5 Manfaat Akar Valerian, dari Usir Stres Sampai Redakan Nyeri Haid

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 21/06/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Akar valerian adalah salah satu tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia. Akar ini sering dijadikan untuk bermacam obat kesehatan, misalnya untuk mengatasi rasa cemas dan sebagai obat penenang. Apa saja manfaat akar valerian lainnya yang baik untuk kesehatan? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat akar valerian untuk kesehatan

1. Bikin tidur jadi nyenyak

Studi menunjukkan bahwa manfaat akar valerian bisa membuat Anda cepat mengantuk dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Berbeda dengan obat tidur, akar valerian punya efek samping yang lebih sedikit. Salah satunya bila Anda mengonsumsi akar valerian di pagi hari, Anda tidak akan merasakan kantuk berlebih.

Dalam satu studi yang dilakukan oleh Health Center Foellinge di Swedia, manfaat akar valerian terbukti baik digunakan pada orang yang susah tidur. Hal ini dibuktikan dari 44 persen peserta merasakan tidur yang amat nyenyak dan 89 persen peserta menyatakan bahwa mereka jadi mudah untuk tidur di malam hari setelah mengonsumsi akar valerian. Selain itu, para peserta juga mengaku bahwa tidak ada efek samping yang timbul setelah mengonsumsi herbal ini.

2. Meredakan rasa cemas berlebih

Para ilmuwan telah menemukan bahwa akar valerian dapat meningkatkan jumlah zat kimia yang disebut asam gamma aminobutyric (GABA) di otak. GABA adalah zat yang membantu mengatur sel-sel saraf serta menurunkan tingkat cemas. Namun, jika Anda mengonsumsi obat penenang atau antidepresan lainnya, tidak disarankan menggunakan obat atau suplemen herbal dari akar valerian.

3. Menurunkan tekanan darah

Selain itu, manfaat akar valerian bukan hanya bisa menenangkan pikiran dan tubuh saja. Akar valerian juga banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung. Komponen zat aktif di dalam akar valerian untuk mengatasi stres dan cemas juga dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah agar stabil dan normal.

4. Meredakan nyeri saat menstruasi

Manfaar akar valerian selanjutnya adalah bisa menjadi obat pereda rasa nyeri saat wanita sedang PMS atau saat menstruasinya berlangsung. Akar valerian mengandung zat penenang dan zat antispasmodic yang bisa menahan kejang otot dan bertindak sebagai penenang otot alami.

Akar valerian efektif untuk menenangkan kontraksi otot rahim selama menstruasi, dan ini telah diuji dan diteliti oleh Islamic Azad University di Iran.

5. Meredakan stres

Berhubung akar valerian bisa mengurangi kecemasan, membuat cepat tertidur bagi orang yang susah tidur, dan bisa membuat tidur lebih nyenyak, ini juga bisa berdampak bagi orang yang sedang mengalami stres. Pasalnya, stres kronis dan rasa cemas saling berhubungan erat satu sama lain. Tak jarang kedua hal ini tidak dapat dipisahkan. Lalu, bila salah satu dapat diatasi, maka dampak lain antara stres dan rasa cemas juga bisa berkurang.

Akar valerian bisa membuat tubuh jadi rileks dan tenang. Tubuh yang rileks bisa mengusir dan mencegah stres datang. Teh atau suplemen herbal yang mengandung akar valerian bisa menjadi pilihan Anda ketika dilanda stres berat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Menu diet tidak harus itu-itu melulu sajiannya. Anda masih bisa makan pasta nikmat dan pastinya rendah kalori. Simak 3 resep pasta gandum pada artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ketika sibuk meluangkan waktu untuk mengasuh anggota keluarga, jangan lupa untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Tidak menggunakan krim yang menyumbat saluran keringat, mungkin bisa jadi solusi. Namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Saat ini hampir semua tempat makanan atau minuman terbuat dari wadah plastik. Namun, sebelum menggunakannya, ketahui dulu kode dari masing-masing wadah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
bercak darah saat tidak sedang haid

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit