7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

Oleh

Banyak alasan kenapa Anda bisa menjadi pelupa atau pikun, dimulai dari kurang tidur, kelainan genetik, kelelahan akibat aktivitas fisik, gaya hidup, efek umur, dan faktor lingkungan. Kabar baik untuk Anda, makanan yang Anda makan dapat membantu Anda dalam kesehatan otak Anda.

Menu makanan yang baik untuk memori dan fungsi otak Anda adalah jenis-jenis makanan yang dapat memperlancar peredaran darah menuju ke otak. Selain itu, otak Anda juga membutuhkan antioksidan. Neuron pada otak Anda sangat rentan dengan oksidasi oleh radikal bebas. Ibaratnya seperti sepotong apel yang dibiarkan dalam keadaan terkupas, maka apel tersebut akan berubah warna menjadi kecokelatan dan “menua” secara prematur. Begitu juga kira-kira yang terjadi pada otak Anda. Antioksidan berfungsi untuk menetralkan radikal bebas ini. Bila otak Anda mendapat asupan antioksidan yang cukup, maka bagian-bagian otak Anda akan terlindung dari serangan radikal bebas tersebut, termasuk bagian otak yag bernama hippocampus, bagian otak yang menjadi kunci dari daya ingat Anda.

Berikut adalah daftar makanan yang dapat mencegah Anda cepat pikun:

1. Sayur

“Harus makan sayur” pasti bukan lagi perintah yang asing di telinga Anda. Dan kenyataannya, memang sayur sangat bermanfaat untuk tubuh Anda, termasuk untuk kesehatan otak Anda. Sayuran mengandung antioksidan, yang seperti yang sudah dijelaskan, antioksidan dapat membantu kesehatan otak Anda. Sayuran seperti brokoli, kol, dan sayur-sayuran hijau dapat membantu meningkatkan memori di otak Anda.

2. Buah beri dan ceri

Buah beri, terutama yang berwarna tajam (seperti blackberry, blueberry, dan ceri), kaya akan anthocyanin dan kandungan flavonoid lain yang dapat meningkatkan fungsi ingatan di otak Anda akibat antioksidan yang dikandungnya.

3. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan otak Anda. Lebih spesifik lagi, docosahexaenoic acid (DHA) dapat membantu meningkatkan fungsi ingatan pada remaja. Mengapa bisa demikian? DHA adalah asam lemak yang paling banyak di dalam otak Anda. Oleh karena itu, bila Anda mendapat asupan DHA yang cukup, maka otak Anda akan bekerja dengan lebih efisien. Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan laut, seperti salmon, tuna, sarden, dan lain sebagainya untuk mendapatkan asam lemak omega-3 ini. Gantilah daging dengan ikan sebagai makanan Anda setiap minggunya. Kalau Anda alergi makanan seafood, Anda bisa konsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi sebagai gantinya. Anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega-3 di minyak ikan, rumput laut, dan suplemen mikroalgae.

4. Walnut

Walnut memang dikenal memberikan efek positif pada kesehatan jantung. Akan tetapi, ternyata walnut juga bisa meningkatkan daya ingat Anda. Tambahkan walnut di daftar snack pilihan Anda.

5. Telur

Telur adalah satu dari sedikit makanan yang mengandung kolin, zat yang berbentuk seperti vitamin yang dapat membuat sel berfungsi dengan baik. Telur secara khusus penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di saat otak bayi yang dikandungnya sedang berkembang. Kolin sendiri secara spesifik sangat penting dalam perkembangan hippocampus, pusat dari daya ingat di otak manusia. Kuning telur sendiri mengandung vitamin B12, yang diketahui dapat menurunkan homocysteine, kandungan yang bersifat racun pada otak dan berhubungan dengan rendahnya aktivitas otak.

6. Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis bahan makanan yang terkenal di Indonesia. Seperti yang Anda tahu, kunyit berwarna kuning dan warna kunyit ini sangat tajam. Warna kuning ini berasal dari kandungan antioksidan yang bernama kurkumin. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat mencegah pembentukan amiloid, protein yang dapat menyumbat saluran neural di otak. Kurkumin juga dapat mencegah oksidasi dan peradangan.

7. Oatmeal

Kandungan serat yang tinggi dan protein yang terdapat pada oatmeal atau sereal whole-grains dapat membantu gula darah secara berkala dikirim ke aliran darah. Otak Anda menggunakan gula sebagai sumber energi, dan gula yang dikirim ke otak secara teratur dan berkala diteliti dapat membantu otak menyimpan informasi untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan daya ingat.

Perlu diingat bukan berarti setelah Anda memakan makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas, Anda langsung akan memiliki daya ingat yang sangat tajam. Akan tetapi, makanan-makanan tersebut dapat membantu menyokong kesehatan daya ingat Anda untuk jangka panjang.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca