Kanker adalah salah satu penyakit yang paling sering menyebabkan kematian. Ada sejumlah besar gejala kanker, dan sayangnya kebanyakan di antaranya terlambat dikenali karena banyak orang meremehkan dan menganggapnya tidak serius. Gejala yang diabaikan ini membuat kebanyakan penderita kanker baru didiagnosis setelah kankernya sudah parah atau telanjur menyebar, sehingga kemungkinan untuk sembuh pun makin kecil.

Apa saja gejala kanker yang sering diabaikan?

1. Batuk atau sesak yang berkepanjangan

Kebanyakan batuk bukanlah masalah besar, tetapi jika Anda menderita batuk berkepanjangan (tak sembuh-sembuh), sesak napas, atau batuk yang disertai dengan darah, ini bisa berbahaya karena menunjukkan bahwa paru-paru Anda bermasalah. Dalam skenario terburuk, yang Anda alami bisa jadi kanker paru.

Maka dari itu, bila Anda terkena batuk yang berkepanjangan, pergilah ke pusat kesehatan untuk melakukan X-ray atau CT scan dada.

2. Perubahan tidak lazim pada kebiasaan buang air besar

Saat feses Anda tiba-tiba mengalami perubahan ukuran atau warna (misalnya berdarah), atau Anda menjadi sangat sulit untuk buang air besar (sembelit) atau justru malah diare terus menerus, ini bisa menjadi gejala kanker usus besar. Kemungkinan ada massa atau tumor yang tumbuh di usus besar dan menyumbat jalan keluar feses. Dalam kasus ini, diperlukan kolonoskopi untuk mencari tahu penyebab mendasarnya.

3. Perubahan tetap pada kebiasaan buang air kecil

Ada kalanya seseorang bisa mendapati darah di urin mereka. Ini bisa menjadi tanda infeksi saluran kencing atau yang lebih parah, gejala kanker kandung kemih atau kanker ginjal. Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami kondisi berbahaya ini.

4. Rasa sakit tanpa sebab

Kebanyakan rasa sakit bukanlah masalah serius jika itu merupakan indikasi dari cedera fisik. Namun, rasa sakit yang tetap namun tanpa sebab adalah lain cerita. Tergantung pada lokasi rasa sakitnya, ada berbagai macam jenis kanker. Sakit kepala yang tak kunjung sembuh meski sudah menjalani pengobatan bisa menjadi gejala kanker otak.

5. Perubahan tidak lazim pada tahi lalat

Jika Anda menyadari adanya perubahan tidak lazim pada tahi lalat Anda, seperti kemerahan, gatal, atau nyeri, pergilah ke dokter spesialis untuk memeriksakannya karena kemungkinan ini adalah gejala kanker kulit.

6. Perdarahan tidak lazim

Perdarahan tidak lazim bisa mengindikasikan kemungkinan bahwa Anda memiliki kanker. Perdarahan vagina di luar menstruasi bisa menjadi tanda kanker endometrium dan kanker serviks. Perdarahan setelah hubungan seksual melalui vagina pun bisa menjadi tanda kanker serviks.

7. Benjolan yang tidak lazim

Benjolan di payudara yang tumbuh cepat dalam waktu singkat merupakan tanda kanker payudara. Maka dari itu, jika Anda menemukan benjolan baru atau benjolan yang mengalami perubahan di tubuh Anda, periksakan ke dokter sesegera mungkin.

8. Penurunan berat badan tanpa sebab

Jika Anda tidak menjalani diet penurunan berat badan tetapi berat badan Anda terus berkurang, ini sangatlah berbahaya karena bisa menunjukkan bahwa kemungkinan Anda memiliki tumor atau kanker.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca