Bisakah Rambut Botak Karena Alopecia Tumbuh Kembali?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kebotakan akibat alopecia bisa dialami siapa saja, bahkan anak-anak sekalipun. Lantas, apakah bisa menumbuhkan rambut botak setelah alopecia?

Alopecia ada tiga jenis

Alopecia adalah kondisi autoimun yang menyebabkan rambut rontok parah dan lama-lama botak. Kebotakan ini diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang salah menganggap folikel rambut sebagai benda asing berbahaya. Folikel rambut adalah struktur di balik kulit kepala yang mengandung akar rambut.

Belum diketahui kenapa sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, tapi bisa dipengaruhi oleh genetik; gangguan kelenjar tiroid yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon, hingga efek samping obat-obatan tertentu.

Ada tiga jenis alopecia, yaitu:

  • Alopecia areata, rambut botak hanya pada titik-titik tertentu di kepala.
  • Alopecia totalis, rambut botak plontos karena kerontokan merata pada semua kulit kepala.
  • Alopecia universalis, kehilangan semua rambut di tubuh

Menurut American Academy of Dermatology, kasus yang paling banyak terjadi adalah alopecia areata.

Menumbuhkan rambut botak akibat alopecia, apakah mungkin?

Anda bisa saja kembali menumbuhkan rambut botak akibat alopecia, bahkan yang mengalami alopecia total dan universal sekalipun. Namun, tingkat keberhasilan dan seberapa cepat rambut tumbuh kembali bisa berbeda untuk setiap orang karena dipengaruhi oleh banyak hal. Misalnya, faktor usia dan seberapa baik sistem imun Anda bekerja merespon kerontokan rambut tersebut. Rambut bisa saja mulai tumbuh bahkan tanpa diberikan obat, namun selanjutnya rambut juga akan bisa rontok kembali.

Lama waktu Anda mengidap alopecia juga ikut memainkan peran. Diduga, semakin lama seseorang mengalami alopecia maka akan semakin kecil kemungkinannya rambut bisa tumbuh kembali. Seberapa luas “lahan” rambut yang mengalami kebotakan pun dapat memengaruhi keberhasilannya. Semakin luas area kebotakan, maka akan semakin kecil peluangnya untuk rambut bisa tumbuh kembali.

Kebanyakan orang biasanya akan melalui beberapa fase kebotakan dulu sebelum akhirnya rambutnya tumbuh kembali. Ada yang membutuhkan waktu bertahun-tahun agar rambutnya tumbuh kembali, tapi ada juga yang rambutnya tidak tumbuh lagi sama sekali.

Obat-obatan yang diresepkan pada pasien alopecia untuk merangsang pertumbuhan rambut

Tidak ada satu obat mujarab yang diketahui bisa menyembuhkan alopecia atau menghentikan kerontokan rambut karenanya. Namun, dokter bisa mengkombinasikan beberapa jenis obat berbeda untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Berikut ini beberapa obat yang biasa diberikan untuk orang yang mengalami alopecia:

  • Kortikosteroid (oles, pil minum atau suntikan), versi suntikan bisa menumbuhkan rambut botak dalam waktu 4 minggu
  • Minoxidil 5% dapat menumbuhkan rambut botak dalam waktu sekitar 3 bulan; bisa untuk dewasa dan anak-anak.
  • Anthralin, obat oles.
  • DPCP (Diphencyprone), obat oles yang bisa menumbuhkan rambut botak dalam waktu sekitar 3 bulan

Yang perlu dipahami, setiap obat bisa memberikan efek yang berbeda pada setiap orang. Maka, konsultasikan dulu dengan dokter untuk mencari tahu mana yang paling tepat untuk kondisi Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca