3 Metode Relaksasi yang Murah Meriah dan Ampuh Usir Stres

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Padatnya kesibukan sehari-hari, entah itu seputar pekerjaan di kantor, percintaan, atau masalah sekolah, tak ayal dapat membuat stres. Jika tidak ditangani, stres dapat mengancam kesehatan Anda. Stres berat dapat menyebabkan gigi ompong, kebotakan, hingga penyakit fisik dan masalah kejiwaan serius. Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan menenangkan diri lewat metode relaksasi. Berikut tiga metode relaksasi diri yang terbukti efektif untuk menghilangkan stres yang bisa Anda contek di rumah.

Berbagai cara menghilangkan stres yang murah meriah

1. Latihan pernapasan

Ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan dari latihan pernapasan dalam sebagai cara menghilangkan stres yang tepat. Oksigen yang masuk menggantikan karbon dioksida yang keluar saat kita bernapas dalam-dalam membawa segudang manfaat bagi sistem tubuh. Mengendalikan pernapasan dilaporkan bisa memperlambat detak jantung dan menurunkan atau menstabilkan tekanan darah. Hal ini telah dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

mengatasi stres dengan bernapas dalam

Caranya: Temukan tempat yang sepi dan nyaman untuk duduk atau berbaring. Setelahnya, coba untuk bernapas normal seperti biasanya dan letakkan tangan di atas perut. Kemudian ambil napas dengan perlahan lewat hidung, biarkan dada dan perut bawah Anda mengembang sampai Anda merasa tangan Anda ikut naik. Biarkan perut Anda mengembang hingga mencapai kapasitas paling maksimalnya. Tahan napas Anda selama beberapa menit, dan kemudian buang napas perlahan lewat mulut (atau bisa lewat hidung jika Anda merasa ini yang lebih nyaman). Anda seharusnya juga akan merasa tangan Anda ikut perlahan turun. Ulangi selama beberapa menit.

Dengan mengendalikan pernapasan, Anda jadi memusatkan pikiran pada pernapasan yang lambat dan dalam sehingga membantu Anda melepaskan diri dari pikiran dan sensasi yang memicu stres. Bernapas dalam-dalam bisa menenangkan saraf di otak. Inilah alasan lain mengapa menarik napas dalam bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi stres.

2. Meditasi

Meditasi adalah cara relaksasi yang sudah dipercaya selama berabad-abad untuk membuat seseorang merasa lebih relaks dan segar. Manfaatnya sebagai cara menghilangkan stres yang efektif pun telah dibuktikan oleh banyak studi ilmiah.

Meditasi yang benar adalah bukan mengosongkan pikiran, tetapi lebih kepada memfokuskan pikiran pada latihan pernapasan seperti di atas. Selama meditasi Anda juga harus menghitung interval pernapasan, kapan Anda harus menghirup udara, kapan harus menahan napas, dan kapan harus mengembuskan napas. Anda juga bisa mengatur sendiri berapa lama waktu Anda bermeditasi, misalnya lima hingga sepuluh menit sampai tubuh dan pikiran rileks dengan sendirinya.

manfaat meditasi zen

Kunci dari meditasi ini adalah ‘tidak berpikir apa-apa’, hanya fokus pada saat meditasi itu saja. Anda bisa mulai dengan duduk bersila. Letakkan tangan kiri Anda di atas tangan kanan, dengan telapak tangan menghadap ke langit. Buat bentuk oval dengan kedua ibu jari tangan saling menyentuh.

Selanjutnya, ikuti langkah teknik pernapasan seperti poin 1 di atas, sambil mengosongkan pikiran. Fokuskan pikiran Anda untuk membayangkan hal-hal positif yang membuat anda tenang dan bahagia. Ketika Anda mendapati diri Anda kembali memikirkan hal yang membuat stress sesuatu, cobalah untuk kembali berkonsentrasi. Terus bermeditasi sampai Anda merasa rileks.

3. Tertawa

Tertawa adalah cara menghilangkan stress yang alami. Pasalnya, tertawa bermanfaat untuk melepaskan ketegangan pada tubuh dan membuat pikiran Anda lebih plong.

Tertawa dapat mengurangi pelepasan hormon kortisol dan adrenalin, dua hormon pemicu stres, dan menggantinya dengan hormon endorfin yang membuat Anda bahagia. Tertawa juga dapat melatih diafragma, kontraksi perut hingga bahu. Setelah melakukannya, Anda akan merasa bagian-bagian tersebut menegang kemudian menjadi lebih rileks.

Anda bisa meluangkan waktu untuk menonton film lucu, membaca cerita humor, ataupun berkumpul dengan teman-teman yang selalu bisa membuat Anda tersenyum bahkan tertawa.

Selamat mencoba berbagai cara relaksasi di atas!

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pro dan Kontra Mengonsumsi Obat Antidepresan

Antidepresan bisa membantu penderita depresi agar pulih, tapi ada efek samping yang perlu diwaspadai. Pahami pro dan kontra antidepresan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 18 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Setiap orang pernah mengalami stres. Tapi tidak semua orang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Lalu, apa bedanya stres dan depresi serta kecemasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 9 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Stres Berkepanjangan Ternyata Bisa Mengubah Bentuk dan Fungsi Otak

Stres adalah hal yang wajar. Namun, stres yang dibiarkan berlarut-larut bisa mengubah bentuk dan fungsi otak. Ini sederet cara mencegahnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 7 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Bagaimana Stres Memicu dan Memperparah Gejala IBS?

Stres dan cemas ternyata memengaruhi kualitas hidup orang dengan IBS. Bagaimana bisa terjadi dan adakah cara untuk mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gangguan Pencernaan, Health Centers 6 Juni 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berimajinasi mengatasi stres

Berimajinasi Bantu Atasi Stres dan Gangguan Kecemasan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
bpdy scan meditation

Body Scan Meditation, Meditasi untuk Bantu Atasi Nyeri Tubuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 26 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit
sumber stres dalam pernikahan

6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit