7 Buah dan Sayur yang Sebaiknya Tidak Dibuat Jus

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Buah dan sayur harus Anda konsumsi setiap hari. Selain dimakan langsung, Anda bisa menikmatinya dengan dibuat menjadi jus. Namun, tidak semua buah dan sayur bisa dibuat jus, baik itu dengan juicer maupun blender. Apa saja buah dan sayur tersebut? Yuk, lihat daftar dan alasannya berikut ini.

Buah dan sayur yang tidak bisa dibuat jus

Menurut British Nutrition Foundation, buah dan sayur mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mulai dari vitamin, mineral, serat, dan protein. Anda bisa menikmati keduanya dengan beragam cara, dimakan langsung atau diolah lebih dulu, seperti dibuat jus.

Nah, untuk membuat jus, Anda bisa menggunakan juicer atau blender. Juicer digunakan untuk memperoleh sari dari sayur maupun buah. Sementara blender, digunakan untuk menghaluskan buah dan sayur sehingga jadi lebih mudah dikonsumsi.

Namun, tidak semua buah dan sayur dapat dibuat jus, baik dengan blender maupun juicer, seperti:

1. Alpukat

resep alpukat

Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Jika ingin dibuat jus, sebaiknya gunakan blender bukan juicer. Kenapa?

Buah ini tidak mengandung banyak air sehingga lebih cocok untuk diblender atau bisa juga Anda hancurkan dengan sendok. Pasalnya, tekstur buah alpukat sangat mudah dihaluskan. Jika Anda menggunakan juicer, Anda tidak akan mendapatkan nutrisi alpukat secara utuh.

2. Brokoli

resep brokoli

Cara terbaik untuk menikmati brokoli adalah dimakan secara utuh tidak dibuat jus. Beda dengan buah alpukat, sayur yang akan vitamin C ini tidak boleh dibuat jus karena akan semakin sulit dicerna dan menimbulkan masalah pencernaan.

Anda bisa mengalami perut kembung atau sakit perut. Tidak hanya brokoli, hindari juga sayur sejenis, seperti kembang kol atau kubis untuk dibuat jus karena akan menimbulkan efek yang sama.

3. Apel

buah apel

Selain sayur brokoli dan alpukat, apel juga masuk deretan buah yang tidak boleh dibuat jus. Jika dibuat jus menggunakan juicer, daging buah apel yang mengandung serat akan terbuang. Anda tidak mendapatkan nutrisinya secara utuh.

Sementara bila dibuat jus dengan blender, kemungkinan besar bijinya ikut dihaluskan. Perlu Anda ketahui bahwa biji apel, apalagi yang masih mentah mengandung amygdalin. Amygdalin bila dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan keracunan.

4. Pir

manfaat buah pir

Buah yang mengandung banyak air memang cocok untuk dibuat jus dengan juicer. Sayangnya, ini tidak berlaku pada buah pir. Sama seperti brokoli dan sayur sejenisnya, buah pir yang dibuat jus akan memengaruhi sistem pencernaan Anda.

Pir diketahui mengandung sorbitol, yakni gula yang lambat untuk dicerna tubuh dan dapat merangsang pergerakan usus. Pada orang yang sembelit, jus ini mungkin membawa manfaat. Namun, pada orang yang sedang diare, jus ini bisa memperparah gejalanya.

Sebenarnya, buah ini bukannya tidak boleh dibuat jus. Namun, akan lebih baik jika dikonsumsi langsung untuk mendapatkan serat sehatnya sekaligus.

Jika dibuat jus dengan juicer, kemungkinan besar jumlah pir yang digunakan akan jauh lebih banyak ketimbang dimakan langsung. Tentunya, kandungan sorbitolnya jadi lebih tinggi. Hal ini bisa saja membuat Anda jadi diare.

5. Jeruk

serabut putih pada jeruk

Selain sayur brokoli dan apel, jeruk juga masuk dalam daftar buah yang sebaiknya tidak Anda buat menjadi jus. Apalagi jika Anda blender bersamaan dengan kulitnya. Kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat mengiritasi sistem pencernaan sehingga menimbulkan masalah pencernaan, seperti sakit perut.

Buah ini kurang tepat Anda buat jus dengan juicer karena akan mengurangi kadar seratnya. Untuk mendapatkan nutrisi seutuhnya, akan lebih baik jika jeruk dikonsumsi langsung.

6. Pisang

manfaat pisang

Sama seperti alpukat, pisang juga tidak bisa dijadikan jus dengan juicer. Alasannya, karena buah ini cukup padat sehingga tidak akan memberikan banyak air.

Buah ini lebih baik Anda jadikan smoothies ketimbang jus. Tambahkan bahan lain, seperti yogurt, jeruk, madu, atau susu almond agar rasanya jadi lebih nikmat.

7. Nanas

buah nanas untuk pencernaan

Nanas termasuk buah yang banyak air sehingga mudah untuk diolah menjadi segelas jus. Sayangnya, membuat jus dari nanas menggunakan juicer tidak membuat Anda mendapatkan nutrisi buah secara menyeluruh. Jadi, cara terbaik untuk mendapatkan buah ini, yakni dimakan langsung.

Sumber foto: Food Revolution.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Langsung Minum Jus Buah Saat Berbuka Puasa, Boleh atau Tidak?

Nikmat memang minum jus buah untuk meredakan dahaga saat berbuka puasa. Namun, amankah jika langsung minum jus buah saat berbuka?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hari Raya, Ramadan 18 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ibu hamil yang berpuasa tidak bisa makan sembarangan. Berikut beberapa contoh makanan sahur untuk ibu hamil yang bisa menjadi referensi Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 13 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Jenis Buah dengan Kandungan Air Tinggi untuk Buka Puasa

Di bulan puasa, mengonsumsi buah tinggi kandungan air sangat penting agar tubuh tidak dehidrasi. Berikut buah kaya air yang cocok untuk buka puasa.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hari Raya, Ramadan 9 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jus untuk sistem imun

4 Resep Jus untuk Bantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 27 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
makan sayuran

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
buah untuk alzheimer

Rutin Makan Buah Bermanfaat Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
pengganti mentega

5 Bahan Pengganti Mentega untuk Membuat Kue yang Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit