10 Manfaat Air Tebu, dari Merawat Kulit Sampai Menjaga Kesehatan Ginjal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tebu mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral yang meliputi fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium. Air tebu juga mengandung vitamin dan antioksidan. Minum air tebu dikatakan lebih sehat dibandingkan dengan mengonsumsi gula. Air tebu merupakan minuman manis alami yang diproses dengan tepat. Gula yang diekstrak dari air tebu mengandung 15 kalori.

Air tebu terdiri dari sukrosa, fruktosa, dan banyak varietas glukosa lainnya dengan total 13 gram serat makanan. Air tebu juga kaya akan serat makanan dan menyediakan senyawa polifenol yang dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengurangi stres oksidatif. Selain manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari air tebu ini. Apa saja, ya?

Manfaat air tebu untuk kesehatan

1. Merawat kulit

Air tebu mengandung asam glikolat yang memberikan efek antioksidan pada kulit. Bila mengonsumsi air tebu secara teratur, dapat membersihkan radang dan infeksi kulit, memperbaiki penampilan kulit, dan mengurangi tanda penuaan.

2. Kepadatan tulang

Air tebu dapat meningkatkan kadar kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan mangan dalam tubuh. Sumber mineral tersebut merupakan komponen penting untuk memperkuat tulang Anda. Dengan begitu, air tebu dapat mencegah berkembangnya osteoporosis. Mengonsumsi air tebu secara rutin maka dapat membuat tulang Anda tetap kuat seiring bertambahnya usia.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi air tebu murni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, baik kolesterol LDL dan trigliserida. Hal ini yang juga dapat melindungi kesehatan jantung Anda dan mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah seiring bertambahnya usia.

4. Mengelola stres dan membantu tidur lebih nyenyak

Air tebu mengandung beberapa asam amino yang dapat menyeimbangkan kadar hormon stres. Selain itu, asam amino tersebut juga dapat membantu Anda mengatasi masalah sulit tidur. Dengan mengonsumsi air tebu, Anda dapat tidur lebih nyenyak dan membuat pikiran Anda lebih tenang.

5. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan kalium dalam air tebu mampu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga dapat menurunkan atau mengendalikan tekanan darah secara efektif. Selain itu, air tebu juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Air tebu dapat membantu Anda untuk merangsang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah infeksi, khusunya pada lambung, hati, dan saluran pernapasan. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada air tebu. Selain itu, air tebu juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit kronis seperti kanker prostat dan kanker payudara.

7. Menjaga kesehatan ginjal

Beberapa penelitian telah melaporkan bahwa mengonsumsi air tebu dapat mengurangi ririko terjadinya infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Hal ini dikarenakan manfaat air tebu sebagai detoksifikasi tubuh dan juga dapat melindungi fungsi pusat detoksifikasi tubuh.

8. Jadi pengganti gula pasir untuk diabetes

Air tebu mengandung gula alami yang memiliki indeks glikemik yang rendah, dibandingkan gula olahan lain. Sehingga boleh dikonsumsi untuk pasien diabetes. Bagi orang yang tidak memiliki diabetes tipe 2, air tebu sebenarnya dapat menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah, bila dikonsumsi secukupnya. Namun, jika Anda memiliki diabetes tipe 2, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air tebu ini.

9. Menambah energi

Glukosa alami dalam air tebu dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh Anda. Tebu mengandung sebuah senyawa aktif dan glukosa alami yang bisa meningkatkan energi untuk tubuh. Glukosa dan senyawa elektrolit dalam tebu bisa meningkatkan energi karena mendorong metabolisme dalam tubuh. Selain itu, zat gula menjadi salah satu penambah energi yang paling besar terutama saat musim panas.

10. Merawat kandungan ibu hamil

Banyak peneliti yang menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi air tebu selama kehamilan. Pada ibu hamil, manfaat air tebu adalah meningkatkan metabolisme, memperbaiki pencernaan, dan mengurangi gejala morning sickness. Selain itu, air tebu akan memberikan energi sepanjang hari untuk ibu hamil, karena indeks glikemiknya yang rendah.

Air tebu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil secara alami, daripada harus mengandalkan obat-obatan atau antibiotik. Ini juga membantu menghilangkan gejala sembelit serta keluhan lain yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil.

Efek samping mengonsumsi air tebu

Beberapa efek samping negatif dari sari tebu meliputi sakit kepala, gangguan pada perut, mual, pusing, gangguan perdarahan yang memburuk dan meningkatkan insomnia. Sebagian besar efek samping ini terjadi jika Anda mengonsumsi air tebu secara berlebihan. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat air tebu ini, batas aman konsumsinya adalah satu gelas saja per hari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Poliuria membuat Anda sering buang air kecil sehingga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Ini cara mudah mengatasi sering buang air kecil akibat poliuria.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

8 Kondisi yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

Ada banyak hal yang menjadi penyebab sering buang air kecil, mulai dari kebiasaan minum, konsumsi obat, hingga penyakit. Apakah Anda memiliki salah satunya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Anyang-anyangan alias infeksi saluran kencing membuat Anda sering kebelet dan terasa sakit saat buang air kecil. Apa saja penyebab infeksi saluran kencing?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Urologi Lainnya 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Nokturia adalah kondisi yang membuat Anda sering kencing pada malam hari. Pelajari gejala, penyebab, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
diabetes insipidus adalah

Diabetes Insipidus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 12 menit