8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda pernah atau bahkan sering merasakan berbagai gejala seperti nyeri di bagian dada, berat badan tiba-tiba berkurang, dan gejala lainnya. Gejala tersebut terkadang Anda rasakan sesekali dan hilang timbul, tetapi Anda tak pernah mengacuhkannya karena dianggap tidak penting. Padahal gejala tersebut bisa saja merupakan gejala penyakit, namun karena Anda tidak menyadarinya gejala tersebut akan semakin parah dan membuat penyakit Anda bertambah buruk. Apa saja gejala penyakit berbahaya yang sering diabaikan?

1. Nyeri dada

Apabila Anda mengalami nyeri dada, terasa sesak, dan tertekan walaupun hanya sebentar saja, jangan diremehkan, karena bisa saja hal tersebut merupakan tanda-tanda penyakit jantung. Kemungkinan lain adalah adanya gangguan pada sistem pencernaan seperti, kembalinya makanan ke tenggorokan dari lambung. Gangguan ini memang tidak mengancam jiwa tetapi termasuk penyakit kronis yang bisa dialami dalam waktu yang lama.

2. Susah bernapas atau napas menjadi pendek

Napas yang pendek saat keadaan normal – bukan ketika berolahraga atau beraktivitas fisik berat – dapat diakibatkan karena ada sesuatu yang menghalangi saluran pernapasan. Kondisi ini biasanya terjadi jika Anda mengalami asma, peradangan bronkus kronis, dan pneumonia.  Bahkan napas pendek juga bisa menjadi gejala penyakit jantung dan pembuluh darah.

3. Mengalami penurunan berat badan yang signifikan

Apakah Anda pernah mengalami penurunan berat badan padahal tidak sedang program atau merencanakannya? Penurunan berat badan sebesar 5% dari total berat badan sebelumnya selama 6 bulan merupakan tanda bahwa terjadi gangguan pada metabolisme tubuh. Salah satu penyebab yang mungkin membuat berat badan Anda berkurang adalah penyakit kanker, diabetes mellitus, gangguan hormon, masalah pada kelenjar tiroid, serta mengalami depresi berat.

4. Semakin gemuk, terutama pada bagian perut

Apakah celana Anda semakin lama semakin sempit dan tidak bisa dikancing? Jika iya, maka Anda harus berhati-hati. Hal ini menandakan bahwa Anda mengalami peningkatan berat badan dan penumpukan lemak pada bagian perut. Penumpukan lemak di bagian perut merupakan kondisi yang sangat berbahaya dan bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami  penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan stroke.

5.  Kaki kram saat berjalan atau menaiki tangga

Sebagian besar orang sering mengalami kram pada kaki dan akan hilang dalam beberapa saat jika ia beristirahat. Namun kaki kram yang tidak kunjung sembuh walaupun sudah beristirahat bisa jadi merupakan tanda adanya masalah pada pembuluh darah arteri kaki akibat penyumbatan pembuluh darah. Jika kram ini tidak diperiksa lebih lanjut, maka bukan tidak mungkin seseorang akan kehilangan kakinya akibat jaringan pada kaki mati karena tidak mendapatkan makanan dari aliran darah.

6. Memiliki kulit yang sangat kering

Apakah kulit Anda selalu kering dan bahkan mengelupas sendiri? Beberapa ahli mengatakan bahwa apabila seseorang mempunyai kulit yang sangat kering, dapat diakibatkan karena ia mengalami kekurangan zat gizi seperti zink atau gangguan terhadap kelenjar tiroidnya. Hal ini harus dikonsultasikan pada dokter ahli kulit. Biasanya, pengobatan yang diberikan adalah suplemen dan lotion.

7. Adanya perubahan pada payudara wanita

Apabila Anda sedang tidak menyusui namun payudara Anda terlihat tidak normal, seperti warna permukaan kulit payudara berubah, ada benjolan, timbul rasa tidak nyaman, serta keluar cairan dari puting, maka Anda perlu curiga. Segera periksakan diri ke dokter yang ahli jika mengalami hal ini. Karena kondisi ini termasuk sebagian dari gejala penyakit kanker payudara.

8. Salah satu bagian tubuh bengkak

Jika Anda merasa salah satu tubuh Anda membengkak, entah itu di kaki, tangan, atau tempat lain maka segerakan untuk memeriksa diri ke dokter. Pembengkakan atau adanya penambahan massa di salah satu organ tubuh dapat disebabkan berbagai kondisi medis ringan hingga berat, seperti tumor dan kanker. sedangkan bengkak di bagian kaki juga bisa diakibatkan karena adanya penumpukan cairan yang disebut dengan edema. Edema merupakan tanda dan gejala penyakit degeneratif, seperti gagal jantung dan gagal ginjal.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah keluhan yang umum dengan banyak kemungkinan penyebab. Cari tahu gejala, pengobatan, dan cara mengatasi nyeri pinggang di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Warna dahak yang normal adalah bening. Jika Anda mengeluarkan dahak yang berwarna, maka hal itu adalah tanda dari kondisi medis. Apa arti dari warna dahak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Batuk, Kesehatan Pernapasan 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Syok Hipovolemik

Syok hipovolemik adalah kondisi gawat darurat yang terjadi akibat hilangnya darah atau cairan tubuh dalam jumlah besar. Umumnya, ini karena perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Penyakit Kelainan Darah, Hemofilia 24 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perut kosong hindari makan pedas dan asam

Kenapa Makanan Pedas Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Konten Bersponsor
keluarga sehat karena melakukan perilaku hidup bersih dan sehat

4 Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri dan Keluarga di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
memanaskan makanan

Bolehkah Memanaskan Makanan Dalam Wadah Plastik di Microwave?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit