home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ketahui Penyebab dan 7 Faktor Risiko dari Kanker Pankreas

Ketahui Penyebab dan 7 Faktor Risiko dari Kanker Pankreas

Kanker pankreas adalah penyakit kanker yang terjadi saat tumor berawal pada sel dalam organ pankreas, yaitu organ yang terdapat pada bagian belakang perut dan membantu Anda mencerna makanan. Tumor pada pankreas mungkin termasuk tumor jinak ataupun ganas. Nah, baca penjelasan lengkap mengenai penyebab dan faktor risiko dari kanker pankreas berikut ini.

Penyebab kanker pankreas

Pada dasarnya, penyebab dari kanker pankreas belum dapat diketahui dengan pasti. Akan tetapi, dokter mengidentifikasi kondisi ini mungkin terjadi karena adanya mutasi DNA.

DNA sendiri memuat rangkaian perintah untuk sel agar bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Jika terjadi mutasi, DNA akan memberitahu sel untuk bertumbuh tak terkontrol dan menetap pada pankreas.

Kumpulan sel tersebut dapat membentuk tumor. Apabila tak segera mendapatkan penanganan, sel kanker pankreas dapat menyebar ke organ-organ dan pembuluh darah di sekitar pankreas.

Faktor risiko kanker pankreas

Alih-alih penyebab dari kanker pankreas, akan lebih mudah memahami faktor risiko dari penyakit ini. Berikut adalah beberapa faktor penyebab dari kanker pankreas:

1. Pertambahan usia

Pertambahan usia merupakan salah satu faktor penyebab yang tak bisa Anda ubah. Ya, semakin bertambah usia Anda, semakin besar pula risiko mengalami kanker pankreas.

Nyatanya, hampir sebagian dari kasus kanker pankreas terjadi pada orang dengan usia 75 tahun ke atas. Meski masih mungkin terjadi, tetapi penyakit ini tergolong jarang terjadi pada Anda yang berusia kurang dari 40 tahun.

2. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga bisa menjadi faktor penyebab dari kanker pankreas. Bahkan, segala kebiasaan yang berkaitan dengan penggunaan tembakau dapat meningkatkan potensi ini.

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko dari kanker pankreas untuk perokok adalah berhenti melakukan kebiasaan tak sehat ini. Penurunan risiko ini mungkin tidak akan terjadi secara instan setelah Anda berhenti.

Akan tetapi, lebih baik segera menghentikan kebiasaan tersebut daripada tidak berhenti dan meningkatkan risiko mengalami kondisi tersebut.

3. Kelebihan berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan juga termasuk ke dalam daftar faktor penyebab dari kanker pankreas. Hal ini mungkin saja terjadi karena pankreas memproduksi lebih banyak insulin pada orang dengan kelebihan berat badan.

Berdasarkan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh, orang yang memiliki BMI lebih dari 25 termasuk memiliki kelebihan berat badan dan hal tersebut dapat meningkatkan risiko mengalami kanker pankreas.

Meski demikian, para ahli masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kondisi risiko kelebihan berat badan terhadap penyakit kanker pankreas.

4. Kondisi pankreatitis kronis

Ada pula kondisi kesehatan lain yang bisa menjadi faktor penyebab kanker pankreas, contohnya pankreatitis. Ini adalah penyakit yang bisa terjadi kepada siapa saja, pada usia berapa saja.

Akan tetapi, penyakit ini rentan terjadi pada Anda yang termasuk dalam kelompok usia 35-45 tahun. Kondisi ini bisa terjadi karena keturunan, malformasi pada kantung pankreas, trauma pada organ pankreas, atau kebiasaan mengonsumsi alkohol.

5. Penderita Diabetes

Menurut Columbia Surgery, diabetes meningkatkan risiko Anda mengalami kanker pankreas hingga dua kali lipat. Akan tetapi, hubungan antara kedua penyakit ini masih belum dapat dipahami sepenuhnya.

Bahkan, Anda mungkin saja mengalami diabetes dan memicu timbulnya kanker pankreas atau sebaliknya. Ini artinya, bisa saja Anda mengalami kanker pankreas yang mengakibatkan perubahan pada organ tersebut dan memicu terjadinya peningkatan kadar gula darah hingga mengalami diabetes.

6. Punya gangguan batu empedu

Anda yang mengidap penyakit batu empedu memiliki risiko mengalami kanker pankreas. Batu empedu merupakan benjolan keras dan berukuran kecil yang terbentuk pada kantung empedu.

Hal ini mungkin terjadi karena batu empedu dapat menjadi penyebab pankreatitis kronis, faktor penyebab lain dari kanker pankreas. Akan tetapi, peningkatan risiko ini hanya akan bertahan sesaat setelah Anda mendapatkan diagnosis dari penyakit batu empedu.

7. Konsumsi Alkohol

Kanker pankreas lebih umum terjadi pada penderita pankreatitis. Nah, masalah kesehatan tersebut sangat rentan dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Oleh sebab itu, jika Anda tidak ingin mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan organ pankreas, khususnya pankreatitis kronis dan kanker pankreas, lebih baik segera hentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 30/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x