5 Manfaat Akar Valerian, dari Usir Stres Sampai Redakan Nyeri Haid

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Akar valerian adalah salah satu tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia. Akar ini sering dijadikan untuk bermacam obat kesehatan, misalnya untuk mengatasi rasa cemas dan sebagai obat penenang. Apa saja manfaat akar valerian lainnya yang baik untuk kesehatan? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat akar valerian untuk kesehatan

1. Bikin tidur jadi nyenyak

Studi menunjukkan bahwa manfaat akar valerian bisa membuat Anda cepat mengantuk dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Berbeda dengan obat tidur, akar valerian punya efek samping yang lebih sedikit. Salah satunya bila Anda mengonsumsi akar valerian di pagi hari, Anda tidak akan merasakan kantuk berlebih.

Dalam satu studi yang dilakukan oleh Health Center Foellinge di Swedia, manfaat akar valerian terbukti baik digunakan pada orang yang susah tidur. Hal ini dibuktikan dari 44 persen peserta merasakan tidur yang amat nyenyak dan 89 persen peserta menyatakan bahwa mereka jadi mudah untuk tidur di malam hari setelah mengonsumsi akar valerian. Selain itu, para peserta juga mengaku bahwa tidak ada efek samping yang timbul setelah mengonsumsi herbal ini.

2. Meredakan rasa cemas berlebih

Para ilmuwan telah menemukan bahwa akar valerian dapat meningkatkan jumlah zat kimia yang disebut asam gamma aminobutyric (GABA) di otak. GABA adalah zat yang membantu mengatur sel-sel saraf serta menurunkan tingkat cemas. Namun, jika Anda mengonsumsi obat penenang atau antidepresan lainnya, tidak disarankan menggunakan obat atau suplemen herbal dari akar valerian.

3. Menurunkan tekanan darah

Selain itu, manfaat akar valerian bukan hanya bisa menenangkan pikiran dan tubuh saja. Akar valerian juga banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung. Komponen zat aktif di dalam akar valerian untuk mengatasi stres dan cemas juga dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah agar stabil dan normal.

4. Meredakan nyeri saat menstruasi

Manfaar akar valerian selanjutnya adalah bisa menjadi obat pereda rasa nyeri saat wanita sedang PMS atau saat menstruasinya berlangsung. Akar valerian mengandung zat penenang dan zat antispasmodic yang bisa menahan kejang otot dan bertindak sebagai penenang otot alami.

Akar valerian efektif untuk menenangkan kontraksi otot rahim selama menstruasi, dan ini telah diuji dan diteliti oleh Islamic Azad University di Iran.

5. Meredakan stres

Berhubung akar valerian bisa mengurangi kecemasan, membuat cepat tertidur bagi orang yang susah tidur, dan bisa membuat tidur lebih nyenyak, ini juga bisa berdampak bagi orang yang sedang mengalami stres. Pasalnya, stres kronis dan rasa cemas saling berhubungan erat satu sama lain. Tak jarang kedua hal ini tidak dapat dipisahkan. Lalu, bila salah satu dapat diatasi, maka dampak lain antara stres dan rasa cemas juga bisa berkurang.

Akar valerian bisa membuat tubuh jadi rileks dan tenang. Tubuh yang rileks bisa mengusir dan mencegah stres datang. Teh atau suplemen herbal yang mengandung akar valerian bisa menjadi pilihan Anda ketika dilanda stres berat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca