Yuk, Kenalan dengan Miracle Fruit, Buah Berry dengan Manfaat yang Ajaib

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Miracle fruit, atau disebut juga sebagai miracle berry, memiliki kemampuan unik mengubah rasa makanan di lidah. Berkat fungsi uniknya, buah ini dinilai berpotensi menjadi pemanis alami yang aman bagi penderita diabetes. Tak hanya itu, masih terdapat sejumlah manfaat miracle berry bagi tubuh. Apa saja?

Mengenal tanaman miracle fruit

Miracle fruit merupakan tanaman asli dari Afrika Barat dan umumnya dimanfaatkan sebagai pemanis alami untuk minuman anggur. Tanaman ini tumbuh dalam bentuk semak-semak atau pohon kecil dengan tinggi tidak lebih dari 5,5 meter.

Tanaman ini cukup mudah dibudidayakan, asalkan lingkungannya teduh, jauh dari udara beku, serta memiliki kelembapan tinggi. Pada tahun ketiga atau keempat setelah ditanam, tanaman ini akan mulai memproduksi buahnya.

Buah yang dihasilkan berbentuk lonjong dengan kulit berwarna merah. Begitu dibelah, Anda bisa melihat daging buah berwarna putih menyerupai rambutan dengan biji besar berwarna cokelat gelap di bagian tengah.

Miracle fruit sebenarnya tidak mengandung banyak nutrisi. Namun, buah ini mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin E, serta beberapa jenis asam amino yang cukup untuk membantu fungsi tubuh tetap normal.

Seperti buah-buahan pada umumnya, buah bernama ilmiah Synsepalum dulcificum ini juga rendah kalori. Anda pun dapat memperoleh senyawa antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dengan mengonsumsinya.

Miracle berry dapat mengubah rasa menjadi manis

Miracle berry terkenal karena kemampuannya mengubah rasa apa pun menjadi manis. Buah ini pada dasarnya hampir tidak memiliki rasa. Rasa manis pada lidah Anda sebenarnya berasal dari protein khusus yang disebut miraculin.

Miraculin adalah sejenis glikoprotein. Artinya, molekul protein pada miraculin berikatan dengan rantai karbohidrat. Miraculin tidak memiliki rasa manis, tapi molekul protein ini mampu berikatan dengan bintil-bintil pengecap pada permukaan lidah.

Proses pengikatan tersebut kemudian mengubah bentuk protein pada bintil-bintil lidah yang berfungsi mengecap rasa manis. Hasilnya, seluruh makanan yang terasa pahit ataupun asam akan terasa manis di lidah Anda.

Manfaat miracle fruit bagi kesehatan

Kemampuannya mengubah rasa menjadi manis membuat buah ini kini dimanfaatkan sebagai pemanis tambahan alami bagi penderita diabetes. Akan tetapi, manfaatnya tidak berhenti sampai di situ.

Kandungan alami dalam buah ini juga disinyalir memberikan beberapa manfaat berikut:

1. Menurunkan risiko diabetes

Miracle berry tidak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes, tapi juga berpotensi menurunkan risiko diabetes. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa buah ini dapat mencegah resistensi insulin pada tikus yang diberikan makanan tinggi fruktosa.

Resistensi insulin adalah kondisi ketika sel tubuh tidak lagi merespons hormon insulin dengan baik. Akibatnya, kadar gula darah menjadi tidak terkendali dan Anda berisiko terkena diabetes. Namun, perlu penelitian lebih jauh mengenai hal ini.

2. Mengatasi perubahan rasa pada pasien kemoterapi

Kemoterapi memiliki sejumlah efek samping, termasuk menurunkan kemampuan lidah dalam mengecap rasa. Kondisi ini dapat menurunkan nafsu makan pasien sehingga asupan nutrisinya pun berkurang. Jika dibiarkan, pasien berisiko mengalami kekurangan gizi.

Kabar baiknya, miracle fruit bisa menjadi solusi dari efek samping ini. Sebuah penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa konsumsi miracle fruit dapat meningkatkan fungsi pengecapan dan selera makan pasien kanker.

3. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu kunci menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori dari makanan manis. Namun, tak sedikit orang yang kesulitan menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan manis karena rasanya yang lezat.

Miracle berry membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan manis. Pasalnya, makanan rendah gula sekalipun bisa terasa sangat manis dan lezat ketika makan miracle berry sebelumnya, sehingga Anda tidak memakan makanan manis secara berlebihan.

Miracle fruit merupakan buah dengan begitu banyak potensi bagi kesehatan. Akan tetapi, setelah memakan buah ini, pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan apa pun secara berlebihan untuk menghindari efek samping.

Jika Anda ragu, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 27, 2019 | Terakhir Diedit: November 29, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca