backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Ragam Obat Herbal dan Pengobatan Alternatif untuk Kanker Pankreas

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Annisa Hapsari · Tanggal diperbarui 30/06/2021

Ragam Obat Herbal dan Pengobatan Alternatif untuk Kanker Pankreas

Obat herbal merupakan salah satu jenis pengobatan untuk berbagai penyakit, termasuk pengobatan kanker. Bahkan, tidak sedikit orang yang menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kanker, termasuk kanker pankreas. Simak penjelasan mengenai berbagai bahan alami untuk obat herbal kanker pankreas dan pengobatan alternatif lainnya.

Pilihan obat herbal untuk kanker pankreas

Berikut adalah beberapa jenis bahan herbal yang bisa Anda konsumsi untuk membantu pengobatan kanker pankreas, seperti:

1. Pare

Tumbuhan yang memiliki nama latin Momordica charantia ini merupakan salah satu bahan alami yang berpotensi dapat menjadi pilihan obat herbal untuk kanker pankreas.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda bisa mengonsumsi buah pare dengan cara dibuat menjadi jus buah. Nah, jus buah pare bisa membantu melumpuhkan sel kanker pankreas.

Seiring waktu, sel kanker akan kehilangan sumber energi dan perlahan akan mati. Nah, selain dapat menjadi obat herbal kanker pankreas, bahan alami ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi pankreas.

Alhasil, tak hanya sekadar untuk membantu mengatasi kanker pankreas, pare juga bisa membantu pasien diabetes dengan gangguan fungsi pankreas.

2. Kurkumin

Kurkumin adalah senyawa alami yang dapat Anda temukan dalam kunyit. Senyawa ini ternyata memiliki khasiat dalam pengobatan kanker, termasuk kanker pada pankreas.

Kurkumin merupakan senyawa polifenol yang dapat memberikan efek antikanker saat dikonsumsi. Senyawa pada kunyit ini bisa membunuh sel kanker tanpa harus membunuh sel-sel normal yang terdapat di sekitarnya.

Bahkan, para ahli menduga bahwa kemampuan kurkumin sebagai obat herbal dapat melebihi manfaat kemoterapi dalam mengatasi penyakit kanker.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya menggunakan kunyit ke dalam berbagai menu masakan harian. Tak hanya itu, Anda bisa menambahkan kunyit yang mengandung kurkumin ke dalam teh sebelum mengonsumsinya.

3. Biji anggur

Sebuah penelitian pada tahun 2019 menyatakan bahwa biji dari buah anggur dapat memberikan efek antikanker dan membantu mengatasi penyakit kanker pankreas.

Ini tandanya, biji dari buah ini bisa menjadi obat herbal untuk kanker pankreas. Biji buah anggur mengandung senyawa phytochemical yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan pencegahan kanker.

Namun tak hanya itu, senyawa lain dari biji buah ini juga dapat membantu mengatasi kanker. Sebagai contoh, senyawa proanthocyanidins yang terdapat dalam biji buah anggur.

Rupanya, senyawa tersebut diduga dapat menghentikan penyebaran sel-sel kanker, termasuk pada penderita kanker pankreas. Selain itu, biji buang anggur juga dapat menghambat pembentukan tumor.

Pilihan pengobatan alternatif lain untuk kanker pankreas

Nah, selain menggunakan obat herbal sebagai pengobatan kanker pankreas, sebenarnya ada banyak pilihan pengobatan alternatif lain yang juga bisa Anda coba.

1. Akupunktur

Akupunktur adalah salah satu metode pengobatan alternatif yang bisa Anda lakukan sebagai pengobatan kanker pankreas selain menggunakan obat herbal.

Secara umum, pengobatan alternatif ini dapat membantu mengurangi efek samping dari pengobatan, seperti efek samping kemoterapi. Biasanya, metode ini bisa meredakan mual, rasa sakit, lemas, dan neuropati.

Namun, metode ini sebenarnya tidak selalu cocok untuk semua individu. Jika sudah rutin melakukan akupuntur dan tidak mendapatkan perubahan atas kondisi kesehatan Anda, mungkin metode ini tidak sesuai.

2. Suplemen makanan

Sebenarnya, mengonsumsi suplemen makanan tidak akan sepenuhnya membantu Anda mengatasi kanker pankreas layaknya obat herbal. Namun, suplemen makan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Ya, umumnya, penderita kanker pankreas tidak dapat mencerna makanan dengan baik, sehingga vitamin dan mineral tak bisa terserap sepenuhnya. Biasanya, tim medis akan merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi suplemen makanan.

Akan tetapi, hindari mengonsumsi terlalu banyak dengan dosis yang tinggi. Selain itu, hindari mengonsumsi suplemen tanpa sepengetahuan dokter Anda. Pasalnya, hal ini mungkin dapat memengaruhi kerja obat lain yang Anda konsumsi.

Untuk mengonsumsi suplemen ini, ikuti rekomendasi dari dokter atau baca petunjuk pada bungkus suplemen mengenai petunjuk penggunaan.

3. Terapi pijat

Percaya atau tidak, untuk mengurangi atau meredakan gejala kanker pankreas, Anda bisa menjalani terapi pijat. Terapi ini bisa memberikan efek relaksasi dan mengurangi rasa sakit, lelah, dan cemas akibat penyakit ini.

Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati jika hendak melakukan terapi ini. Pasalnya, Anda tidak boleh memijat area tubuh yang terdampak oleh kanker, seperti area perut dan punggung bagian atas.

Ada beberapa jenis terapi pijat yang bisa Anda ikuti, misalnya, terapi refleksiologi, yaitu jenis terapi pijat dengan melakukan penekanan pada beberapa titik tangan dan kaki.

Jenis terapi pijat ini dapat membantu meredakan rasa sakit pada bagian tubuh. Sementara, ada pula terapi pijat menggunakan minyak esensial, seperti minyak lavender, untuk terapi pijat.

4. Terapi relaksasi

Terapi yang satu ini juga hampir sama dengan terapi pijat. Meski tidak bisa menyembuhkan Anda dari penyakit ini layaknya penggunaan obat herbal untuk kanker pankreas, terapi ini dapat membantu meredakan gejala penyakit.

Terapi relaksasi, seperti meditasi, praktik mindfulnessdan hipnoterapi bisa Anda lakukan untuk membantu tubuh lebih rileks dan tenang. Dengan menjalani terapi ini, Anda bisa lebih tenang menghadapi dan mengatasi penyakit kanker pankreas.

Tak hanya itu, Anda bisa mengubah pola pikir Anda terhadap penyakit, sehingga tidak perlu stres dan terlalu khawatir dengan kondisi kesehatan saat ini. Pasalnya, semakin banyak beban pikiran, akan semakin besar risikonya dalam memberikan dampak terhadap kesehatan fisik.

Nah, setiap hendak menjalani pengobatan untuk kanker pankreas, baik saat menggunakan obat herbal maupun menerapkan pengobatan alternatif, Anda sebaiknya selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Tania Savitri

General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Annisa Hapsari · Tanggal diperbarui 30/06/2021

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan