4 Dampak Luar Biasa Mineral bagi Tubuh

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tubuh membutuhkan mineral untuk mendukung fungsi organ-organ dalam tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Mineral ini utamanya diperoleh dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun, untuk melengkapi kecukupan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, Anda dapat memperolehnya dari meminum air mineral. Karena tubuh manusia tidak mampu memproduksi mineral secara langsung. 

Ada beberapa manfaat penting dari mineral yang dibutuhkan setiap orang. Untuk itu, ketahui penjelasannya sebagai berikut.

Mengetahui manfaat dan dampak kandungan mineral yang bagi tubuh manusia

Ketika tubuh kekurangan mineral, maka organ tidak bisa menjalankan perannya secara optimal. Bahkan Anda bisa saja tidak bisa berkonsentrasi saat bekerja karena pemenuhan mineral tertentu tidak tercukupi. Bahkan kekurangan mineral tertentu bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Karena itu, mineral punya peran penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lebih lanjut, ketahui mineral yang dibutuhkan manusia dan manfaat yang bisa diperolehnya.

1. Kalsium

dampak mineral bagi tubuh

Secara keseluruhan, mineral punya dampak baik bagi manusia, misalnya membantu jantung menjalankan fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh. Kesehatan jantung harus selalu dijaga dengan baik karena berperan sangat penting.

Manfaat ini bisa diperoleh dari mineral, seperti magnesium, kalium, selenium, kalsium maupun natrium. Misalnya saja magnesium. Mineral ini bekerja dengan cara menstabilkan tekanan darah, sehingga mendukung kesehatan jantung.

Magnesium dapat menghindari Anda dari  gangguan jantung, seperti penyumbatan pada pembuluh arteri, kolesterol tinggi, aritmia, angina, hingga serangan jantung.

2. Menjaga kesehatan tulang dan otot

minum air putih sebelum tidur

Dampak mineral selanjutnya bagi tubuh adalah menjaga kesehatan tulang dan otot. Kalsium dan kalium merupakan mineral utama yang mendukung pemeliharaan tulang dan gigi.

Mineral tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan memperlambat hilangnya kepadatan tulang saat proses penuaan.

Selain baik untuk tulang, mineral juga merangsang otot untuk berkontraksi. Mineral menunjang protein untuk mengoptimalkan kerja otot, terutama ketika Anda melakukan aktivitas fisik. Ketika tubuh memperoleh kalsium sebagai mineral yang dibutuhkan, otot dapat berkontraksi dan rileks. 

3. Meningkatkan fungsi otak

kurang minum air putih bikin sulit fokus di kantor

Pernah mengantuk kemudian sulit berkonsentrasi, padahal ada deadline yang perlu dikejar? Menjaga keseimbangan mineral tubuh mampu meningkatkan fungsi otak.

Dampak mineral bagi tubuh adalah mencegah kelesuan dan kebingungan karena sulit berkonsentrasi. Keseimbangan mineral di dalam tubuh menjadi elemen penting agar otak tetap bekerja secara normal, sehingga Anda dapat berkonsentrasi saat bekerja.

4. Meningkatkan performa fisik

olahraga minum air kelapa manfaat

Ada banyak otot tubuh yang terlibat dalam kegiatan kita sehari-hari, seperti saat kita berkendara, berjalan, memasak, bekerja, ataupun berolahraga. Mineral dapat membantu gula darah bekerja pada otot.

Mineral, seperti magnesium juga dapat mengurangi dampak dari penumpukan asam laktat. Ketika otot lelah, asam laktat dapat menumpuk dan menyebabkan otot terasa sakit. Kandungan magnesium dalam makanan atau minuman dapat meredam otot sakit akibat penumpukan asam laktat.

Manfaat mineral bisa diperoleh dari konsumsi air mineral

Jika kegiatan harian Anda hingga hari ini berjalan lancar, salah satunya adalah berkat dampak pemenuhan mineral yang baik bagi tubuh. Manfaat mineral ini bisa diperoleh dari konsumsi air mineral. Tubuh membutuhkan minimal 8 gelas atau 2 liter air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan.

Kekurangan cairan tubuh dapat memicu sakit kepala pada sebagian orang. Disebutkan dalam Journal of Evolution in Clinical Practice, ketika sakit kepala menyerang, air mineral dapat meringankan gejala.

Tubuh setiap manusia terdiri dari 50%-60% air, maka dalam keseharian kita perlu menjaga cairan tubuh setiap hari. Ketika cairan tubuh tidak terpenuhi, kita menjadi dehidrasi, dan bisa berpengaruh pada kerja organ menjadi tidak optimal.

Pemenuhan cairan memberikan manfaat kesehatan tubuh secara menyeluruh. Termasuk meningkatkan fungsi otak, menghindari migrain, serta melancarkan metabolisme. Jadi penting untuk menjaga pemenuhan kebutuhan cairan tubuh setiap hari, agar kegiatan Anda tidak terganggu. 

Pemenuhan mineral di dalam tubuh dapat dimulai dengan pemilihan air mineral yang baik untuk diri Anda dan keluarga.

Cara memilih air mineral yang tepat untuk keluarga

tidak suka air putih

Melalui penjelasan di atas, Anda sudah tahu pentingnya dampak mineral bagi tubuh. Namun dalam memilih air mineral Anda juga harus berhati-hati karena nyatanya tidak semua air itu sama.

Untuk melindungi kesehatan Anda dan keluarga perlu dimulai dari awalnya. Dari memilih air mineral yang diambil dari sumber pegunungan alami yang keseimbangan lingkungan di sekitarnya juga terlindungi. 

Sumber air yang terlindungi akan menjaga kealamian mineral yang terkandung di dalam air tetap seimbang, sehingga bermanfaat untuk melindungi kesehatan. Dengan begitu, Anda dan keluarga dapat memperoleh dampak dari mengkonsumsi air mineral secara lebih optimal

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
Minum air mineral selama puasa dapat membantu kebutuhan cairan tubuh

Meski di Rumah Saja, Ini Pentingnya Minum yang Cukup Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 21 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor

Mengulik 5 Kandungan Mineral yang Istimewa untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27 Maret 2020 . Waktu baca 5 menit