5 Gerakan Olahraga Dengan Barbel untuk Membentuk Otot Lengan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memiliki bentuk badan yang ideal adalah impian semua orang. Selain punya perut yang rata, lengan kencang juga jadi sebuah dambaan. Terlebih bagi wanita, Anda tidak mau, kan, saat pakai baju tanpa lengan, lengan Anda terlihat bergelambir? Pun bagi pria yang pasti tak mau punya lengan yang terlihat lemas tak berotot. Gerakan sederhana menggunakan barbel berikut ini bisa membantu mengecilkan dan mengencangkan otot lengan Anda. Penasaran?

Gerakan dengan barbel untuk membentuk otot lengan

Latihan berikut ini dirancang untuk membangun kekuatan dan daya tahan otot lengan Anda. Nah, keuntungan yang menyenangkan dari melakukan latihan ini tentu akan membuat lengan Anda jadi terlihat kencang. Sebelum memulai latihan, Anda harus menyiapkan dua buah barbel alias dumbell dengan berat sekitar 4 sampai 8 kg, dan sebuah matras ataupun handuk sebagai alas.

1. Tricep extension

Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama duduklah di kursi. Posisikan badan Anda agar bahu dan dada tegak. Kemudian, ambil sebuah barbel lalu angkat dengan dua tangan ke atas kepala. Letakkan barbel secara vertikal tepat di belakang kepala dengan posisi siku yang menekuk. Lalu, pastikan tangan Anda menumpuk satu sama lain di ujung barbel. Angkat barbel ke atas kepala dengan menguatkan kedua lengan.

Lakukan latihan ini sebanyak 12 hingga 15 kali. Ketika melakukan gerakan ini, daerah yang dilatih adalah otot bahu dan trisep.

2. Barbel lateral dan front raise

Mulailah dengan berdiri tegak dan lemaskan lutut Anda. Kemudian tegakkan bahu dan dada Anda. Pegang barbel di kedua tangan. Pastikan lutut dan siku Anda tetap berada dalam posisi lemas atau rileks. Naikkan lengan ke arah samping tubuh sampai setinggi bahu. Lalu, turunkan kembali tangan Anda ke posisi awal.

Gerakan yang kedua, setelah barbel berada di posisi awal, naikkan barbel ke depan. Namun, pastikan jika tidak lebih tinggi dari bahu. Turunkan lagi ke posisi awal. Lakukan latihan ini sebanyak dua set. Masing-masing set terdiri dari 15 kali gerakan.

3. Hammer press

Sumber: http://www.menshealth.co.uk/exercise/neutral-grip-seated-shoulder-press

Duduklah sambil memegang barbel di depan bahu pas di ketinggian bahu dengan telapak tangan menghadap satu sama lain. Kuatkan perut supaya posisi duduk tetap tegak. Posisikan postur tubuh Anda agar tetap tegak. Lalu, angkat satu barbel ke atas kemudian turunkan di ketinggian bahu, sementara satu barbel lainnya diangkat ke atas.

Teruskan latihan dengan gerakan agak cepat namun tetap terkontrol. Lakukan latihan itu sebanyak dua set. Satu set terdiri dari 30 gerakan.

4. Bicep curls

Sumber: https://www.popsugar.com/fitness/photo-gallery/37016988/image/37038366/Bicep-Curl

Berdirilah tegak dengan memegang dua barbel di masing-masing tangan Anda. Lalu letakkan barbel di paha dengan telapak tangan Anda menghadap ke atas. Tekuk siku Anda, dimulai dengan lengan kanan, kemudian tarik barbel ke arah bahu. Turunkan tangan ke posisi awal lagi. Ulangi untuk lengan kiri.

Pastikan siku tetap berada di samping tubuh, dekat dengan badan ketika kita menaikkan barbel ke arah bahu. Lakukan latihan ini sebanyak dua set yang terdiri atas 12 hingga 15 kali gerakan.

5. Push-up

Meskipun tidak menggunakan barbel, push-up adalah gerakan klasik yang benar-benar dapat membentuk otot. Mulailah dengan posisi tubuh plank sejajar dengan lantai kemudian turunkan tubuh Anda, tekuk siku sampai dada menyentuh lantai. Kembali ke posisi awal lalu ulangi. Jika ini terlalu berat bagi Anda, biarkan lutut menyentuh lantai untuk membantu Anda melakukan gerakan push-up.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Sehat Jika Wanita Berotot Kekar Bak Pria Binaragawan?

Otot kekar identik dengan pria yang sehat dan bugar. Bagaimana kalau wanita yang punya otot kekar? Apakah bisa? Apakah hal ini sehat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 19 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit

5 Kiat Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman Buat Wanita Berhijab

Memilih pakaian olahraga untuk wanita yang memakai hijab memang tidak selalu mudah. Yuk, simak tips memilihnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Lainnya, Kebugaran 19 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Strategi Latihan Agar Tak Kehabisan Napas Saat Main Badminton

Badminton atau bulu tangkis memang perlu ketangkasan. Anda pun jadi mudah kehabisan napas. Yuk, cari tahu cara menjaga napas saat main badminton di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 6 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Gerakan Plank yang Bisa Dilakukan untuk Membentuk Perut Rata

Untuk Anda yang suka mager berolahraga, plank bisa menjadi solusi untuk membakar banyak kalori tanpa harus banyak bergerak. Cek di sini untuk tahu caranya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 16 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

olahraga mengecilkan perut

6 Gerakan Olahraga yang Manjur Mengecilkan Perut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bahaya Olahraga Di Siang Hari

Ini Bahayanya Jika Anda Berolahraga di Siang Hari Saat Panas Terik

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
laki-laki pria untuk otot lebih kuat

Ingin Membentuk Otot? Jangan Latihan Keras Setiap Hari

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
senam mata untuk mata lelah

Berbagai Gerakan Senam Mata untuk Mengatasi Mata Lelah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit