home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ragam Obat Herbal dan Pengobatan Alternatif untuk Kanker Pankreas

Ragam Obat Herbal dan Pengobatan Alternatif untuk Kanker Pankreas

Obat herbal merupakan salah satu jenis pengobatan untuk berbagai penyakit, termasuk pengobatan kanker. Bahkan, tidak sedikit orang yang menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kanker, termasuk kanker pankreas. Simak penjelasan mengenai berbagai bahan alami untuk obat herbal kanker pankreas dan pengobatan alternatif lainnya.

Pilihan obat herbal untuk kanker pankreas

Berikut adalah beberapa jenis bahan herbal yang bisa Anda konsumsi untuk membantu pengobatan kanker pankreas, seperti:

1. Pare

Tumbuhan yang memiliki nama latin Momordica charantia ini merupakan salah satu bahan alami yang berpotensi dapat menjadi pilihan obat herbal untuk kanker pankreas.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda bisa mengonsumsi buah pare dengan cara dibuat menjadi jus buah. Nah, jus buah pare bisa membantu melumpuhkan sel kanker pankreas.

Seiring waktu, sel kanker akan kehilangan sumber energi dan perlahan akan mati. Nah, selain dapat menjadi obat herbal kanker pankreas, bahan alami ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi pankreas.

Alhasil, tak hanya sekadar untuk membantu mengatasi kanker pankreas, pare juga bisa membantu pasien diabetes dengan gangguan fungsi pankreas.

2. Kurkumin

Kurkumin adalah senyawa alami yang dapat Anda temukan dalam kunyit. Senyawa ini ternyata memiliki khasiat dalam pengobatan kanker, termasuk kanker pada pankreas.

Kurkumin merupakan senyawa polifenol yang dapat memberikan efek antikanker saat dikonsumsi. Senyawa pada kunyit ini bisa membunuh sel kanker tanpa harus membunuh sel-sel normal yang terdapat di sekitarnya.

Bahkan, para ahli menduga bahwa kemampuan kurkumin sebagai obat herbal dapat melebihi manfaat kemoterapi dalam mengatasi penyakit kanker.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya menggunakan kunyit ke dalam berbagai menu masakan harian. Tak hanya itu, Anda bisa menambahkan kunyit yang mengandung kurkumin ke dalam teh sebelum mengonsumsinya.

3. Biji anggur

Sebuah penelitian pada tahun 2019 menyatakan bahwa biji dari buah anggur dapat memberikan efek antikanker dan membantu mengatasi penyakit kanker pankreas.

Ini tandanya, biji dari buah ini bisa menjadi obat herbal untuk kanker pankreas. Biji buah anggur mengandung senyawa phytochemical yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan pencegahan kanker.

Namun tak hanya itu, senyawa lain dari biji buah ini juga dapat membantu mengatasi kanker. Sebagai contoh, senyawa proanthocyanidins yang terdapat dalam biji buah anggur.

Rupanya, senyawa tersebut diduga dapat menghentikan penyebaran sel-sel kanker, termasuk pada penderita kanker pankreas. Selain itu, biji buang anggur juga dapat menghambat pembentukan tumor.

Pilihan pengobatan alternatif lain untuk kanker pankreas

Nah, selain menggunakan obat herbal sebagai pengobatan kanker pankreas, sebenarnya ada banyak pilihan pengobatan alternatif lain yang juga bisa Anda coba.

1. Akupunktur

Akupunktur adalah salah satu metode pengobatan alternatif yang bisa Anda lakukan sebagai pengobatan kanker pankreas selain menggunakan obat herbal.

Secara umum, pengobatan alternatif ini dapat membantu mengurangi efek samping dari pengobatan, seperti efek samping kemoterapi. Biasanya, metode ini bisa meredakan mual, rasa sakit, lemas, dan neuropati.

Namun, metode ini sebenarnya tidak selalu cocok untuk semua individu. Jika sudah rutin melakukan akupuntur dan tidak mendapatkan perubahan atas kondisi kesehatan Anda, mungkin metode ini tidak sesuai.

2. Suplemen makanan

Sebenarnya, mengonsumsi suplemen makanan tidak akan sepenuhnya membantu Anda mengatasi kanker pankreas layaknya obat herbal. Namun, suplemen makan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Ya, umumnya, penderita kanker pankreas tidak dapat mencerna makanan dengan baik, sehingga vitamin dan mineral tak bisa terserap sepenuhnya. Biasanya, tim medis akan merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi suplemen makanan.

Akan tetapi, hindari mengonsumsi terlalu banyak dengan dosis yang tinggi. Selain itu, hindari mengonsumsi suplemen tanpa sepengetahuan dokter Anda. Pasalnya, hal ini mungkin dapat memengaruhi kerja obat lain yang Anda konsumsi.

Untuk mengonsumsi suplemen ini, ikuti rekomendasi dari dokter atau baca petunjuk pada bungkus suplemen mengenai petunjuk penggunaan.

3. Terapi pijat

Percaya atau tidak, untuk mengurangi atau meredakan gejala kanker pankreas, Anda bisa menjalani terapi pijat. Terapi ini bisa memberikan efek relaksasi dan mengurangi rasa sakit, lelah, dan cemas akibat penyakit ini.

Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati jika hendak melakukan terapi ini. Pasalnya, Anda tidak boleh memijat area tubuh yang terdampak oleh kanker, seperti area perut dan punggung bagian atas.

Ada beberapa jenis terapi pijat yang bisa Anda ikuti, misalnya, terapi refleksiologi, yaitu jenis terapi pijat dengan melakukan penekanan pada beberapa titik tangan dan kaki.

Jenis terapi pijat ini dapat membantu meredakan rasa sakit pada bagian tubuh. Sementara, ada pula terapi pijat menggunakan minyak esensial, seperti minyak lavender, untuk terapi pijat.

4. Terapi relaksasi

Terapi yang satu ini juga hampir sama dengan terapi pijat. Meski tidak bisa menyembuhkan Anda dari penyakit ini layaknya penggunaan obat herbal untuk kanker pankreas, terapi ini dapat membantu meredakan gejala penyakit.

Terapi relaksasi, seperti meditasi, praktik mindfulness, dan hipnoterapi bisa Anda lakukan untuk membantu tubuh lebih rileks dan tenang. Dengan menjalani terapi ini, Anda bisa lebih tenang menghadapi dan mengatasi penyakit kanker pankreas.

Tak hanya itu, Anda bisa mengubah pola pikir Anda terhadap penyakit, sehingga tidak perlu stres dan terlalu khawatir dengan kondisi kesehatan saat ini. Pasalnya, semakin banyak beban pikiran, akan semakin besar risikonya dalam memberikan dampak terhadap kesehatan fisik.

Nah, setiap hendak menjalani pengobatan untuk kanker pankreas, baik saat menggunakan obat herbal maupun menerapkan pengobatan alternatif, Anda sebaiknya selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Wang, W., Zhan, L., Guo, D., Xiang, Y., Tian, M., Zhang, Y., Wu, H., Wei, Y., Ma, G., & Han, Z. (2019). Grape seed proanthocyanidins inhibit proliferation of pancreatic cancer cells by modulating microRNA expression. Oncology letters17(3), 2777–2787. https://doi.org/10.3892/ol.2019.9887

Prasad, R., Vaid, M., & Katiyar, S. K. (2012). Grape proanthocyanidin inhibit pancreatic cancer cell growth in vitro and in vivo through induction of apoptosis and by targeting the PI3K/Akt pathway. PloS one7(8), e43064. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0043064

Bimonte, S., Barbieri, A., Leongito, M., Piccirillo, M., Giudice, A., Pivonello, C., de Angelis, C., Granata, V., Palaia, R., & Izzo, F. (2016). Curcumin AntiCancer Studies in Pancreatic Cancer. Nutrients8(7), 433. https://doi.org/10.3390/nu8070433

Somasagara, R. R., Deep, G., Shrotriya, S., Patel, M., Agarwal, C., & Agarwal, R. (2015). Bitter melon juice targets molecular mechanisms underlying gemcitabine resistance in pancreatic cancer cells. International journal of oncology46(4), 1849–1857. https://doi.org/10.3892/ijo.2015.2885

Momordica Charantia (Bitter Melon) Juice Shows Promise with Pancreatic Cancer Cells and in Mice. Retrieved 3 June 2021, from https://pancreatica.org/momordica-charantia-bitter-melon-juice-shows-promise-with-pancreatic-cancer-cells-and-in-mice

Integrative, Complementary, or Alternative Medicine. Retrieved 3 June 2021 from https://www.pancan.org/facing-pancreatic-cancer/treatment/treatment-types/integrative-complementary-alternative-medicine/

Herbal Medicine. Retrieved 3 June 2021, from https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/cancer-in-general/treatment/complementary-alternative-therapies/individual-therapies/herbal-medicine

Treating Pancreatic Cancer. Retrieved 3 June 2021, from https://www.cancer.org/cancer/pancreatic-cancer/treating.html

Complementary Therapies. Retrieved 3 June 2021, from https://www.pancreaticcancer.org.uk/information/daily-life-with-pancreatic-cancer/complementary-therapies-for-pancreatic-cancer/

Complementary Pancreatic Cancer Therapies. Retrieved 3 June 2021, from https://pancreasfoundation.org/patient-information/pancreatic-cancer/complimentary-pancreatic-cancer-therapies/

Acupuncture for Pancreatic Cancer. Retrieved 3 June 2021, from https://www.pancan.org/news/acupuncture-for-pancreatic-cancer-patients

Lu, W., Dean-Clower, E., Doherty-Gilman, A., & Rosenthal, D. S. (2008). The value of acupuncture in cancer care. Hematology/oncology clinics of North America22(4), 631–viii. https://doi.org/10.1016/j.hoc.2008.04.005

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 30/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x