serta memperbaiki postur tubuh. Jenis olahraga yang satu ini melibatkan sangat sedikit gerakan kardio, beberapa malah tidak sama sekali, tapi justru memfokuskan pada gerakan yang melatih kekuatan otot perut dan punggung belakang yang dipadukan dengan teknik pernapasan yoga.

4. Tai Chi

Sebuah studi dari University of Queensland di Australia menemukan bahwa orang-orang yang melakukan Tai Chi (campuran gerakan lembut, peregangan, dan meditasi yang anggun) secara teratur selama 90 hari memiliki penurunan dalam tekanan darah, kadar gula darah, dan resistensi insulin. Belum lagi mereka juga melaporkan tingkat depresi yang lebih rendah, tidur lebih nyenyak, memiliki lebih banyak energi, ketangkasan tubuh yang lebih baik, dan juga kemampuan mengatasi stres dengan lebih mudah.

5. Aerial yoga

Aerial yoga adalah jenis yoga modern yang mengharuskan Anda bergantung di udara dari seutas kain lembut dan berayun-ayun. Ini akan meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh, serta memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh tanpa harus berkeringat deras.

6. Sepeda santai

Otot-otot kaki Anda bekerja aktif selama Anda mengayuh pedal, sehingga bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga santai bagi Anda yang ingin memiliki bentuk kaki indah. Dan karena otot-otot kaki merupakan kelompok otot terbesar dalam tubuh, rutin bersepeda bisa membakar lebih banyak kalori dibandingkan menghabiskan waktu berjam-jam di gym sambil berpeluh keringat.

7. Latihan isometrik

Berkeringat terjadi saat Anda mulai aktif bergerak dan suhu tubuh Anda meningkat, sehingga Anda perlu berkeringat agar bisa mendinginkan tubuh. Latihan isometrik adalah jenis olahraga yang melibatkan posisi statis (menetap), yang akan menguji kebugaran tubuh Anda tapi tidak akan membuat Anda berkeringat deras. Latihan isometrik yang umum mencakup plank, push-up, dan squat.

8. Golf

Golf adalah olahraga kelompok yang menghadirkan semua manfaat kesehatan dari berjalan santai dalam jarak jauh. Pegolf biasanya membakar minimal 500 kalori jika menyelesaikan 18 holes. Belum lagi mereka harus bisa menempuh jarak minimal 6 sampai 12 kilometer untuk satu kali putaran.

Ilmuwan asal University of Edinburgh mengklaim bahwa bermain golf dapat meningkatkan harapan hidup, memperbaiki keseimbangan dan daya tahan otot pada orang tua, serta memperbaiki kesehatan kardiovaskular, pernapasan dan sistem metabolik. Peneliti juga menemukan bahwa golf bisa membantu pasien penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker usus besar dan payudara dan stroke, serta membantu mengurangi risiko kecemasan, serta depresi dan demensia.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis adalah salah satu ancaman kesehatan utama di dunia. Ketahuai apa saja penyebab, gejala, dan pengobatannya pada artikel berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 6 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, hingga kanker. Untuk memerangi risiko mengerikan ini, satu solusinya: diet bebas gula.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Tips Makan Sehat, Nutrisi 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Pilihan Obat Cacing yang Direkomendasikan untuk Orang Dewasa

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa terkena cacingan. Simak rekomendasi obat cacing untuk orang dewasa berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
olahraga kardio dan angkat berat untuk menurunkan berat badan

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
bagaimana cara menghilangkan stres

9 Makanan yang Membantu Menghilangkan Stres

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 7 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
jenis hepatitis adalah

2 Jenis Hepatitis Berdasarkan Penyebabnya, Apa Saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit