Nyeri sendi dapat diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari yang berat. Nyatanya, nyeri sendi dapat terjadi di bagian manapun pada tubuh. Pada orang lanjut usia, nyeri sendi biasa terjadi karena tubuh kita lambat memproduksi sel-sel baru. Ketika Anda bertambah usia, nyeri sendi semakin umum terjadi. Banyak kondisi berbeda yang dapat menyebabkan nyeri sendi, termasuk osteoarthritis, rheumatoid arthritis, bursitis, asam urat, keseleo, dan cedera lainnya. Orang yang lanjut usia biasanya enggan untuk mengonsumsi obat-obatan berbentuk pil, dan lebih memilih pengobatan alternatif secara alami. Adakah obat alami yang bisa meredakan nyeri pada sendi? Simak beberapa obat nyeri sendi alami di bawah ini.

Obat nyeri sendi dari bahan alami di rumah

1. Gel lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan herbal yang paling umum digunakan dalam pengobatan alternatif. Dikenal karena rasanya yang sejuk dan populer untuk mengobati lecet kecil pada kulit. Anda mungkin memiliki gel lidah buaya di rumah yang tidak Anda sadari, atau bahkan tanamannya di pekarangan rumah Anda. Cara mengobatinya, bisa Anda lakukan dengan mengoleskan gel lidah buaya yang telah didinginkan, lalu diamkan selama beberapa menit hingga nyeri mereda.

2. Kayu putih

Seperti lidah buaya, kayu putih yang telah diproduksi menjadi minyak bisa digunakan untuk mengobati masalah nyeri pada sendi  Daun pada tanaman kayu putih ini mengandung tanin, yang mungkin dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang dihasilkan akibat nyeri sendi.

3. Jahe

Coba tengok ke tempat bumbu masak-memasak di dapur Anda. Kadang Anda bisa menemukan jahe, bumbu masak yang bisa menjadi salah satu ramuan obat nyeri sendi murah meriah. Senyawa yang terkandung dalam  jahe yang panas dan kuat memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat meredakan nyeri pada bagian tubuh tertentu.

4. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling populer di dunia, dan bahkan telah digunakan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Ada kemungkinan bahwa teh hijau dapat digunakan untuk mengobati peradangan rematik serta nyeri sendi dalam bentuk. Obat khusus nyeri sendi bisa Anda buat menjadi minuman hangat yang baik bagi kesehatan sendi dan tulang.

5. Bubuk kunyit

Obat nyeri yang satu ini biasa digunakan untuk membuat kari, yaitu bubuk kunyit. Tidak seperti jenis tumbuhan lainnya, National Center for Complementary and Alternative Medicine telah menemukan bahwa kunyit dapat bekerja terbaik dalam memerangi nyeri sendi ketika diambil secara efektif. Studi laboratorium penelitian tersebut melakukan uji kunyit pada tikus, dan hasilnya  menemukan bahwa ramuan bubuk kunyit dapat memperlambat perkembangan nyeri pada sendi-sendi tulang.

6. Air garam

Anda di rumah pastinya memiliki garam sebagai penyedap makanan sehari-hari. Ya, Anda bisa meredakan nyeri sendi hanya dengan menggunakan air hangat dan garam. Caranya, Anda tuang air hangat di baskom berukurang sedang, yang muat untuk Anda celupkan bagian tubuh yang nyeri. Lalu tabur 3 sendok teh garam hingga larut, setelah itu masukan bagian sendi yang nyeri.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca