Bahayanya Jika Fingering Vagina Tidak Cuci Tangan Dulu

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Fingering alias teknik memainkan jari di dalam lubang anus atau vagina dapat menjadi alternatif untuk menambah kenikmatan bercinta. Namun, sebelum sembarangan memasukkan jari ke dalam lubang organ intim pasangan, coba ingat-ingat dulu Anda sudah cuci tangan atau belum? Asal fingering  tapi tidak cuci tangan dulu dapat membahayakan kesehatan si dia, lho!

Fingering tidak cuci tangan dulu, ternyata berisiko buat kesehatan

tips fingering

Fingering sering dianggap sebagai bagian dari foreplay sebelum masuk ke babak penetrasi penis yang sesungguhnya. Tidak jarang juga teknik “main jari” justru menjadi andalan utama untuk membuat pasangan orgasme tanpa perlu penetrasi dalam.

Namun kadang, taktik permainan jari ini bisa langsung dikerahkan di awal tanpa memakai aba-aba atau persiapan yang matang. Salah satu faktor terbesarnya mungkin karena sudah sama-sama “kepalang basah”. Akibatnya, seringkali kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan tangan yang masih kotor.

Jika Anda tidak cuci tangan dulu, fingering dengan tangan kotor bisa berdampak pada kebersihan dan kesehatan organ intim; entah itu vagina atau dubur.

Jaringan kulit organ intim, entah itu dinding dalam vagina maupun kulit sekitar dubur, teksturnya tipis dan sangat sensitif. Seperti dilansir dari laman Teens Health, gesekan dan tekanan dari fingering itu sendiri saja sudah bisa menyebabkan iritasi pada organ intim.

Ketika dimasuki oleh tangan yang kotor, segala macam kuman yang tadinya bermukim di kulit telapak atau jari tangan tersebut dapat berpindah ke dalam lubang. Hal ini dapat memperbesar risiko iritasi dan bahkan infeksi.

Vagina wanita sebetulnya bisa membersihkan dirinya sendiri untuk mengusir kuman-kuman tersebut secara alami. Namun, proses pembersihan ini tidak sebentar.

Selama proses tersebut masih berlangsung, kuman yang masih tertinggal di dalam vagina tetap dapat merusak keseimbangan pH vagina. Hal ini kemudian yang meningkatkan potensi infeksi bakteri vagina (bacterial vaginosis), keluar keputihan tidak normal, vaginitis, dan infeksi serviks.

Kebalikannya, lubang anus tidak memiliki sistem pembersihan dan perlindungan otomatis seperti layaknya vagina. Maka itu, jika Anda melakukan fingering ke dalam anus tapi tidak cuci tangan dulu, risiko infeksi dapat meningkat lebih tinggi.

Ingat! Cuci tangan dulu sebelum fingering

cuci tangan

Kulit terdiri dari beberapa lapisan yaitu, stratum corneum, epidermis, dermis, dan hipodermis. Menurut sebuah artikel dari jurnal Treasure Island, biasanya bakteri “jinak” yang biasanya menempel di permukaan kulit tangan masih bisa dihilangkan dengan mencuci tangan pakai sabun biasa.

Maka meskipun Anda dan pasangan tidak melakukan penetrasi penis, setidaknya cobalah untuk saling mengingatkan agar selalu mencuci tangan sebelum fingering. Hal ini bertujuan untuk mengurangi perpindahan bakteri dari jari pasangan Anda ke organ intim yang bisa menyebabkan iritasi. 

Cara mencuci tangan dengan benar

cuci tangan sebelum seks

Setelah mengetahui apa efeknya jika fingering dilakukan tanpa mencuci tangan dan mengapa hal tersebut sangat penting, pahami bagaimana cara mencuci tangan dengan benar. 

  • Basahi kedua tangan dengan air mengalir, matikan keran, dan tuangkan sabun ke tangan.
  • Gosokkan kedua tangan dan pastikan sela-sela jari dan punggung tangan juga digosok. 
  • Lakukan gerakan tersebut selama 20 detik. 
  • Bilas kedua tangan dengan air bersih yang mengalir. 
  • Jangan lupa keringkan tangan Anda dengan handuk atau dengan diangin-anginkan. 
  • Bila memungkinkan, matikan keran dengan siku atau menggunakan tisu. 

Membiasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah fingering dapat mengurangi jumlah kuman yang ada di tangan. Dengan begitu, Anda dan pasangan bisa meminimalisir risiko terkena infeksi ata penyakit kelamin akibat perpindahan bakteri pada organ intim. 

Fingering memang termasuk kegiatan seksual yang minim risiko. Namun, Anda tidak cuci tangan dan langsung sembrono melakukan fingering, hal tersebut tentu bisa memengaruhi kesehatan dan kebersihan organ intim pasangan. Maka itu, biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Cara Mudah Mengatasi Vagina yang Terasa Panas Seperti Terbakar

Vagina yang terasa panas memang mengganggu aktivitas. Supaya tidak mengganggu hari-hari Anda, ada beberapa cara untuk mengatasi rasa panas pada vagina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 22 November 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Vagina, Selain Setelah Buang Air

Psttt.. Tidak cukup membersihkan vagina setelah kencing dan BAB saja. Ini dia tiga waktu yang tepat untuk kapan saja harus membersihkan vagina.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 14 September 2019 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Perlu Fingering Sebelum Seks Anal?

Tergoda mencoba seks anal? Tunggu dulu. Jangan sampai Anda melewatkan sesi fingering, alias memasukkan jari ke dubur (anus) sebelum mulai seks anal.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 5 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Keracunan Bakteri Salmonella (Plus Tips Mencegahnya)

Keracunan bakteri Salmonella dari makanan membuat perut mual, muntah, hingga diare. Jangan dibiarkan terlalu lama, begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Tips Sehat 13 Februari 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kebiasaan mencuci tangan covid-19

Seperti Apa Kebiasaan Mencuci Tangan di Masa Pandemi COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
anak cuci tangan

Berapa Kali Si Kecil Sebaiknya Cuci Tangan dengan Sabun dan Air dalam Sehari?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 5 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
tips menjaga kesehatan anak

Tetap Sehat Walau Si Kecil Suka Main Kotor-kotoran, Ini Tipsnya!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 1 April 2020 . Waktu baca 4 menit
terlalu sering mencuci tangan

Mencuci Tangan Memang Baik, Tapi Ini Akibatnya Bila Terlalu Sering Dilakukan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 12 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit