4 Tips Atasi Masalah Seks Setelah Kanker Prostat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/11/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Perawatan kanker prostat seperti operasi, radioterapi, dan perawatan lain dapat memengaruhi performa seks pria. Setelah melakukan perawatan kanker prostat, gairah seksual pria biasanya menurun. Selain itu, pria menjadi sulit untuk ereksi (disfungsi ereksi), orgasme kering, atau jumlah sperma yang menurun. Namun, masalah seks setelah kanker prostat ini bisa dikelola dengan baik agar cinta dan gairah tetap menyala.

Mengatasi masalah seks setelah kanker prostat

setelah berhubungan seks, tidur lebih nyenyak

Perawatan kanker prostat memiliki efek samping yang berpengaruh pada kehidupan seks pria. Ini bisa diatasi dengan beberapa tips berikut.

1. Minum obat-obatan yang mendukung

Sejumlah strategi dapat membantu pria untuk mendapatkan kembali fungsi seksual normalnya, jika disfungsi ereksi disebabkan oleh pengobatan kanker prostat.

Obat-obatan minum seperti sildenafil (Viagra), avanafil (Spedra), tadalafil (Cialis), dan vardenafil (Levitra), dapat membantu pria untuk mendapatkan kembali fungsi seksual seperti semula. Obat lainnya termasuk krim yang langsung dimasukkan ke penis seperti alprostadil (Vitaros) dan alprostadil (dalam bentuk suntikan dan pelet).

Selain itu, terapi fisik juga memabantu mengembalikan performa seks setelah kanker prostat. Ini termasuk pompa vakum yang digunakan sebelum berhubungan untuk menarik darah ke penis dan implan ketika perawatan lain gagal.

2. Rehabilitasi

Rehabilitasi penis adalah cara untuk mengembalikan bentuk penis setelah operasi atau radiasi. Caranya yaitu dengan sering-sering berhubungan seks atau masturbasi.

Semakin sering ereksi, semakin tinggi kadar oksigen yang diantarkan menuju penis sehingga bisa memperbaiki aliran darah untuk menjaga penis tetap sehat.

3. Pola hidup sehat

Jika Anda merokok atau minum alkohol berlebihan, sebaiknya segera berhenti. Rokok dan alkohol akan membuat Anda sulit untuk mengalami ereksi.

Sebagai gantinya, perbanyak makan sayur dan buah-buahan karena dapat menurunkan risiko mengalami disfungsi ereksi. Selain itu, rutin senam Kegel juga dapat menguatkan otot-otot panggul. Membangun otot panggul juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengalami ereksi.

4. Bicarakan dengan pasangan Anda

Bicarakan dengan pasangan Anda tentang perubahan apa yang Anda rasakan setelah menjalani perawatan kanker prostat. Ini adalah cara terbaik untuk mengembalikan performa seks setelah kanker prostat.

Bicara yang jujur pada pasangan Anda tentang ketakutan dan harapan Anda saat berhubungan seks. Jangan menganggap pasangan Anda tahu bagaimana perasaan Anda.

Coba variasi seks yang lain, tak mesti seks dengan penetrasi. Anda bisa saling memberikan seks oral atau masturbasi bersama. Lakukan aktivitas seks lain yang membuat Anda dan pasangan sama-sama nyaman dan senang.

Anda juga dapat menggunakan bantuan vibrator di ujung penis Anda untuk merangsang saraf dan mengirim lebih banyak sinyal  ke otak.

Jika masih belum berhasil, terapis seks profesional dapat membantu Anda dan pasangan mencari cara untuk mengatasi berbagai masalah seks setelah kanker prostat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hubungan Seks Secara Rutin Bisa Mencegah Pikun, Benarkah?

Penelitian menemukan bahwa ubungan seks secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga membantu mencegah pikun. Mengapa demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 15/04/2020 . Waktu baca 5 menit

Benarkah Pria Tidak Subur atau Infertil Setelah Operasi Kanker Prostat?

Benarkah pria tidak subur atau infertil setelah operasi kanker prostat? Apakah jenis pengobatan lain dapat menghindari hal tersebut? Berikut jawabannya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kanker Prostat, Health Centers 01/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Jenis Pekerjaan Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

Anda tidak lagi bergairah saat melakukan hubungan seksual? Mungkin pekerjaan jadi faktornya. Berikut ini pekerjaan yang bisa menurunkan gairah seksual.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 10/03/2020 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Berpikiran Mesum Bisa Bikin Hidung Mimisan?

Dalam film anime Jepang, tokoh yang sedang terangsang akibat berpikiran mesum bisa tiba-tiba mimisan. Namun, bisakah ini terjadi dalam kehidupan nyata?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Seks & Asmara 05/01/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

prostatektomi

Mengenal Prostatektomi, Operasi untuk Masalah Penyakit Prostat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 7 menit
obat prostat di apotek

Obat-obatan yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Penyakit Prostat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 8 menit
nafsu seks ibu hamil

Kenali Perubahan Gairah Seks Ibu Hamil di Trimester Ketiga, Plus Tips Seks yang Aman

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Perubahan gairah seksual pasangan paruh baya

4 Perubahan Gairah Seksual yang Terjadi di Usia Paruh Baya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . Waktu baca 4 menit