Memahami Bagaimana Kanker Prostat Mengubah Kehidupan Seks Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kanker prostat adalah pertumbuhan sel tidak normal yang berlebih pada kelenjar prostat. Kanker ini merupakan salah satu jenis kanker pada laki-laki yang sering terjadi. Efek kanker prostat biasanya paling terasa saat buang air kecil. Di samping itu, aktivitas seksual Anda juga bisa berubah sebagai salah satu efek kanker prostat.

Jika kanker bisa dideteksi sedini mungkin (saat kanker masih terbatas di kelenjar prostat) keberhasilan pengobatan akan lebih tinggi. Akan tetapi, masih ada hal lain yang menghantui pria mengenai kanker prostat dan banyak dari beberapa pria yang kehidupan seksnya terganggu. Seperti apa efek kanker prostat terhadap kehidupan seks seseorang? Cari tahu penjelasannya di bawah ini.   

Efek kanker prostat terhadap gairah seks pria

Kanker prostat nyatanya memang bisa memengaruhi seks pria. Hal ini terjadi ketika kanker mulai diobati dan pria mendapatkan perawatan pengobatan tertentu, yang mungkin bisa menyebabkan gairah seks yang memadam.

Umumnya, terapi hormon yang digunakan untuk mengobati kanker prostat juga bisa memengaruhi libido atau nafsu seks pria. Agar kanker tidak tumbuh lebih ganas lagi, perawatan ini juga akan menurunkan kadar testosteron di tubuh Anda.

Pada kenyatannya, pria membutuhkan testosteron untuk memiliki dorongan seksual yang sehat. Terapi hormon juga dapat memengaruhi berat badan, atau bertambah gemuk atau menyebabkan jaringan payudara pria membesar.

Jika tingkat hormon Anda rendah, dokter mungkin meresepkan terapi pengganti testosteron untuk mengembalikannya ke kadar yang normal. Namun, kembali lagi hal ini tergantung pada rencana pengobatan kanker Anda secara keseluruhan.

Bagaimana pengobatan kanker prostat memengaruhi seks pria?

Salah satu efek kanker prostat yang tidak terduga yaitu beberapa pria merasa dan melihat bahwa penis mereka ukurannya jadi sedikit lebih kecil.

Hal ini juga diakui dalam sebuah penelitian tahun 2013. Penelitian tersebut menyatakan kalau sekitar tiga persen pasien kanker prostat melaporkan bahwa ukuran penis mereka mengecil setelah melakukan prostatektomi radikal atau radiasi plus terapi hormon. Para pasien juga mengeluh dan menyatakan kalau penis mereka yang mengecil bisa memengaruhi hubungan dan kepuasan seks yang mereka lakukan.  

Jika Anda khawatir dengan efek samping ini, tanyakan kepada dokter mengenai obat untuk disfungsi ereksi, contohnya seperti viagra. Obat ini akan meningkatkan aliran darah ke arah penis, sehingga bisa mencegah ukuran penis yang mengecil ketika ereksi. Mereka juga akan membantu memperoleh dan mempertahankan ereksi Anda saat berhubungan seks.

apa itu seks tantra

Bicarakan dengan pasangan soal efek kanker prostat terhadap seks

Karena memang ada efek pengobatan kanker prostat terhadap kehidupan seks Anda, ada baiknya Anda membicarakan atau bersikap terbuka pada pasangan. Hal ini memang tidak mudah, tapi Anda bisa mencoba dengan beberapa tips berikut ini.

  1. Coba bawa pasangan Anda saat berkunjung ke dokter. Biarkan pasangan Anda menjadi bagian dari percakapan konsultasi Anda dengan dokter. Dengan demikian, pasangan Anda jadi lebih paham dan terbuka soal masalah seksual pasca divonis kanker prostat.
  2. Minta bantuan pada terapis seks atau konselor pernikahan untuk mengatasi masalah seks sembari melakukan pengobatan kanker prostat yang Anda jalani.
  3. Anda masih bisa dan dianjurkan untuk berhubungan intim dengan pasangan melalui cara lain (tanpa penetrasi seksual). Misalnya dengan berpelukan di tempat tidur, memberikan stimulasi alat kelamin dengan tangan (handjob), berciuman, dan saling memijat.

Baca Juga:

Sumber