Manfaat Buah Kawista, Si Manis Nan Segar yang Menyehatkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Buah kawista merupakan buah yang masih satu keluarga dengan jeruk. Buah kawista memiliki nama ilmiah Limonia acidissima. Buah kawista juga memiliki nama lain seperti wood appel atau bael fruit. Buah ini berasal dari India selatan hingga ke Asia Tenggara terutama di pulau Jawa dan Nusa Tenggara.

Beberapa wilayah di Indonesia memiliki nama tersendiri untuk menyebut buah ini. Seperti di Aceh, buah ini dikenal dengan nama buah batok dan dimanfaatkan sebagai bahan campuran bumbu rujak Aceh dan sirup. Di Kabupaten Rembang, buah kawista diolah menjadi sirup yang dikenal dengan nama sirup kawis. Masyarakat Bima dan Dompu di NTB menyebutnya kawi dan merupakan salah satu bahan pelengkap rujak khas suku Mbojo (Bima).

Namun, tak banyak masyarakat Indonesia yang mengenal buah ini. Hal ini dikarenakan budidaya buah ini di Indonesia masih sangat jarang. Buah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Apa saja manfaat buah kawista yang sudah terbukti? Simak di bawah ini!

Apakah buah kawista sehat bagi tubuh?

Buah kawista adalah buah aromatik yang memiliki rasa manis. Buah ini dapat digunakan untuk pengobatan. Buah ini dapat dimakan utuh atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau teh. Buah kawista dapat membantu mengobati beberapa kondisi seperti gangguan pencernaan. Pada pengobatan alternatif tertentu (seperti Ayurveda), buah kawista mentah digunakan untuk gangguan pencernaan (seperti diare dan disentri).

Sementara itu, buah kawista matang memiliki efek pencahar. Dalam pengobatan alternatif, buah kawista juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk masalah kesehatan seperti asma, flu ringan, sembelit, diabetes, penyakit jantung, kolesterol tinggi dan ulcerative colitis.

Manfaat buah kawista untuk kesehatan

Membantu redakan diare

Menurut penelitian yang diterbitkan di BMC Complementary and Alternative, buah kawista mentah dapat membantu mengobati diare. Ekstrak buah kawista mentah memilki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan diare yang disebabkan infeksi bakteri.

Melawan radang usus

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology, salah satu manfaat buah kawista mentah yaitu melindungi Anda dari penyakit radang usus termasuk penyakit Crohn dan kolitis. Penelitian ini dilakukan pada sekelompok tikus dengan kolitis yang diobati dengan memberikan ekstrak buah kawista mentah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di usus.

Mengendalikan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2003, mencoba melihat apakah buah kawista dapat membantu pengelolaan diabetes. Ternyata dari penelitian tersebut ditemukan bahwa buah kawista dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus hewan coba.

Namun perlu diingat juga, kebanyakan penelitian yang dilakukan terkait manfaat buah kawista ini belum dilakukan di manusia sehingga keamanannya pada manusia masih dipertanyakan. Untuk itu, berhati-hatilah dalam penggunaannya karena dosis aman dan efek samping dari ekstrak buah kawista masih belum diketahui secara pasti.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Produk skincare antiaging fungsinya adalah mencegah penuaan dini. Namun, kalau baru pakai antiaging di usia 50 tahun ke atas, apa hasilnya akan sama?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Suka olahraga di pagi hari dan harus minum kopi dulu biar segar? Penelitian membuktikan kalau minum kopi sebelum olahraga ternyata baik buat tubuh, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gizi Olahraga, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Menggaruk alat kelamin terkadang sudah menjadi kebiasaan, tapi bisa juga karena memang terasa gatal. Apa saja penyebab buah zakar gatal? Apakah berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
olahraga malam hari

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit