Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Aktivitas mencuci tangan, mandi, sikat gigi dan lainnya adalah hal yang sering Anda lakukan. Anda juga pasti tahu bahwa hal tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan diri. Sayangnya, tidak semua orang tahu tentang cara menjaga kebersihan diri dengan benar, termasuk alasan kenapa mereka harus menjaga kebersihan diri selain memang sudah menjadi rutinitas.

Kebersihan diri atau personal hygiene adalah tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk memperoleh kesejahteraan fisik dan psikis yang optimal. Menjaga kebersihan diri perlu dilakukan karena tiga alasan, yaitu :

  • Alasan sosial. Menjaga kebersihan diri dapat membantu Anda menghindari citra tubuh yang negatif. Lagipula, siapa yang suka dibicarakan oleh orang lain, terutama ketika yang dibicarakan adalah karena bau badan, bau ketiak, bau mulut, gigi kuning, atau hal yang berkaitan dengan tubuh Anda?
  • Alasan kesehatan. Kebersihan diri yang buruk bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit, seperti diare atau infeksi lainnya. Dengan menjaga kebersihan diri, Anda bisa mencegah terjadinya infeksi penyakit tersebut.
  • Alasan psikologis. Kebersihan diri yang baik bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda, terutama dalam situasi sosial.

Panduan menjaga kebersihan diri

Bila selama ini Anda telah melakukan berbagai aktivitas untuk menjaga kebersihan diri berikut ini, berarti Anda termasuk orang yang bersih. Bila Anda belum melakukan lima hal penting di bawah, Anda bisa mulai dari sekarang.

1. Cuci tangan pakai sabun

Sebagian besar infeksi bisa terjadi karena Anda menyentuh makanan atau mulut Anda dengan kondisi tangan yang kotor. Oleh karena itu, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk menghindari infeksi penyakit. Anda dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama pada saat:

  • Usai menggunakan toilet.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Sebelum memasak atau menyiapkan makanan.
  • Setelah memegang hewan.
  • Berada di sekitar seseorang yang batuk atau pilek.

Pilih hand wash dengan kandungan aloe vera yang memiliki fungsi tambahan untuk melembutkan kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pilih hand wash yang mengandung allergen-free fragrance. Dengan begitu, Anda bisa tetap menjaga kebersihan serta kelembutan kulit tangan sekaligus.

Namun, jika Anda tidak memiliki akses terhaap air mengalir, Anda bisa menggunakan sabun dan air yang tersedia. Jika Anda tidak memiliki akses air atau sabun, Anda bisa menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol seperti hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk membersihkan tangan.

2. Sikat gigi pagi dan malam hari

Untuk mencegah terjadinya bau mulut, plak pada gigi, dan infeksi pada gigi lainnya, maka Anda perlu secara rutin sikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

Di pagi hari, biasanya Anda akan mengalami bau mulut karena air liur tidak dibuat saat Anda sedang tidur. Dan di malam hari, produksi air liur berkurang dan bakteri perusak gigi lebih aktif pada malam hari.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara optimal, maka Anda perlu sikat gigi minimal dua kali sehari dengan lembut, mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau saat sikat gigi mulai usang, dan pastikan Anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida.

3. Jaga kebersihan kuku

Kuku yang dibiarkan panjang dan kotor bisa menjadi penyebab infeksi penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan kuku dengan cara:

  • Tidak mengigit atau merobek kuku.
  • Potong kuku saat kuku mulai panjang. Gunakan pemotong kuku yang bersih untuk memotong kuku.
  • Jika Anda senang memelihara kuku panjang, Anda dianjurkan untuk membersihkan kuku Anda dengan air, sabun, dan sikat kuku untuk menggosok bagian bawah kuku saat Anda mencuci tangan.

4. Jaga kebersihan kaki

Jika Anda menggunakan kaos kaki dan sepatu sepanjang hari atau menggunakan kaos kaki dan sepatu yang sama selama berhari-hari, bakteri akan berkembang biang di kulit kaki Anda, sehingga bisa menimbulkan bau kaki tidak sedap. Untuk mencegah bau kaki, maka, berikut adalah hal yang perlu Anda lakukan :

  • Cuci kaki secara rutin dan keringkan dengan handuk.
  • Hindari menggunakan kaos kaki dan sepatu yang sama setiap hari atau menggunakan kaos kaki dan sepatu sepanjang hari.
  • Jangan menggunakan sepatu saat kaki dalam keadaan basah, karena hal tersebut membuat kondisi kaki lembab dan bakteri lebih mudah untuk berkembang.

 5. Jaga kebersihan pakaian

Pakaian yang kotor perlu Anda cuci dengan deterjen sampai bersih sebelum Anda menggunakannya lagi. Anda juga dianjurkan untuk menggantung pakaian yang telah Anda cuci di bawah sinar matahari sampai kering karena sinar matahari bisa membunuh beberapa kuman penyakit yang bisa menyebabkan infeksi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Anyang-anyangan alias infeksi saluran kencing membuat Anda sering kebelet dan terasa sakit saat buang air kecil. Apa saja penyebab infeksi saluran kencing?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Urologi Lainnya 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Nokturia adalah kondisi yang membuat Anda sering kencing pada malam hari. Pelajari gejala, penyebab, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit