home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Trikuspid Stenosis

Definisi trikuspid stenosis?|Tanda-tanda & gejala trikuspid stenosis|Penyebab trikuspid stenosis|Faktor-faktor risiko trikuspid stenosis|Komplikasi trikuspid stenosis|Diagnosis & pengobatan trikuspid stenosis|Pengobatan trikuspid stenosis di rumah|Pencegahan trikuspid stenosis
Trikuspid Stenosis

Definisi trikuspid stenosis?

Apa itu trikuspid stenosis?

Trikuspid stenosis adalah kondisi di mana katup jantung tidak terbuka cukup lebar (stenosis). Katup trikuspid adalah katup antara atrium kanan dan ventrikel kanan jantung.

Katup akan terbuka bila atrium berkontraksi untuk memompa darah ke ventrikel, menutup ketika ventrikel berkontraksi untuk mencegah darah mengalir kembali ke atrium.

Katup menyempit berarti darah tidak dapat mengalir dengan mudah. Atrium bekerja lebih keras dan menjadi lebih besar dan tidak berfungsi secara efektif mengalirkan darah ke ventrikel kanan (gagal jantung).

Seberapa umumkah kondisi ini?

Trikuspid stenosis adalah jenis penyakit yang menyerang jantung cukup langka, dibanding penyakit jantung koroner, aterosklerosis, atau endokarditis.

Tanda-tanda & gejala trikuspid stenosis

serangan jantung tanpa nyeri dada / ciri nyeri dada serangan jantung

Gejala trikuspid stenosis biasanya ringan, tetapi meliputi:

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala penyakit jantung ini yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Penyakit ini tanpa perawatan yang tepat bisa menyebabkan gagal jantung.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala gagal jantung, seperti kelelahan, sesak napas saat melakukan aktivitas secara normal, periksalah ke dokter. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk periksa ke seorang spesialis jantung.

Penyebab trikuspid stenosis

panadol biru merah hijau

Stenosis trikuspid selalu berhubungan dengan infeksi jantung. Penyakit ini sering terdeteksi dengan adanya masalah katup mitral dan aorta. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, luka pada katup trikuspid mungkin juga disebabkan oleh cacat lahir.

Faktor-faktor risiko trikuspid stenosis

Anda akan memiliki risiko stenosis trikuspid jika Anda memiliki demam rematik. Demam rematik berbeda dengan penyakit rematik yang umumnya menyerang sendi.

Demam rematik adalah penyakit yang menyerang jantung, persendian, otak, dan kulit akibat infeksi radang tenggorokan yang tidak tertangani dengan baik.

Penyakit ini sangat umum terjadi pada anak-anak dan remaja, usia 5 hingga 15 tahun. Meski begitu, orang dewasa juga bisa terkena, walaupun kasusnya cukup jarang. Di samping itu, demam rematik juga biasanya menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau orang yang berulang kali terinfeksi bakteri strep.

Komplikasi trikuspid stenosis

Seiring waktu, atrium kanan dapat membesar karena aliran darah melalui pembukaan katup trikuspid yang sempit terhambat. Atrium yang membesar ini dapat memengaruhi tekanan dan aliran darah di bilik dan vena di dekatnya.

Tekanan di ventrikel kanan bisa lebih rendah karena jumlah darah yang masuk dari atrium kanan berkurang. Hal ini bisa mengakibatkan lebih sedikit darah yang beredar melalui paru-paru untuk mendapatkan oksigen. Kurangnya oksigen inilah yang bisa mengancam keselamatan jiwa.

Diagnosis & pengobatan trikuspid stenosis

operasi tulang belakang

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Dokter Anda akan mendiagnosis berdasarkan riwayat kesehatan awal dan pemeriksaan medis.

Dokter dapat memantau suara jantung sistolik. Suara jantung sistolik adalah suara yang tidak biasa pada aliran darah. Tes ini untuk menentukan waktu siklus darah yang mengalir melalui suara jantung sistolik, hal ini akan membantu dokter menemukan katup yang terganggu.

Stenosis trikuspid didiagnosis melalui ekokardiografi, radiografi pada dada dan elektrokardiografi. Ekokradiografi (EKG) adalah jenis USG yang dilakukan pada jantung untuk menemukan kelainan. EKG menunjukkan perubahan dalam sistem kerja jantung seperti kelainan denyut jantung.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk trikuspid stenosis?

Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan, umur, dan kondisi umum kesehatan Anda. Untuk kasus-kasus ringan Anda dapat mencegah komplikasi.

Membatasi makanan yang bergaram dan mengandung banyak air, hal ini penting untuk menghindari terjadinya edema di tangan dan kaki. Beberapa orang dengan denyut jantung yang tidak normal menggunakan obat antikoagulan untuk mencegah trombosis.

Jika Anda memiliki gagal jantung, Anda harus mengonsumsi obat diuretik untuk mengurangi cairan dalam darah agar jantung tidak bekerja begitu banyak.

Vasodilator dapat digunakan ketika gagal jantung menjadi lebih parah. Dokter Anda akan menawarkan pilihan pengobatan termasuk peregangan katup dengan pipa.

Pipa yang dipasang akan meregangkan katup. Dalam kasus stenosis trikuspid yang parah Anda mungkin harus melakukan operasi penggantian katup jantung.

Pengobatan trikuspid stenosis di rumah

persiapan puasa untuk lansia

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi penyakit jantung ini.

  • Batasi makanan yang mengandung banyak air dan garam dalam diet Anda.
  • Lakukan olahraga atas saran dari dokter Anda.
  • Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping atau gejala baru, nyeri dada lebih parah, sesak napas, jantung berdebar, denyut jantung yang cepat, pembengkakan pada tangan atau perut.
  • Cukup istirahat dan bisa mengelola stres.

Pencegahan trikuspid stenosis

Kunci untuk mencegah penyakit pada katup jantung ini adalah dengan mencegah terjadinya demam rematik. Melansir situs Cleveland Clinic, berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah demam rematik.

  • Mengobati radang tenggorokan dengan tepat guna mencegah terjadinya demam rematik. Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami sakit tenggorokan selama lebih dari tiga hari atau memiliki gejala lain yang mengkhawatirkan.
  • Mempraktikkan hidup bersih, seperti rajin mencuci tangan untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena infeksi bakteri.
  • Jika Anda telah didiagnosis mengalami demam rematik, dokter Anda mungkin meresepkan antibiotik. Obat ini akan Anda minum dalam jangka panjang (suntikan penisilin bulanan) untuk mencegah serangan radang tenggorokan di masa depan dan untuk mencegahnya kambuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tricuspid valve disease. (2018, July 25). Retrieved April 23, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tricuspid-valve-disease/symptoms-causes/syc-20350609.

Tricuspid valve stenosis. (n.d.). Retrieved April 23, 2021, from https://carle.org/conditions/heart-and-vascular-conditions/tricuspid-valve-stenosis.

Tricuspid valve disease: Symptoms, causes, tests and treatment. (n.d.). Retrieved April 23, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17578-tricuspid-valve-disease.

Problem: Tricuspid valve stenosis. (n.d.). Retrieved April 23, 2021, fromhttps://www.heart.org/en/health-topics/heart-valve-problems-and-disease/heart-valve-problems-and-causes/problem-tricuspid-valve-stenosis.

Rheumatic fever: All you need to know. (2018, November 01). Retrieved April 23, 2021, from https://www.cdc.gov/groupastrep/diseases-public/rheumatic-fever.html.

Rheumatic fever: Rash, symptoms, treatment, what is it. (n.d.). Retrieved April 23, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16616-rheumatic-fever.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 22/09/2016
x