home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berapa Kalori yang Diperlukan Jika Ingin Menambah Berat Badan?

Berapa Kalori yang Diperlukan Jika Ingin Menambah Berat Badan?

Siapa yang bilang bahwa menambah berat badan itu mudah? Bagi sebagian orang yang mempunyai postur tubuh kurus, menambah berat badan adalah hal yang cukup sulit dan membutuhkan usaha yang besar. Sama saja seperti menurunkan berat badan, dalam upaya agar berat badan naik, kalori yang ada di dalam makanan adalah masalah yang utama. Meningkatkan berat badan berarti harus menambah kalori harian Anda. Lalu berapa banyak kalori yang harus ditambahkan untuk menaikkan berat badan?

Bagaimana cara mengetahui jika Anda perlu menambah berat badan?

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ia memiliki berat badan yang kurang atau kurus. Selama ini, perhatian kita memang lebih banyak pada orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas. Padahal berat badan yang kurang juga merupakan masalah gizi dan akan mempengaruhi kesehatan. Oleh karena itu penting bagi orang dengan berat badan yang kurang, melakukan upaya untuk menaikkan berat badannya.

Jika Anda merasa kurus, cobalah untuk menghitung indeks massa tubuh (IMT) Anda agar memastikan hal tersebut. Mengitung IMT bisa dilakukan dengan mengetahui tinggi badan serta berat badan Anda saat ini. Kemudian, berat badan Anda saat ini dibagi dengan tinggi badan kuadrat dalam ukuran meter.

Seseorang yang dinyatakan mengalami underweight atau kekurangan berat badan bila IMT-nya kurang dari 18,5 kg/m2. Apabila IMT Anda kurang dari batas yang telah ditentukan, sebaiknya Anda merencanakan program untuk menaikkan berat badan.

Agar berat badan naik, salah satu upaya yang diandalkan adalah dengan meningkatkan asupan serta memperbanyak porsi makan agar lebih banyak kalori yang masuk. Tapi sebenarnya seberapa banyak kalori yang dibutuhkan seseorang yang ingin menaikkan berat badannya?

Berapa kebutuhan kalori saya dalam sehari?

Sebelum mengetahui berapa banyak kalori yang harus ditambahkan agar berat badan naik, Anda harus mengerti dulu kebutuhan kalori standar yang Anda butuhkan. Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Kebutuhan ini tergantung dengan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, serta aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari.

Contohnya saja, seorang laki-laki dewasa (20-59 tahun) mempunyai berat badan sebesar 62 kg dengan tinggi 165 cm, aktivitas fisik yang dilakukannya sehari-hari tergolong tingkat sedang. Maka laki-laki tersebut membutuhkan kalori sekitar 3000 kalori per hari. Berbeda dengan wanita dengan usia dan aktivitas fisik sama, dengan berat badan 54 kg dan tinggi 156 cm, kalori yang dia butuhkan hanya sebesar 2250 kalori.

Perhitungan kalori bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi, perhitungan secara online, atau Anda dapat melakukannya di sini. Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang tepat Anda bisa mendiskusikannya dengan ahli gizi atau tenaga medis.

Berapa kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badan?

Menambahkan kalori adalah hal yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menambah berat badan. Penambahan kalori yang aman yaitu sekitar 500-1000 kalori per hari untuk mendapatkan kenaikan berat badan sebanyak 1 kg dalam seminggu. Memang setiap orang akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda. Apabila Anda tidak mengalami perubahan berat badan dalam satu minggu meskipun telah menambahkan kalori per hari, maka tambahkan lagi sekitar 100-250 kalori dan lihat hasilnya di akhir minggu.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda di awal program dalam menambah berat badan, cobalah untuk menambahkan kalori sebanyak 500 kalori dahulu ke dalam kebutuhan harian Anda. Jika memang tidak berhasil, baru tambahkan kalori lagi secara bertahap hingga penambahan mencapai 1000 kalori.

Kalori yang bertambah akan membuat pola makan Anda berubah, karena itu memang penambahan harus dilakukan secara bertahap agar tidak membuat sistem pencernaan kaget dan menimbulkan gangguan pencernaan.

Selain itu, untuk mencegah timbulnya masalah pada perut, Anda bisa membagi semua kalori tersebut ke dalam porsi yang lebih kecil dalam 5-6 kali makan. Misalnya, kebutuhan kalori setelah ditambahkan sebesar 3000 kalori, maka setiap kali makan berat seperti sarapan, makan siang, dan makan malam, kalori yang harus Anda habiskan sebanyak 750 kalori per waktu makan. Sedangkan kalori sisanya, dapat Anda alihkan untuk makanan ringan di pagi hari menjelang siang sebanyak 375 kalori dan siang menjelang sore sebesar 375 kalori juga.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cespedes, Andrea. (2016).  How Many Calories in a Day Does it Take to Gain Weight? [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/289427-how-many-calories-in-a-day-does-it-take-to-gain-weight/  [Accessed 20 Feb. 2017].

Cespedes, Andrea. (2016).  How to Count Calories to Gain Weight. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/279614-how-to-count-calories-to-gain-weight/  [Accessed 20 Feb. 2017].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 24/02/2021
x