Mengulik 5 Khasiat Kedelai Hitam bagi Kesehatan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan kacang kedelai, tapi pernahkah Anda mencoba kerabatnya yang berwarna hitam? Kedelai hitam kabarnya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisinya pun tidak kalah dari kedelai putih yang lebih umum dikonsumsi. Lantas, apa saja manfaat tersebut?

Beragam manfaat kacang kedelai hitam

Kedelai hitam pada dasarnya adalah kacang kedelai dengan varietas warna yang lebih gelap. Oleh sebab itu, kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan pun tidak jauh berbeda dengan kacang kedelai pada umumnya.

Berikut adalah berbagai manfaat tersebut:

1. Menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung

mencegah penyakit jantung keturunan

Kandungan serat yang tinggi pada kedelai hitam berpotensi menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar LDL. LDL atau low-density lipoprotein adalah kolesterol jahat yang memicu pembentukan plak penyumbat pembuluh darah.

Kedelai hitam juga mengandung puluhan jenis antioksidan yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas. Jika pembuluh darah sehat, plak akan sulit terbentuk. Aliran darah pun kian lancar sehingga risiko penyakit jantung menurun.

2. Berpotensi mencegah kanker

Manfaat kedelai hitam yang satu ini mungkin tak banyak diketahui. Di antara puluhan antioksidan dalam kedelai hitam, beberapa di antaranya adalah antosianin dan saponin. Antosianin merupakan senyawa yang memberi warna gelap pada kedelai hitam.

Antosianin diketahui dapat menghambat perkembangan tumor pada usus, payudara, perut, prostat, ovarium, hingga rahim. Sementara itu, saponin mampu mencegah sel kanker memasuki aliran darah sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

3. Baik bagi penderita diabetes

glukosa darah adalah gula darah adalah

Mengonsumsi kedelai hitam tidak hanya bermanfaat untuk jantung, tapi juga baik bagi penderita diabetes. Pada penelitian terhadap penderita diabetes tipe 2, konsumsi kedelai hitam membantu menstabilkan kadar gula, lemak, dan insulin dalam darah.

Serat pada kedelai hitam juga dapat mencegah obesitas yang merupakan faktor risiko penyakit diabetes. Serat bekerja dengan cara menghambat produksi dan pembesaran sel-sel lemak, terutama di sekitar perut dan di bawah lapisan kulit.

4. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat lain dari kedelai hitam adalah memberikan kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, dan zinc yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dalam kedelai hitam berfungsi menjaga struktur tulang agar selalu kokoh.

Sementara itu, zat besi dan zinc amat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan serta kelenturan tulang dan sendi. Mengonsumsi kedelai hitam adalah pilihan tepat untuk mencukupi kebutuhan seluruh mineral penting ini sekaligus.

5. Menurunkan berat badan

berat badan sulit turun

Kedelai sering diolah menjadi camilan sehat rendah kalori untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat protein dalam kedelai dapat menjadi sumber energi dan seratnya membuat Anda kenyang lebih lama.

Anda pun bisa memperoleh manfaat yang sama dari kedelai hitam. Kacang padat nutrisi ini memberikan rasa kenyang dan menstabilkan nafsu makan sehingga asupan kalori Anda menjadi lebih terkontrol.

Seperti kedelai putih, kedelai hitam merupakan bahan pangan kaya protein, serat, vitamin, mineral, serta antioksidan. Manfaatnya pun begitu luas, baik bagi jantung, tulang, hingga untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Seluruh keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mulai makan kedelai hitam dalam menu sehari-hari. Selama tidak ada reaksi alergi ataupun efek pada pencernaan, kedelai hitam dapat menjadi salah satu sumber pangan yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca