home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Alasan Kenapa Cuci Tangan Adalah Kunci Penting untuk Kesehatan

4 Alasan Kenapa Cuci Tangan Adalah Kunci Penting untuk Kesehatan

Cuci tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah untuk mencegah penyebaran penyakit. Tanpa disadari, tangan Anda justru sering kali menjadi perantara dari berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui manfaat mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Artikel kali ini akan memaparkan apa saja dampak positif dari mencuci tangan pada kehidupan Anda secara langsung sehingga Anda tidak lagi melupakan kebiasaan penting yang satu ini.

Apa saja manfaat mencuci tangan?

Tak semua orang menyadari bahwa kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar memberikan banyak keuntungan untuk kehidupan sehari-hari.

Beberapa studi menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat untuk cuci tangan masih tergolong rendah.

Sebuah studi dari Minnesota Department of Health meneliti berapa banyak orang yang mencuci tangan sehabis menggunakan toilet umum.

Hasilnya, 64-75 persen wanita mencuci tangannya, sementara 30-50 persen pria melakukannya.

Padahal, tangan merupakan inang yang sempurna bagi bakteri dan virus untuk menyebabkan penyakit menular.

Oleh karena itu, mencuci tangan secara teratur adalah salah satu faktor terpenting untuk menjaga kebersihan diri serta melindungi kesehatan tubuh.

Masih belum yakin? Ini dia manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rajin mencuci tangan:

1. Mencegah berbagai macam penyakit

Proses berpindahnya kuman bisa berlangsung dengan cepat, baik dari orang ke orang lainnya atau memang dari benda yang sudah terkontaminasi.

Jika sudah masuk ke bagian dalam tubuh, ada kemungkinan mereka akan mengganggu sistem imun atau kekebalan tubuh.

Hal ini biasanya akan membuat Anda sakit atas reaksi adanya infeksi di dalam tubuh oleh bakteri, kuman, atau virus.

Kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar akan membawa manfaat berupa pencegahan penularan penyakit secara efektif.

Bagaimanapun, tangan memang sering digunakan untuk menyentuh bagian-bagian tubuh lain. Tanpa terasa Anda akan menyentuh pipi, mulut, hidung, atau mata. Jika tangan Anda kotor, kuman bisa sangat cepat tersebar.

Jika teknik cuci tangan sudah sesuai, Anda bisa membersihkan kuman dan mencegahnya untuk semakin tersebar.

Beberapa penyakit yang dapat Anda cegah dengan rajin mencuci tangan adalah:

2. Membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya lainnya

Manfaat selanjutnya dari menerapkan kebiasaan mencuci tangan adalah membasmi mikroorganisme yang tak terlihat di tangan Anda.

Sifat dari bakteri, kuman, dan virus memang mikroskopik. Itu artinya, Anda tidak bisa melihat mikroorganisme ini dengan mata telanjang.

Perlu alat tersendiri untuk memastikannya. Meski tak tertangkap mata, bukan berarti mereka tidak ada di permukaan tangan dan benda-benda di sekitar Anda.

Justru, mikroorganisme ini tersebar di mana-mana, termasuk dalam benda-benda terdekat Anda yang kemungkinan besar sudah terkontaminasi. Hal ini meliputi telepon genggam, laptop, meja, sepatu, atau pun tas.

Kuman dan mikroorganisme lain juga terdapat di berbagai aktivitas yang Anda lakukan. Entah itu dengan bersin, batuk, atau terlibat kontak dengan hewan.

Untuk itu penting untuk Anda selalu cuci tangan setelah beraktivitas, karena kuman tersebar di mana-mana meskipun Anda tidak melihatnya.

3. Memutus rantai penyebaran penyakit di masa pandemi

Pada masa-masa genting dan tak terduga seperti munculnya pandemi suatu penyakit, kebiasaan mencuci tangan bisa jadi suatu hal yang menyelamatkan banyak orang.

Mencuci tangan tak hanya mencegah diri Anda dari penularan penyakit, namun juga membawa manfaat berupa perlindungan pada orang-orang di sekitar Anda.

Selain itu, kunci keberhasilan suatu masyarakat dalam menghadapi pandemi adalah ketika orang-orang di dalamnya kompak menjaga kebersihan, termasuk menerapkan kebiasaan cuci tangan.

Tindakan yang dilakukan satu orang akan berpengaruh secara signifikan pada suatu kelompok sosial. Anda bisa membawa perubahan besar dengan cara memulai dari diri sendiri.

Oleh karena itu, pastikan Anda tidak pernah melewatkan kebiasaan cuci tangan, dan selalu ingatkan orang-orang di sekitar Anda untuk memulai kebiasaan ini.

4. Menghemat pengeluaran Anda

Penyakit yang ditularkan dari tangan yang tidak bersih memiliki tingkat keparahan yang beragam, mulai dari yang bersifat ringan hingga berat.

Berapa biaya yang Anda habiskan saat Anda berkunjung ke rumah sakit untuk berobat? Pasti tidaklah murah.

Semakin berat penyakit yang Anda derita, tentu semakin besar pula biaya yang harus Anda gelontorkan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Nah, dengan menjalani perilaku hidup bersih dan sehat seperti rajin mencuci tangan, Anda tentunya akan mendapat manfaat berupa menghemat pengeluaran karena lebih jarang berobat ke rumah sakit.

Dibanding dengan pengeluaran yang ekstra saat sedang sakit, mencuci tangan hanya membutuhkan ‘modal’ berupa kesadaran, sabun, dan air.

Cobalah untuk mencoba disiplin untuk mencuci tangan agar Anda tetap sehat. Ini cara paling mudah dan murah untuk mencegah Anda dari penyakit.

5. Mencegah resistensi antibiotik

Tahukah Anda bahwa pemberian antibiotik di berbagai fasilitas kesehatan sudah mencapai angka yang berlebihan?

Kebanyakan penyakit yang berkaitan dengan infeksi seperti diare dan influenza sebenarnya bisa sembuh tanpa antibiotik.

Sayangnya, menurut situs CDC, antibiotik banyak diresepkan untuk penyakit atau kondisi kesehatan yang tidak terlalu membutuhkannya.

Penggunaan antibiotik berlebihan berisiko meningkatkan resistensi antibiotik. Ini menyebabkan antibiotik tidak lagi bekerja secara maksimal dalam membunuh kuman.

Dengan mencegah penularan penyakit yang membutuhkan antibiotik, Anda bisa turut serta mengurangi risiko resistensi antibiotik di daerah Anda. Hal ini bisa dimulai dengan menerapkan kebiasaan mencuci tangan.

Kapan saja kita perlu mencuci tangan?

cara mencuci tangan yang benar

Setelah tahu apa saja tujuan dan manfaat mencuci tangan, Anda mungkin bertanya-tanya kapan saja waktu yang tepat untuk menerapkan kebiasaan ini.

Berikut adalah momen-momen yang dianjurkan untuk segera mencuci tangan Anda:

  • Sebelum makan
  • Sebelum menyiapkan makanan
  • Setelah memegang daging mentah
  • Sebelum dan setelah menyentuh orang sakit
  • Sesudah menggunakan toilet atau kamar mandi
  • Setelah batuk atau bersin atau membuang ingus
  • Setelah mengganti popok atau pembalut
  • Sebelum dan setelah mengobati luka
  • Setelah membersihkan atau membuang sampah
  • Setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan

Dengan memahami apa tujuan serta manfaat cuci tangan, Anda akan memiliki kesadaran lebih tinggi mengenai pentingnya menjalankan kebiasaan ini.

Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Apabila sulit menemukan air dan sabun, Anda bisa memakai hand sanitizer sebagai pengganti.

Namun, perlu diketahui bahwa hand sanitizer bukanlah pilihan utama dalam membersihkan tangan. Satu-satunya cara paling efektif dalam membasmi kuman adalah cuci tangan dengan air dan sabun.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hand Hygiene: Why, How, & When? – WHO. (n.d.). Retrieved May 20, 2021, from https://www.who.int/gpsc/5may/Hand_Hygiene_Why_How_and_When_Brochure.pdf 

Handwashing an effective tool to prevent COVID-19, other diseases – WHO. (2020). Retrieved May 20, 2021, from https://www.who.int/southeastasia/news/detail/15-10-2020-handwashing-an-effective-tool-to-prevent-covid-19-other-diseases 

Show Me the Science: Why Wash Your Hands? – CDC. (2020). Retrieved May 20, 2021, from https://www.cdc.gov/handwashing/why-handwashing.html/ 

When & How to Wash Your Hands – CDC. (2020). Retrieved May 20, 2021, from https://www.cdc.gov/handwashing/when-how-handwashing.html 

When & How to Use Hand Sanitizer – CDC. (2020). Retrieved May 20, 2021, from https://www.cdc.gov/handwashing/show-me-the-science-hand-sanitizer.html 

COVID-19: Protect Yourself – CDC. (2021). Retrieved May 20, 2021, from https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/prevention.html 

Handwashing 6-10 times a day linked to lower infection risk – UCL. (2020). Retrieved May 20, 2021, from https://www.ucl.ac.uk/news/2020/may/handwashing-6-10-times-day-linked-lower-infection-risk 

Hand-washing: Do’s and don’ts – Mayo Clinic. (2020). Retrieved May 20, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/hand-washing/art-20046253 

Karten, M. (2018). Why Is Hand Washing So Important? – KidsHealth. Retrieved May 20, 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/hand-washing.html 

Washing Your Hands: This Simple Step Can Save Lives – Sepsis Alliance. (2018). Retrieved May 20, 2021, from https://www.sepsis.org/news/washing-hands-simple-step-can-save-lives/ 

Burton, M., Cobb, E., Donachie, P., Judah, G., Curtis, V., & Schmidt, W. (2011). The Effect of Handwashing with Water or Soap on Bacterial Contamination of Hands. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 8(1), 97-104. https://doi.org/10.3390/ijerph8010097

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 19/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x