Selain Seru dan Membakar Kalori, Ini 4 Manfaat Olahraga Pound Fit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pound fit menjadi olahraga baru yang sedang digemari masyarakat muda saat ini. Perpaduan gerakan yang dilakukan dengan gerakan seperti menabuh drum dengan alunan musik energik membuat olahraga ini menjadi pilihan yang menarik. Tak hanya menyehatkan dan menyenangkan, segudang manfaat pound fit bisa Anda dapatkan jika rutin dilakukan.

Apa itu pound fit?

Pound fit merupakan jenis olahraga baru yang menggunakan alat semacam stik dan musik sebagai komponen utamanya. Latihan ini mirip seperti aerobik, tetapi ciri khasnya adalah menggunakan alat yang dinamakan Ripstix, yaitu stik drum ringan seberat 0,45 kg yang dirancang khusus untuk berolahraga. Berbagai gerakan dalam olahraga ini terinspirasi dari gerakan yoga dan pilates. Akan tetapi, pada dasarnya tidak ada gerakan khusus yang benar-benar mutlak dalam olahraga ini.

Olahraga pound fit pertama kali digagas oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, mantan penabuh drum yang berbasis di California, Amerika Serikat. Keduanya mulai menggabungkan gerakan seperti menggebuk drum dengan unsur kardio di dalamnya. Menurut Peerenboom dan Potenza, olahraga ini memungkinkan Anda untuk menggerakkan tubuh secara secara simetris dan tetap bertenaga. Kombinasi suara dan gerak yang beraturan dengan menggunakan stik sebagai perantaranya menjadi variasi olahraga yang belum pernah ada sebelumnya.

Manfaat pound fit

Berbagai manfaat pound fit di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memasukkan olahraga ini ke dalam variasi latihan Anda.

1. Menguatkan otot bagian tengah tubuh

Manfaat pound fit yang pertama ialah menguatkan otot bagian tengah tubuh, salah satunya otot perut. Olahraga ini dirancang untuk menggerakkan badan secara keseluruhan. Namun, banyaknya gerakan memutar dan gerakan membungkuk akan bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan sekitarnya serta memperkuat jaringan ikat. Selain itu, olahraga ini juga menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin mendapatkan pinggang dan paha yang lebih ramping.

2. Latihan tubuh secara keseluruhan

Tidak semua olahraga melibatkan keseluruhan tubuh dalam prosesnya. Namun, olahraga yang satu ini merupakan salah satu olahraga yang melibatkan tubuh secara keseluruhan. Oleh karenanya olahraga ini cocok bagi Anda yang ingin berolahraga secara maksimal dengan hanya mengandalkan satu olahraga saja.

3. Menurunkan berat badan

Olahraga yang satu ini selain memadukan gerakan yoga dan yoga dan pilates juga dilengkapi dengan unsur kardio, yakni gerakan seperti menabuh drum. Penggabungan ketiga olahraga ini dalam satu latihan membuat Anda mampu membakar kalori hingga 900 kalori per jam. Hal ini dikarenakan pound fit juga menggerakkan otot-otot yang jarang digunakan sehingga pembakaran kalori cukup maksimal.

4. Membantu pemulihan pasien selama menjalani terapi fisik

Kirsten Potenza dan Cristina Pereenboom menyatakan bahwa terapi fisik yang paling menantang merupakan salah satu cara terbaik untuk memperkuat otot dan sendi. Latihan ini bisa digunakan sebagai terapi pelengkap bagi pasien yang sedang menjalani terapi fisik untuk mempercepat pemulihan mereka. Tentunya, olahraga disesuaikan dengan mobilitas dan kemampuan sang pasien yang tentu masih sangat terbatas.

Tak hanya itu, sebagai olahraga yang diadopsi dari permainan drum, manfaat pound fit serupa dengan seseorang yang bermain drum. Sejumlah penelitian telah membuktikan seseorang yang memainkan drum memiliki peningkatan fungsi otak dan bisa mengurangi stres. Irama yang dihasilkan mampu memperbaiki kerja otak untuk memperbaiki fokus, meningkatkan ketajaman berpikir, meningkatkan keterampilan dan keseimbangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menurunkan tekanan darah.  Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan koordinasi, kecepatakan, ketangkasan, dan musikalitas Anda.

Berapa Banyak Kalori yang Berhasil Saya Bakar Saat Berolahraga?

Ingin tahu berapa banyak kalori yang berhasil kamu bakar dalam sehari? Efektifkah olahraga yang kamu pilih untuk membakar kalori? Cek selengkapnya.

Mau Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Suka olahraga di pagi hari dan harus minum kopi dulu biar segar? Penelitian membuktikan kalau minum kopi sebelum olahraga ternyata baik buat tubuh, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gizi Olahraga, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
memotong kuku

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit