Pilihan Obat Mual untuk Atasi Morning Sickness Saat Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Mual dan muntah yang sering terjadi selama kehamilan atau disebut dengan morning sickness memang umum terjadi. Namun, terkadang kondisi ini bisa menganggu kehamilan Anda. Meski sering hilang dengan sendirinya, tapi beberapa wanita juga sering merasa terganggu dengan kondisi ini. Segera kunjungi dokter kandungan Anda untuk mendaatkan obat yang tepat. Berikut beberapa obat mual saat hamil yang bisa mengatasi morning sickness.

Pilihan obat mual saat hamil

Umumnya, morning sickness terjadi pada saat masa kehamilan trimester pertama, tapi tidak menutup kemungkinan untuk terus terjadi selama masa kehamilan berlangsung.

Biasanya kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya atau dengan perawatan rumahan. Namun, jika perawatan rumahan tidak membantu, dokter biasanya akan memberikan obat mual saat hamil untuk Anda.

Ada beberapa suplemen atau obat-obatan yang dianggap aman untuk mengatasi mual dan muntah selama kehamilan, meskipun tidak semuanya bekerja baik untuk semua orang.

Dokter Anda mungkin meresepkan salah satu obat di bawah ini jika perawatan lain tidak efektif. Ada informasi yang terbatas tentang keamanan obat-obatan ini selama kehamilan, sehingga dokter Anda akan mempertimbangkan risiko dan manfaatnya dengan hati-hati:

Data keamanan untuk ondansetron belum jelas. Beberapa penelitian menunjukkan ondansetron terkait dengan sedikit peningkatan risiko bibir sumbing atau cacat jantung pada bayi yang lahir dari wanita yang mengonsumsi obat selama kehamilan.

Namun, satu penelitian ondansetron pada tahun 2016 tidak menemukan risiko cacat lahir, sementara yang lain menemukan risiko rendah secara keseluruhan. Beberapa ahli menyarankan menggunakan ondansetron hanya jika tidak ada perawatan lain yang berhasil.

Selain obat-obatan tersebut, dokter juga biasanya menyerankan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan seperti

  • Vitamin B6, yang dapat membantu ibu hamil dengan mual ringan sampai sedang. Vitamin ini merupakan terapi pertama yang biasanya diberikan dokter jika Anda mengalami morning sickness
  • Antihistamin seperti doxylamine juga digunakan untuk mengobati mual dan muntah selama kehamilan. Doxylamine dapat menyebabkan kantuk sehingga jangan mengonsumsi jika Anda hendak menyetir kendaraan.
  • Kombinasi vitamin B6 dan doxylamine juga direkomendasikan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists sebagai pengobatan awal untuk morning sickness. Kombinasi ini dianggap aman. Dokter Anda dapat meresepkan kombinasi obat ini.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 14, 2018 | Terakhir Diedit: September 9, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca