home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

3 Teknik Sepak Bola untuk Melatih Kelincahan

3 Teknik Sepak Bola untuk Melatih Kelincahan

Jika membicarakan pemain sepak bola dunia seperti Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, kecepatan dan juga keahlian mereka untuk mengolah si kulit bundar tidak diragukan. Namun, keahlian mereka tentu bukan sesuatu hal yang turun dari langit. Sebelum jadi mega bintang seperti sekarang, secara sederhana latihan intens untuk menguasai teknik sepak bola untuk melatih kelincahan diperlukan.

Manfaat melatih kelincahan

Selain memiliki teknik sepak bola yang baik, melatih kecepatan dan kelincahan adalah hal yang penting untuk bisa menjadi pemain handal. Tim dengan pemain handal akan memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa memenangkan pertandingan. Beberapa pemain dalam tim harus memiliki kelincahan dan kecepatan yang sangat baik agar dapat membantu tim mencapai kemenangan seperti pemain yang berada di posisi penyerang atau sayap.

Kecepatan dari pemain sepak bola berbeda dengan pelari jarak cepat biasa. Hal ini karena pemain sepak bola tidak akan berlari dengan dribbling sangat cepat hingga mencapai 100 meter atau lebih. Paling jauh, pemain sepak bola akan berlari mencapai 10 atau 20 meter saja. Sehingga hal yang penting adalah bagaimana pemain dapat meningkatkan kecepatan atau berakselerasi agar dapat mencapai kecepatan yang maksimal dalam waktu yang singkat.

Untuk bisa melatih diri Anda dalam meningkatkan kelincahan dan juga kecepatan dalam bermain sepak bola, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Seseorang dikatakan lincah jika dia mampu mengubah arah gerakannya dengan sangat cepat tanpa kehilangan keseimbangan. Kelincahan merupakan salah satu komponen kesegaran motorik yang sangat diperlukan untuk pemain sepak bola.

Teknik sepak bola seperti apa yang dapat melatih kelincahan Anda?

Kelincahan merupakan prasyarat untuk mempelajari dan memperbaiki keterampilan gerak dan teknik permainan sepak bola. Ada beberapa teknik untuk meningkatkan kelincahan dalam permainan sepak bola, antara lain:

1. T-Sprint

Pertama-tama, tempatkan empat cone sesuai bentuk huruf T–satu di ujung kiri (cone A), satu di titik tengah yang mempertemukan garis vertikal dan horizontal huruf T (cone B), satu di ujung kanan (cone C), dan satu di ujung bawah (cone D). Jarak cone A-cone B dan cone B-cone C adalah 5 meter. Jarak antara cone B-cone D adalah 10 meter.

Lakukan sprint mengikuti pola cone D-cone A-cone C-cone B-cone D. Di tiap titik, Anda harus menyentuh cone dengan tangan Anda. Jadi Anda mulai lari dari cone D ke cone A, kemudian sentuh cone A terlebih dahulu sebelum berlari ke cone C. Begitu demikian seterusnya. Setelah satu putaran, istirahat 1 menit kemudian ulangi.

2. Berlari zig-zag

Untuk melatih kecepatan Anda bisa mencoba menggiring bola sambil berlari zig-zag melewati suatu rintangan, seperti melewati tiang atau patok. Tempatkan 1o cone atau tiang fleksibel dengan jarak sekitar setengah meter antara satu sama lain. Lakukan lari zig-zag melewati cone atau tiang ini secepat mungkin. Sebaiknya jangan berlari terlalu lebar (menjauhi cone) atau melakukan putaran berlebihan saat akan mengubah arah dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Anda disarankan untuk melakukan sidestep sehingga perubahan arah lari hanya memakan waktu singkat. Agar lebih menantang, lakukan sambil menggiring bola.

3. Broken 100-Yard Sprints

Pada dasarnya, latihan ini mengharuskan Anda untuk lari dari cone ke cone dalam gerakan bolak-balik. Gerakan ini Anda lakukan hingga Anda telah berlari menempuh sekitar 100 meter. Tempatkan 5 cone dengan jarak 1 meter antar cone. Anda berlari dari cone pertama ke cone kedua. Kemudian kembali ke cone pertama, selanjutnya lari ke cone ketiga. Segera berlari ke cone pertama dilanjutkan ke cone keempat. Kembali lagi ke cone pertama kemudian lari ke cone kelima. Ulangi dari awal dan ulangi terus hingga Anda menempuh total 100 meter.

Di samping teknik latihan seperti di atas, Anda juga perlu memperhatikan prinsip atau teknik sepak bola seperti menggiring bola agar tetap dalam penguasaan. Latihan merupakan upaya untuk mempertajam teknik sepak bola Anda yang berkaitan dengan kelincahan. Cobalah lakukan secepat mungkin dengan fokus dalam mengubah arah lari Anda sesingkat mungkin.

Meskipun Anda tidak bermimpi untuk menjadi mega bintang atau Bambang Pamungkas, mungkin akan ada banyak kompetisi yang harus Anda menangkan bersama teman-teman.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Workouts to Gain Speed & Agility for Soccer Players. http://www.livestrong.com/article/413449-workouts-to-gain-speed-agility-for-soccer-players/. Accessed 06/07/2017.

Six Soccer Agility Drills. http://www.sport-fitness-advisor.com/soccer-agility-drills.html.  Accessed 06/07/2017.

11 Tips for Building Lateral Speed and Agility. http://www.active.com/soccer/articles/11-tips-for-building-lateral-speed-and-agility-874078. Accessed 06/07/2017.

Soccer Agility Drills – Triangular Agility Run. https://www.youtube.com/watch?v=owf7v2rRSZY. Accessed 06/07/2017.   

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 23/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri