Sering Malas Makan Tapi Ingin Cepat Gemuk? Coba 4 Cara Ini untuk Menambah Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sebagian orang berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan, tapi tidak sedikit pula yang susah payah ingin berat badannya naik. Yang jadi masalahnya, Anda mungkin termasuk orang yang sering malas makan. Kalau pun bisa makan, porsinya juga tergolong sedikit sehingga tidak cukup untuk menaikkan berat badan. Lantas, adakah cara supaya badan cepat gemuk meski tidak suka makan? Yuk, intip triknya berikut ini.

Cara menaikkan berat badan jika sering malas makan

1. Makan sedikit tapi sering

menggemukkan badan menambah porsi makan

Orang yang tidak suka makan akan sulit mematuhi aturan makan 3 kali sehari. Apalagi jika Anda harus menghabiskan satu porsi normal dalam sekali makan.

Sebagai solusinya, coba ganti dengan porsi makanan yang lebih kecil tapi sering. Berikan jeda waktu 2-3 jam supaya Anda bisa lebih sering makan walaupun harus sedikit demi sedikit.

Setelah itu, nikmati makanannya dengan makan pelan-pelan tanpa terburu-buru. Melansir dari Healthline, makan perlahan bisa membuat Anda lebih menikmati makanan yang disantap. Tubuh juga akan menyerap nutrisi dengan lebih maksimal, dalam hal ini termasuk karbohidrat dan protein, sehingga bisa membantu menaikkan berat badan Anda.

Saat waktu makan tiba, sebaiknya matikan TV dan jauhi HP dari genggaman Anda. Sebab, hal-hal yang seperti ini bisa mendistraksi pikiran dan bikin tidak fokus makan. Yang ada, Anda akan terus-terusan main HP dan menyisakan makanan karena keburu kenyang.

2. Perbanyak karbohidrat dan protein

proses pencernaan protein di dalam tubuh

Usaha menaikkan berat badan tidak hanya asal makan banyak, tapi juga memperhatikan jenis makanan dan nutrisi di dalamnya. Supaya berat badan cepat bertambah, perbanyaklah asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein.

Melansir dari Sherpherd Center, karbohidrat dan protein berperan penting untuk membentuk energi dan massa otot tubuh. Dua jenis nutrisi ini akan menghasilkan kalori yang dapat membantu tubuh melawan infeksi, menjaga kesehatan kulit, dan membentuk otot-otot tubuh. Hal ini pula yang akan membantu menambah berat badan Anda secara perlahan.

Beragam makanan sumber protein meliputi daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu. Bila perlu, Anda juga bisa minum suplemen yang mengandung whey protein untuk membantu memenuhi kebutuhan protein Anda.

Anda mungkin bingung untuk menentukan seberapa banyak kalori dan protein yang harus ditambah. Untuk mengetahuinya, segera konsultasikan ke dokter atau ahli gizi tersertifikat.

3. Tambah rempah-rempah ke dalam makanan

pengganti garam

Hilangnya nafsu makan juga bisa menjadi alasan kenapa Anda jadi jarang makan. Nah, untuk mengatasinya, coba tambahkan saus atau rempah-rempah ke dalam masakan, seperti bawang putih, kunyit, jahe, kayu manis, dan sebagainya. Semakin makanan terasa enak, maka Anda tentu akan semakin mudah menghabiskannya.

Hindari bahan makanan atau rempah-rempah yang berbau menyengat, jika Anda tidak menyukainya. Alih-alih merangsang nafsu makan, hal ini justru membuat Anda semakin tidak doyan makan dan akhirnya gagal menaikkan berat badan.

Misalnya saja, Anda tidak suka bau bawang bombay, maka sebaiknya gantilah dengan bawang putih yang aromanya tidak terlalu kuat. Dengan begitu, cita rasa makanan akan tetap lezat tanpa mengganggu selera makan Anda.

4. Pilih camilan yang padat gizi

bekal ke kantor

Kebiasaan ngemil bisa menjadi alternatif cara menaikkan berat badan yang mudah dan efektif. Kuncinya adalah pilihlah jenis camilan yang mengandung padat energi dan protein supaya jumlah kalori dalam tubuh lebih cepat naik.

Ada banyak jenis camilan sehat yang bisa Anda pilih, mulai dari kacang-kacangan, buah potong, roti panggang, atau salad. Jika Anda tertarik untuk makan buah, pilih jenis buah yang tidak membutuhkan terlalu banyak mengunyah. Contohnya pisang, alpukat, atau jeruk.

Dengan begitu, Anda tetap bisa makan sedikit demi sedikit dan mendapatkan nutrisi secara maksimal. Perlahan tapi pasti, hal ini dapat membantu menaikkan berat badan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kaki Kram Terus? Mungkin Anda Kekurangan 6 Nutrisi Ini

Bangun tidur tiba-tiba kaki kram? Duh, pasti mengganggu sekali! Pastikan kram tak kambuh lagi dengan meningkatkan asupan beragam nutrisi penting ini, ya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Nutrisi memegang peranan yang besar untuk mencegah kemungkinan risiko COVID-19. Yuk, cari tahu nutrisi utama yang perlu ditambahkan dalam menu harian Anda.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 30 Juli 2020 . Waktu baca 9 menit

13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

Banyak yang mengira makan makanan sehat itu susah dan perlu banyak usaha, jadi orang yang sibuk tidak akan bisa. Padahal, kenyataannya tidak begitu.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juli 2020 . Waktu baca 12 menit

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Dori Lokal (Patin), Plus Resep Sehatnya untuk Variasi Menu Makan

Suka makan fillet ikan dori goreng di kafe-kafe kekinian? Psst... Tahu tidak kalau sebenarnya ikan dori itu tidak boleh dimakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 19 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
lansia bermain di pantai berkat kesehatan yang baik, seperti menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan probiotik

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
diet tinggi serat

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
dada ayam

Antara Dada dan Paha Ayam, Mana yang Lebih Banyak Gizinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit