Pentingnya Merancang Menu Makan Keluarga di Rumah

Oleh

Saat Anda memulai keluarga kecil Anda, salah satu hal yang paling sulit adalah untuk memutuskan makanan apa yang akan dimakan pagi ini, makanan apa yang akan Anda sajikan nanti siang, dan seterusnya. Membuat rancangan menu makanan adalah salah satu alternatif solusi yang dapat Anda lakukan. Kesibukan Anda mungkin membuat rancangan menu makanan tak terlintas dalam benak Anda, padahal ini adalah salah satu kunci utama memastikan keluarga Anda memiliki pola makan sehat.

Kenapa perlu membuat rancangan menu makanan di rumah?

Berikut beberapa keuntungan mengapa Anda perlu membuat rancangan menu makanan adalah:

1. Lebih sehat

Memiliki rancangan menu makanan di rumah tentu akan memberi Anda kesempatan untuk menyajikan makanan dengan nutrisi yang lebih beragam dan lebih seimbang untuk keluarga, dibandingkan dengan masakan yang Anda buat dadakan. Karena sudah dirancang jauh-jauh hari, Anda bisa menentukan menu yang tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dalam pembuatannya, dan memaksimalkan pemanfaatan bahan-bahan masakan yang tersedia di kulkas. Dengan kondisi tersebut, Anda tentu tidak memiliki kesempatan untuk memperkirakan nutrisi apa yang ingin Anda berikan kepada keluarga Anda dari makanan yang Anda sajikan.

Rancangan menu makanan juga akan lebih membantu bila anggota keluarga Anda vegetarian atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes.

2. Lebih hemat

Dengan memiliki rancangan menu makanan di rumah, bahan-bahan yang perlu Anda beli jadi lebih pasti. Rancangan menu makanan tersebut bahkan sudah dapat membantu Anda memperkirakan, berapa banyak bahan makanan tersebut yang perlu Anda beli agar cukup selama kira-kira persediaan waktu tertentu. Anda jadi bisa memperkirakan berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk membelinya.

3. Tidak buang-buang waktu

Anda jadi tak lagi perlu terburu-buru menuju minimarket terdekat untuk membeli bahan masakan yang Anda baru sadari habis, saat Anda akan memakainya. Saat di pusat perbelanjaan, Anda juga tak perlu menghabiskan waktu berputar-putar mencari inspirasi bahan makanan yang sepertinya akan Anda butuhkan. Pada waktu Anda memasak, Anda pun tak lagi membutuhkan waktu lebih banyak untuk berpikir apa yang sebaiknya Anda masak saat itu.

4. Tidak buang-buang makanan

Saat Anda telah memiliki rancangan menu makanan, Anda juga telah memiliki daftar bahan masakan yang Anda perlukan. Sehingga memiliki rancangan menu makanan akan membantu Anda untuk tidak membeli bahan-bahan masakan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Membeli bahan tersebut, selain hanya akan berakhir dengan bahan masakan tersebut yang terbuang, Anda juga secara tidak langsung telah membuang waktu dan uang Anda dengan sia-sia untuk mendapatkannya.

5. Lebih bervariasi

Saat Anda merancang menu makanan, Anda akan lebih mudah menyadari, makanan apa yang Anda telah sajikan dan nutrisi apa yang terkandung di dalamnya. Sehingga dengan memiliki rancangan menu makanan, Anda akan cenderung merencanakan sajian yang berbeda tiap harinya, baik komposisinya maupun nutrisi yang dikandungnya.

Bagaimana cara merancang menu makanan di rumah?

Makanan sebenarnya bukan hanya solusi yang Anda berikan untuk mengatasi kebutuhan Anda akan pangan. Memasak juga adalah salah satu cara untuk mengekspresikan kreativitas Anda. Berikut beberapa tips yang dapat memudahkan Anda dalam merancang menu makanan Anda:

1. Siapkan semua kebutuhan merancang menu

Menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti format rancangan menu makanan serta alat tulis yang Anda butuhkan selama membuat rancangan menu makanan, akan membantu Anda untuk tetap fokus hanya kepada daftar makanan yang akan Anda sajikan. Anda tak perlu tergesa-gesa, buatlah rancangan menu makanan selama satu minggu dulu sebagai awalan, sudah akan sangat membantu Anda nantinya.

2. Ikuti pedoman ini

Daftar berisi makanan yang dapat Anda sajikan dan makanan yang pasti akan dinikmati oleh keluarga Anda akan sangat membantu Anda dalam merancang menu makanan Anda. Menentukan satu waktu khusus di mana Anda akan menyajikan makanan khusus tertentu seperti sup setiap Sabtu malam, atau menanyakan pada anggota keluarga yang lain apa yang ingin mereka makan, juga dapat dijadikan strategi dalam merancang menu makanan.

Beberapa pertanyaan ini juga mungkin akan membantu Anda dalam membuat pertimbangan-pertimbangan yang perlu ada dalam rancangan menu makanan Anda:

  • Kapan waktu yang tepat untuk belanja?
  • Pada saat kapan, mereka hanya membutuhkan sajian yang ringan?
  • Kapan waktu saat semua orang dapat berkumpul untuk makan bersama?
  • Kapan waktu yang tepat untuk membuat rancangan menu makanan selanjutnya?
  • Setelah nutrisi-nutrisi ini, bolehkah sesekali memakan makanan cepat saji?

3. Eksplorasi

Terakhir, Anda dapat menyediakan satu waktu dalam beberapa hari untuk membaca buku masakan atau browsing situs masakan untuk meningkatkan kreativitas Anda dalam merancang menu. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 16, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Yang juga perlu Anda baca