6 Hal Tak Terduga yang Membuat Badan Anda Gemuk

Oleh

Anda sudah merasa makan sehat dan olahraga, tetapi badan malah tambah melar? Adakah penyebab tidak terduga mengapa badan Anda bisa gemuk tanpa Anda sadari? Pastinya ada, beberapa kebiasan dan gaya hidup yang dijalani kadang akan memengaruhi bertambah melarnya postur tubuh Anda. Simak 6 hal sebagai yang menyebabkan badan gemuk.

Hal yang menyebabkan badan gemuk tanpa disadari

1. Kurang tidur

Orang-orang yang tidak cukup tidur akan meningkatkan risiko dirinya menjadi obesitas. Mengapa demikian? Menurut sebuah studi dalam jurnal Archives of Disease in Childhood  pada tahun 2007, sejumlah perubahan hormonal seperti intoleransi glukosa akan menjadi salah satu penyebab dan gejala diabetes. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan cukup istirahat.

Kurang tidur juga dapat memacu rasa lapar, dan kelelahan yang berdampak pada menurunnya aktivitas fisik. Maka dari itu, berat badan dan postur tubuh akan bertambah tanpa disadari. Maka tidak jarang kurang tidur menjadi faktor yang menyebabkan badan gemuk tanpa disadari.

2. Pertemanan Anda memengaruhi penambahan berat badan

Walaupun memiliki banyak teman dapat menghasilkan banyak manfaat kesehatan, penelitian juga menunjukkan bahwa kelebihan berat badan bisa menular antara teman-teman Anda. Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLoS One menunjukkan, jika Anda memiliki teman-teman yang berat badannya lebih atau gemuk, Anda juga dapat berpotensi berbadan gemuk tanpa disadari.

Sementara penelitian yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine menemukan, bahwa jika memiliki teman obesitas, Anda juga berpotensi mengalami obesitas sekitar 50 persen kemungkinannya. Begitupun jika berteman dengan teman-teman langsing, Anda juga akan terpengaruh memilki tubuh yang ramping.

3. Kegiatan yang terlalu padat

Ketika Anda memiliki kegiatan yang padat, Anda akan kehilangan beberapa waktu berharga untuk tidur atau beristirahat. Dengan kegiatan yang padat, rasa cemas dan stress akan pekerjaan dapat memengaruhi ditribusi lemak menjadi menumpuk. Hormon kortisol, yang juga hormon yang keluar pada saat seseorang merasa stress, akan mengubah penyimpanan lemak ke lambung, lalu terjadilah penebalan dan penumpukan lemak pada perut.

Selain itu, gaya hidup yang sibuk juga dapat menyebabkan pola makan tidak menentu dan ketergantungan pada makanan cepat saji serta tidak higienis. Jika Anda biasa makan makanan di pinggir jalan, cobalah untuk memakan makanan yang sehat. Selingi juga dengan buah atau camilan rendah kalori sembari mengatur pekerjaan di sela-sela waktu istirahat Anda.

4. Anda tidak tahu jika Anda sebenarnya alergi makanan tertentu

Masalah pencernaan yang kronis serta adanya alergi di tubuh Anda, dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan badan gemuk perlahan. Menurut penuturan dari buku Dr. Mark Hyman The ultrasimple Diet, alergi yang tidak terdeteksi tubuh, akan menyebabkan peradangan pada pencernaan. Setelah itu, tubuh akan membengkak dan retensi cairan tubuh ini menjadi hal yang menyebabkan badan Anda gemuk tidak terduga.

5. Sudah olahraga, tapi pola makan masih berantakan

Olahraga teratur memang penting untuk kesehatan yang baik, penelitian telah menemukan bahwa dengan hanya mengandalkan olahraga untuk menjaga kesehatan dan idealnya berat badan, nyatanya memang tidak efektif. Olahraga, jika tidak dikombinasikan dengan perubahan pola makan, akan menyebabkan badan Anda malah bertambah berat.

6. Turunan dari genetik Anda memang berpotensi gemuk

Beberapa ilmuwan dari Nature Genetic mengidentifikasi, genetika seseorang bisa memainkan peran tubuh menjadi lebih gemuk. Selanjutnya, genetika tersebut juga menentukan potensi lemak yang dapat muncul di sekitar pinggang atau pinggul. Banyak tanda-tanda yang dapat berpotensi menghubungan dari genetika ke obesitas.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 25, 2017 | Terakhir Diedit: November 29, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca