home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Agar Senantiasa Bersih, Kenali Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap dan Cara Mengatasinya

Agar Senantiasa Bersih, Kenali Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap dan Cara Mengatasinya

Anda tentu ingin tampil sempurna, dengan pakaian yang rapi dan kebersihan diri yang terjaga setiap hari. Namun, apa jadinya jika penampilan Anda sudah prima, ternyata justru disertai dengan bau kaki yang tidak sedap? Tentu semua usaha Anda untuk tampil mempesona jadi terasa sia-sia. Nah, untuk menghindari hal ini, Anda perlu tahu penyebab serta cara menghilangkan bau kaki yang tak mengenakkan ini. Yuk, simak ulasannya!

Apa penyebab kaki beraroma tidak sedap?

cara mencegah bau kaki

Secara medis, masalah bau kaki dikenal dengan sebutan bromodosis.

Bromodosis adalah kondisi di mana kaki Anda memproduksi keringat berlebihan dan kaki menjadi lembap sehingga muncul aroma tidak sedap. Hal terutama terjadi saat memakai sepatu,

Seperti halnya telapak tangan, telapak kaki juga memiliki kelenjar keringat yang berfungsi untuk melembapkan kulit dan mengatur suhu tubuh, misalnya ketika cuaca sedang panas atau Anda sedang berolahraga.

Ketika keringat terus diproduksi oleh kelenjar keringat pada kaki, berbagai bakteri akan tumbuh untuk memecah senyawa organik pada keringat.

Aktivitas inilah yang akan menghasilkan aroma yang tidak sedap pada kaki.

Supaya tahu bagaimana cara menghilangkan bau kaki, sebelumnya Anda perlu tahu dulu penyebab di balik timbulnya bau tak sedap pada kaki.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kaki berkeringat secara berlebihan.

Umumnya, masalah bau kaki muncul karena keringat yang menempel pada kaus kaki atau sepatu tidak dikeringkan maupun diganti selama lebih dari satu hari.

Namun, pada beberapa orang, masalah bau kaki disebabkan oleh kondisi yang lebih serius. Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya bau kaki:

1. Perubahan hormon

Pada manusia, perubahan hormon bisa menyebabkan produksi keringat bertambah.

Ini yang terkadang membuat cara menghilangkan bau kaki yang sulit untuk dilakukan bagi beberapa orang karena perubahan hormon adalah hal yang tak bisa dihindari.

Perubahan hormon bisa terjadi saat masa puber maupun selama kehamilan. Itulah mengapa para remaja, ibu hamil, dan pasien terapi hormon lebih rentan mengalami masalah bau kaki.

2. Hiperhidrosis

Menurut situs NHS, hiperhidrosis adalah sebuah kondisi medis di mana seseorang memproduksi keringat jauh lebih banyak dari biasanya.

Gangguan hiperhidrosis umumnya disebabkan oleh berbagai kelainan neurologis atau metabolisme. Hiperhidrosis juga bisa menyebabkan seseorang mengalami bau badan berlebih.

3. Kutu air

Kutu air, atau yang dikenal juga dengan nama athlete’s foot, disebabkan oleh infeksi jamur. Tak hanya para atlet, kondisi ini bisa menyerang siapa saja.

Kutu air biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Anda pun jadi rentan mengalami berbagai masalah kaki lainnya, termasuk bau kaki.

4. Stres

Stres akan menyebabkan berbagai respon yang berbeda pada tubuh setiap orang. Ada yang jadi gatal-gatal, sakit perut, berjerawat, atau pusing.

Namun, ada juga beberapa orang yang akan berkeringat secara berlebihan pada telapak tangan dan kaki ketika diserang stres.

Ini karena tubuh Anda akan melepaskan hormon stres yaitu kortisol yang akan memicu kelenjar keringat untuk terus memproduksi keringat.

Cara menghilangkan bau kaki tidak sedap

cara merawat kulit kaki

Setelah mengetahui beragam penyebab bau kaki, Anda tentu jadi lebih mudah untuk mengenali penyebab dari kondisi yang Anda alami.

Kini, waktunya Anda menerapkan cara menghilangkan bau kaki, baik di saat kaki sedang telanjang maupun memakai sepatu.

Untuk mengatasi bau kaki tidak sedap, ada beberapa cara yang bisa Anda coba sendiri di rumah, di antaranya:

1. Selalu cuci kaki hingga bersih

Langkah terpenting untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan cara cuci kaki secara menyeluruh.

Cuci kaki Anda dengan bersih setiap hari menggunakan sabun yang mengandung antibakteri dan antijamur.

Setelah itu, keringkan sampai tuntas supaya kaki Anda, terutama pada sela-sela jari, tidak terasa lembap. Kaki yang kering juga mencegah tumbuhnya jamur di sela-sela jari.

2. Rendam kaki dalam air hangat

Cara berikutnya untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan merendam kaki di dalam iar hangat.

Gunakan air hangat yang dicampur dengan larutan garam selama 15-20 menit. Rendam kaki Anda di dalam larutan tersebut setiap hari.

Garam bisa membantu mengurangi produksi keringat pada kaki.

Anda bisa melakukan hal ini sebelum tidur sehingga kaki Anda memiliki kesempatan untuk “bernapas” sebelum kembali mengenakan sepatu atau kaos kaki.

3. Oleskan minyak esensial

Menghilangkan bau kaki juga bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan minyak esensial alias essential oil.

Oleskan minyak esensial, misalnya yang beraroma lavender, pada kaki Anda dan pijat lembut selama beberapa menit.

Selain memberikan aroma yang segar pada kaki, lavender memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki tidak sedap.

fungsi tulang jari kaki

4. Eksfoliasi kaki

Eksfoliasi pada kulit kaki bertujuan agar anggota gerak tubuh ini terbebas dari sel-sel kulit mati serta kotoran yang menumpuk.

Gunakan scrub khusus kaki dengan kandungan antibakteri, kemudian gosokkan pada kaki sambil memijat ringan.

Lakukan cara ini secara rutin setiap kali Anda mandi, niscaya bau kaki pun enggan berlama-lama muncul.

5. Ganti kaus kaki setiap hari

Jika Anda setiap hari beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya hindari menggunakan kaus kaki atau sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut.

Ini karena keringat masih akan menempel dan mengandung berbagai bakteri penyebab masalah bau kaki.

Pastikan Anda selalu memakai kaus kaki dan sepatu dalam keadaan kering. Anda juga sebaiknya mengganti kaus kaki setiap hari.

Sebelum menggunakan sepatu dan kaus kaki, Anda bisa coba menyemprotkan deodoran atau antiperspirant yang biasa digunakan untuk ketiak pada kaki maupun yang khusus ditujukan untuk kaki.

6. Simpan sepatu dengan baik

Setelah Anda berhasil menjajal cara-cara di atas untuk menghilangkan bau kaki, Anda tentunya juga harus mencegah permasalahan ini kembali terjadi di lain waktu.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyimpan sepatu dengan baik.

Simpanlah sepatu di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Angin-anginkan sepatu Anda secara berkala, terutama jika Anda habis memakainya seharian penuh.

Masukkan beberapa bungkus silica gel kecil pada setiap pasang sepatu saat disimpan. Silica gel yang mengandung silikon dioksida ini mampu menyerap kelembapan di dalam sepatu dan mengusir bau tidak sedap.

Itulah sederet tips yang bisa Anda lakukan untuk membasmi bau kaki. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih percaya diri dengan penampilan tanpa harus khawatir akan bau kaki yang mengganggu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to stop smelly feet – NHS. (2018). Retrieved March 1, 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/how-to-avoid-smelly-feet/ 

Bromodosis (smelly feet) – NHS. (2020). Retrieved March 1, 2021, from https://111.wales.nhs.uk/encyclopaedia/b/article/bromodosis(smellyfeet)/ 

Sweating (excessive sweating – hyperhidrosis) – NHS. (2020). Retrieved March 1, 2021, from https://111.wales.nhs.uk/encyclopaedia/h/article/hyperhidrosis/ 

Why Do Feet Stink? – KidsHealth (n.d.). Retrieved March 1, 2021, from https://kidshealth.org/en/kids/feet-stink.html 

4 Ways You Can Avoid Stinky Feet – Cleveland Clinic. (2019). Retrieved March 1, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/4-sure-fire-ways-you-can-avoid-stinky-feet/ 

Foot Odor – Institute for Preventive Food Health. (n.d.). Retrieved March 1, 2021, from https://www.ipfh.org/foot-conditions/foot-conditions-a-z/foot-odor?gclid=CjwKCAjwqcHLBRAqEiwA-j4AyB3_czWcdd_Y6EL88go85VyD3j9anjDe5Nv_xHvMXFPaMK8bydnvgxoCvvIQAvD_BwE 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 22/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan