Jika Anda Punya Gagal Ginjal, Anda Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung. Kenapa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Salah satu penyakit kronis yang angka kejadiannya diperkirakan meningkat setiap tahun adalah penyakit ginjal kronis, alias gagal ginjal. Tapi tahukah Anda jika Anda menderita penyakit ginjal kronis, Anda lebih berisiko tinggi terkena penyakit jantung? Ya, bahkan penyakit jantung menjadi penyebab kematian paling umum di antara orang-orang yang menderita gagal ginjal. Kok bisa?

Jantung dan ginjal saling bekerja sama menjaga kebaikan fungsi tubuh

Jantung memompa darah segar beroksigen ke seluruh bagian tubuh untuk memastikan setiap sel, organ, dan sistemdi dalam tubuh Anda bisa tetap berfungsi baik. Untuk menjalankan tugasnya, jantung bergantung pada pembuluh darah. Bersama-sama, jantung, darah, dan pembuluh darah membentuk sistem yang disebut “sistem kardiovaskular.” Anggap saja ini sebagai sistem pengiriman. Sistem pengiriman memindahkan darah dari jantung yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh Anda dan juga mengambil produk limbah sehingga tubuh Anda bisa menyingkirkannya.

Ginjal termasuk salah satu organ yang menerima asupan darah segar. Ginjal bekerja mengontrol tekanan darah, memproduksi sel darah merah, membersihkan darah, serta mengeluarkan produk limbah dan kelebihan air dalam tubuh. Tanpa ginjal, darah Anda akan terlalu banyak mengandung limbah dan air. Tanpa jantung, ginjal Anda tidak akan memiliki oksigen yang dibutuhkan darah untuk melakukan banyak pekerjaan pentingnya. Tanpa bantuan ginjal, jantung akan bekerja terlalu keras atau tidak berfungsi sama sekali. Sistem kardiovaskular yang berfungsi dengan baik penting bagi fungsi ginjal Anda.

Oleh karena itu, jika ginjal Anda tidak bisa berfungsi normal, kerusakan ini bisa menyebabkan penyakit jantung. Memiliki penyakit ginjal dapat secara langsung mempengaruhi peluang Anda terkena penyakit jantung. Dan sebaliknya, memiliki penyakit jantung juga bisa secara langsung memengaruhi kemungkinan Anda terkena penyakit ginjal.

Kenapa bisa terkena penyakit jantung kalau sudah punya gagal ginjal?

Penyakit ginjal dan penyakit jantung memiliki satu kesamaan. Keduanya sama-sama berasal dari dua faktor risiko utama, yaitu diabetes dan tekanan darah tinggi.

Jika Anda menderita diabetes, Anda memiliki terlalu banyak gula dalam darah Anda. Memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah Anda dalam waktu lama dapat merusak banyak organ tubuh, termasuk jantung dan ginjal Anda. Diabetes menyebabkan pembuluh darah kecil di tubuh terluka. Bila pembuluh darah di ginjal terluka, ginjal Anda tidak bisa membersihkan darah dengan benar. Akibatnya, tubuh Anda akan menyimpan lebih banyak air dan garam daripada yang seharusnya. Diabetes juga bisa menyebabkan kerusakan saraf di tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih Anda. Tekanan yang dihasilkan dari kandung kemih yang penuh bisa berbalik layaknya senjata makan tuan dan melukai ginjal.

Begitu pula dengan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang Anda miliki menyebabkan aliran darah terus menekan dinding pembuluh darah. Hal ini membuat jantung bekerja berkali lipat lebih keras untuk memompa darah, yang bisa menyiksa jantung Anda. Pada akhirnya, tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah. Seiring waktu, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan arteri di sekitar ginjal menyempit, melemah, atau mengeras. Arteri yang rusak ini tidak mampu mengantarkan cukup darah ke setiap jaringan ginjal dan menyaring darah Anda sebaik yang seharusnya.

Ginjal yang rusak juga akan gagal mengatur tekanan darah. Ini karena sistem hormon ginjal yang mengatur tekanan darah, aldosteron, jadi bekerja terlalu keras untuk meningkatkan suplai darah ke ginjal. Jantung kemudian harus memompa semakin banyak darah, dan akhirnya menderita peningkatan beban kerja — padahal sudah terlebih dulu terbebani oleh tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi membuat semakin banyak arteri tersumbat dan akhirnya berhenti berfungsi, sehingga pada akhirnya ginjal akan gagal bekerja. Tekanan darah tinggi bisa menimbulkan masalah jantung serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Bila ginjal Anda tidak bekerja dengan baik, ginjal tidak dapat mendukung bagian lain tubuh Anda sebagaimana mestinya. Hal ini dapat menyebabkan masalah dengan jantung Anda. Penyakit ginjal kronis bisa menyebabkan anemia. Bila Anda menderita anemia, jantung dan organ tubuh Anda tidak akan mendapatkan cukup oksigen. Jantung pun harus memompa lebih banyak darah agar kebutuhan oksigen organ-organ tercukupi. Hal ini bisa menyebabkan serangan jantung. Penyakit ginjal juga dapat menyebabkan masalah dengan keseimbangan jumlah kalsium dan fosfor dalam darah Anda. Bila Anda tidak memiliki jumlah kalsium atau fosfor yang cukup dalam tubuh Anda, pembuluh darah utama yang terhubung ke jantung Anda bisa rusak yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Baca Juga: