Masturbasi yang Sehat Itu Idealnya Berapa Kali Dalam Seminggu?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Merangsang organ genital sendiri alias masturbasi mungkin banyak dilakukan oleh sebagian orang. Meski begitu, banyak orang yang masih bertanya-tanya tentang berapa kali idealnya masturbasi dalam satu minggu. Katanya, sering masturbasi juga akan berdampak buruk bagi kesehatan organ genital. Lantas, berapa kali masturbasi yang sehat?

Sebaiknya berapa kali masturbasi dalam seminggu?

Tidak ada yang jumlah ideal berapa kali masturbasi yang sehat harus dilakukan dalam sehari atau bahkan seminggu. Jadi, memang Anda yang bisa menentukan kapan dan berapa kali masturbasi yang dilakukan dalam sehari atau seminggu.

Sebaiknya, sesuaikan frekuensi masturbasi dengan gaya hidup Anda saat ini. Jangan sampai aktivitas seks ini justru mengganggu hubungan Anda dengan pasangan, misalnya jadi jarang berhubungan seks atau tidak bergairah.

Bila terlalu sering dan cenderung kecanduan, lebih baik diskusikan hal ini pada ahli terapi seks. Pasalnya, kecanduan masturbasi dapat memengaruhi pola hidup Anda, tak hanya hubungan dengan pasangan.

Daripada terlalu sering mastrubasi, Anda bisa mengalihkan pikiran ke hal-hal lain, seperti olahraga, pekerjaan, atau hobi. Ini akan memastikan bahwa Anda menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

Masturbasi bisa menurunkan risiko kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa masturbasi secara teratur sebenarnya dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Urology melaporkan bahwa pria yang mencapai klimaks 21 kali atau lebih per bulan dapat menurunkan peluang dari kanker prostat.

Meski memang harus diteliti lebih lanjut, aktif secara seksual nyatanya dapat menurunkan risiko kanker pada pria.

Namun, bukan berarti melakukan masturbasi adalah cara terbaik untuk mencegah kanker prostat. Diet sehat, olahraga, dan pemeriksaan rutin dengan dokter adalah cara paling tepat untuk mengurangi risiko kanker prostat, dan disarankan agar Anda menggabungkan semua ini untuk menjadi lebih sehat.

Terlalu sering masturbasi juga tidak baik

Walaupun dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria, terlalu sering merangsang organ genital sendiri juga kurang baik bagi kesehatan.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa aktivitas seks ini bisa berdampak pada kehidupan  Anda, misalnya jadi melewatkan banyak tanggung jawab sampai menjadi faktor kandasnya hubungan asmara.

Ya, meskipun dampak tersebut agak jarang terjadi, tapi sangat mungkin Anda jadi kecanduan masturbasi. Hal ini yang harus Anda waspadai dan hindari.

Beberapa orang mungkin akan mengalami perasaan tidak enak hingga stres akibat terlalu sering masturbasi, kondisi ini lama-kelamaan akan membuat Anda stres bahkan depresi. Jika perlu, Anda bisa konsultasi dengan ahli seks atau melakukan terapi seks.

Memang, tidak ada ketentuan atau patokan seberapa sering masturbasi yang sehat dalam seminggu, tergantung gaya hidup dan kondisi Anda masing-masing.

Supaya tak terpaku dengan kegiatan ini, Anda juga bisa mengalihkan pikiran dengan melakukan hal-hal positif seperti berolahraga rutin dan menerapkan diet yang sehat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 31, 2018 | Terakhir Diedit: Agustus 15, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca