6 Jenis Teh dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Berbagai varian teh kesehatan serta bermacam jenis dan rasa, nyatanya mudah ditemukan sekarang ini. Tanaman dengan nama latin camellia sinensis ini memiliki sejumlah kandungan zat antioksidan dan kafein yang baik serta berbeda-beda tergantung jenisnya. Teh awalnya muncul dan dikonsusmi pada zaman dinasti China hingga sekarang menjadi minum favorit dengan berbeda penyajian di tiap negara. Teh tidak hanya menjadi minuman yang menemani sarapan atau sore santai Anda, nyatanya teh memang memiliki efek kesehatan hingga mencegah zat kanker dari tubuh Anda. Simak varian teh kesehatan di bawah ini yang bermanfaat untuk Anda.

Berbagai varian teh kesehatan yang baik untuk tubuh

1. Teh hijau

Teh hijau dibuat dari daun teh yang hanya melalui satu kali penyaringan. Minuman yang kaya akan antioksidan ini dapat mencegah infeksi bakteri pada kandung kemih. Dengan zat antioksidan pada kandungannya, teh hijau juga mampu menangkal zat radikal bebas yang memicu munculnya penyakit kanker antara lain kanker payudara, kanker paru, dan kanker pankreas.

2. Teh hitam

Teh yang berwarna merah tua kehitaman ini dibuat dengan daun teh  yang difermentasi. Teh hitam memiliki kandungan kafein tertinggi. Penelitian menunjukkan bahwa teh hitam dapat mencegah paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan asap rokok dan polusi udara. Hal ini juga dapat mengurangi risiko stroke. Teh hitam banyak ditemukan di pasaran yang dikemas dalam bentuk kantung teh atau sachet.

3. Teh putih

Teh putih proses pembuatannya tidak melalui proses pengeringan seperti daun teh lainnya. Teh putih memiliki sifat daun teh yang cepat mengering jika dikeringkan dengan udara biasa (diangin-anginkan). Teh putih ini terbukti paling unggul dalam hal manfaat dan gizi yang terdapat dalam kandungnya. Pada proses pemilihan daunnya, teh putih diambil dari pucuk daun muda yang paling baik, sehingga unggul zat antioksidan. Sebuah penelitian menyatakan teh putih memiliki sifat antikanker yang paling ampuh dibandingkan dengan teh lainnya yang melalui proses pengeringan.

4. Teh Oolong

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada hewan, sumber antioksidan yang diberikan dari teh oolong nyatanya memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah. Teh oolong juga sering menjadi daftar minuman penurun berat badan yang menjadi favorit masyarakat pecinta diet, meskipun belum ada penelitian pasti yang menemuka hubungan teh oolong dengan penurunan berat badan.

5. Teh puer

Salah satu varian teh kesehatan ini aslinya ditemukan di Yunnan, China. Teh ini lalu tersebar ke beberapa daerah seperti Jepang, Korsel bahkan hingga Indonesia. Teh puer di daerah asalnya sering disajikan sebagai minuman untuk mengurangi berat badan dan minuman bersantai sore masyarakat China. Pada uji penelitian teh puer menunjukkan, bahwa kandungan kafein yang cukup pada teh puer dapat membantu mengurangi berat badan serta rendah kandungan kolesterol jahat.

6. Teh herbal

Salah satu varian teh kesehatan ini memang terbuat dari bahan-bahan herbal yang mengandung anti kafein dan memang terbukti memilik efek baik untuk kesehatab ubuh. Teh herbal umumnya terbuat dari herbal, buah-buahan, biji-bijian, atau akar  yang semuanya dikeringkan lalu direndam atau disiram dalam air panas.  Bahan-bahan yang biasa dipakai antara lain, jahe, bunga rossela, akar herbal, ginseng, melati dan serbuk vanilla.

Teh herbal  memiliki kandungan antioksidan lebih rendah dari teh umum lainnya. Namun, kandungan manfaat dalam teh herbal lebih bervarisasi tergantung dari bahan-bahan racikan yang diramu menjadi teh herbal itu sendiri. Berikut beberapa contoh teh herbal yang kaya manfaat dan bisa Anda buat sendiri dirumah:

  • Teh lemon mint. Teh ini merupakan teh simpel yang bisa Anda buat di rumah. Cukup sediakan daun mint yang telah dikeringkan sebanyak 3-4 tangkai kecil, jangan lupa sediakan 2 potong lemon vertikal. Selanjutnya, tuangkan air panas dalam gelas diamkan beberapa saat, lalu bisa dinikmati dengan atau tanpa madu. Teh herbal ini memiliki manfaat untuk meredakan sakit perut akibat kembung dan sesak pada napas.
  • Teh chamomile. Teh yang terbuat dari bunga chamomile ini mengandung zat antioksidan yang dapat membantu mencegah komplikasi dari diabete sert dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Teh chamomle paling sering digunakan untuk momen relaksasi karena memiliki efek menenangkan pada tubuh.
  • Teh echinacea. Teh bunga echinacea kering ini, jika disiram air hangat bunganya akan mekar di dalam air. Teh ini sering disebut-sebut sebagai obat untuk melawan flu dan masuk angin. Penelitian tentang echinacea telah meyakinkan bahwa minum 2 cangkir teh echinacea tiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Semua orangtua mungkin panik dan takut menghadapi bayi demam naik turun. Sebenarnya apa yang menyebabkan bayi demam naik turun? Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Anak, Parenting 21/07/2020 . Waktu baca 3 menit

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
cara tahan lama

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit
tidur pakai bra

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit