4 Pertanyaan Tentang Seks yang Mungkin Malu Anda Tanyakan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12/04/2018 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Di Indonesia, seks masih merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan secara bebas. Inilah kadang yang membuat Anda tidak berani untuk menggali lebih jauh hal-hal yang berkaitan dengan hubungan intim.

Bahkan jika Anda bertanya dengan maksud untuk kesehatan sekalipun, menanyakan topik seputar seks dari yang remeh hingga yang serius bisa jadi membuat Anda malu. Oleh karena itu, akan ada beberapa pertanyaan yang mungkin pernah terlintas di kepala Anda tapi terlalu memalukan untuk ditanyakan.

Pertanyaan seputar hubungan intim yang sering kali malu ditanyakan

1. Amankah berhubungan seks ketika sedang menstruasi?

Tidak ada alasan medis yang mengatakan bahwa Anda tidak boleh melakukan hubungan intim ketika sedang menstruasi. Namun, seks saat mestruasi memang lebih rentan penyakit kelamin, terutama jika pasangan Anda memiliki salah satu penyakit menular seksual yang ditularkan melalui darah seperti HIV.

Anda juga harus menanyakan pasangan, apakah dia nyaman melakukan hubungan intim saat menstruasi atau tidak. Karena meski ada banyak perempuan yang menikmati hubungan seks saat menstruasi dan mungkin lebih bergairah dan sensitif, banyak perempuan yang tidak suka melakukan hal ini ketika sedang didatangi tamu bulanan.

2. Kenapa saya buang angin dari vagina saat berhubungan intim?

Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya ini adalah hal yang normal. Gas yang keluar dari area V, atau dikenal dengan sebutan vaginal flatulence adalah udara yang terperangkap dalam area V saat ada udara dari luar yang masuk ke dalam vagina dan keluar mendadak.

Posisi tertentu, seperti doggy style, memungkinkan hal ini terjadi. Jika bunyi dari gas yang terperangkap dalam vagina ini mengganggu Anda, coba lakukan gaya lain, seperti missionaris atau woman on top.

3. Amankah menukar posisi dari hubungan seks vagina lalu anal, atau sebaliknya?

Vagina sebenarnya rentan terkena kotoran. Karena itu saat membasuh vagina pun disarankan sebaiknya dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya, karena hal ini ditakutkan akan membawa bakteri dari kotoran di rektum terbawa ke liang vagina.

Sama seperti hal itu, saat akan menukar posisi, dari seks vaginal ke anal, atau dari vaginal ke oral, dan lainnya, disarankan untuk menyeka bersih penis, bagian tubuh yang berkenaan, atau mengganti kondom yang digunakan. Ini mencegah bakteri berpindah dari mulut, anus, atau vagina ke area tubuh lain yang bisa menyebabkan infeksi.

4. Normalkah membayangkan orang lain saat sedang berhubungan seks dengan pasangan?

Menurut sebuah survei yang dilakukan di Australia, sekitar 50 persen wanita dan 75 persen pria membayangkan hal lain saat berhubungan seks dengan pasangannya. Sebenarnya ini adalah hal yang normal untuk membuat diri terangsang dan menjaga kehidupan seks terus aktif, dan bukan berarti Anda tidak mencintai pasangan Anda.

Fantasi seks menjadi masalah ketika hal ini berpengaruh terhadap kemampuan Anda untuk terhubung dengan pasangan Anda di dunia nyata. Anda seharusnya tak harus selalu membayangkan orang lain untuk bisa mencapai orgasme. Cobalah berfokus pada pasangan, tatap matanya, sentuh wajahnya, pundak, atau bokongnya. Kontak-kontak semacam ini akan membuat Anda merasa lebih ‘terhubung’ saat berhubungan seks dengannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Seks BDSM Tidak Sama dengan Kekerasan Seksual

Meski identik dengan perilaku sadis dan rasa sakit, BDSM dan kekerasan seksual sebenarnya adalah dua hal yang sangat berbeda. Apa saja perbedaannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 19/02/2020 . 6 menit baca

Setelah Bertengkar Hebat, Dapatkah Seks Menyelesaikan Masalah?

Benarkah melakukan hubungan suami-istri setelah bertengkar itu termasuk seks terbaik? Lalu apakah masalahnya terselesaikan? Temukan jawabannya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Seks & Asmara 29/12/2019 . 4 menit baca

Alami 3 Tanda Ini, Itu Artinya Anda Terlalu Sering Masturbasi

Masturbasi membantu memuaskan keinginan seksual. Namun, bila terlalu sering dilakukan, masturbasi bisa menimbulkan tanda-tanda seperti berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Seks & Asmara 29/10/2019 . 4 menit baca

Cara Mencegah Tiba-tiba Kentut dari Vagina Saat Berhubungan Seks (Queefing)

Kentut bisa bunyi kapan saja, termasuk saat bercinta. Namun, kentut yang keluar dari tubuh wanita saat seks biasanya dari vagina. Lantas, bisakah dicegah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 22/10/2019 . 3 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

cara membersihkan vibrato mainan seks sex toys

Begini Cara yang Benar Membersihkan Vibrator

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020 . 4 menit baca
efek samping pakai vibrator terlalu sering

Kalau Terlalu Sering Pakai Vibrator, Apa Efek Samping yang Ditimbulkan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . 4 menit baca
seks memperlambat menopause

Rutin Berhubungan Seks Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020 . 4 menit baca

Berbagai Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Melakukan Aborsi Sendiri

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 01/04/2020 . 6 menit baca