home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Turunkan Berat Badan dengan Air Putih, Mitos atau Fakta?

Turunkan Berat Badan dengan Air Putih, Mitos atau Fakta?

Air putih memang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk untuk Anda yang mendambakan berat badan ideal. Dahulu dianggap sebagai mitos belaka, beberapa penelitian justru menunjukkan minum air putih efektif membantu menurunkan berat badan.

Cara air putih menurunkan berat badan

flourida atau flouride dalam air minum kemasan

Minum air putih bisa membantu turunkan berat badan melalui beberapa cara di bawah ini.

1. Meningkatkan pembakaran kalori

Air putih rupanya dapat meningkatkan resting energy expenditure alias jumlah kalori yang tubuh Anda bakar. Hal ini pernah dibahas dalam penelitian lama terhadap 173 wanita menopause berbadan gemuk oleh Stookey dan kawan-kawan pada 2008.

Para peserta penelitian diminta menambah asupan air putih sedikitnya satu liter per hari selama 12 bulan. Asupan air diyakini dapat meningkatkan pembakaran kalori sehingga berat badan turun. Hasilnya, penurunan berat badan mereka bertambah sebanyak 2 kg.

Beberapa penelitian sejenis juga menemukan hal serupa. Minum 1 – 1,5 liter air putih setiap hari selama beberapa minggu ternyata dapat menurunkan berat badan, indeks massa tubuh (BMI), lingkar pinggang, dan lemak tubuh.

2. Mengontrol rasa lapar

Rasa lapar kadang timbul bukan karena Anda belum makan, melainkan akibat kondisi yang disebut lapar palsu. Lapar palsu bisa muncul karena stres, pengaruh saat sedang bersama teman, gugup, atau penyebab yang paling umum seperti dehidrasi.

Dari sinilah para ahli berpikir bahwa Anda bisa menurunkan berat badan dengan minum air putih. Sebuah penelitian di Oxford pada 2015 menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum 500 mL air 30 menit sebelum makan cenderung makan lebih sedikit.

Menurut penelitian tersebut, minum air putih sebelum makan bisa membuat perut Anda terisi tanpa menambah asupan kalori. Dengan cara ini, Anda akan makan lebih sedikit sehingga berat badan pun berkurang secara perlahan.

3. Mengurangi asupan kalori

Air putih sama sekali tidak mengandung kalori. Jadi, sebanyak apa pun air putih yang Anda minum, asupan kalori dan berat badan Anda tidak akan bertambah. Sebaliknya, kebiasaan ini justru bisa membantu Anda mengurangi asupan kalori.

Dengan banyaknya minuman manis yang ada, air putih juga merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Bayangkan, jumlah kalori dari segelas es kopi dengan krim saja bisa mencapai 100 – 500 kkal.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air putih untuk membuat beragam minuman rendah kalori seperti infused water. Cukup tambahkan irisan buah-buahan favorit Anda dan minuman ini akan menjadi pengganjal perut yang menyegarkan.

Cara menurunkan berat badan dengan minum air putih

manfaat minum air dingin

Tertarik mencoba mengurangi berat badan dengan minum air putih? Cobalah beberapa tips berikut.

1. Utamakan minum air putih

Orang yang rajin minum air putih dengan sendirinya akan mengurangi asupan kalorinya juga. Jadi, mulai sekarang, cobalah jadikan air putih sebagai minuman utama Anda. Jangan lupa lakukan hal yang sama ketika Anda makan di restoran.

2. Minum dulu saat lapar

Saat Anda lapar, cobalah minum segelas air putih. Lalu, lakukan aktivitas sebentar dan rasakan apakah Anda masih lapar atau ini hanyalah lapar palsu. Selain membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, cara ini juga ampuh untuk menjaga berat badan.

3. Minum air dingin

Sebuah studi lama menunjukkan bahwa resting energy expenditure dapat meningkat sebesar 25% setelah minum air dingin. Dengan kata lain, tubuh membakar lebih banyak kalori. Ini karena tubuh perlu lebih banyak energi untuk menghangatkan air dingin.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Anda belum tentu harus minum delapan gelas air per hari. Jumlah ini bisa lebih atau kurang, tergantung berbagai faktor. Kebutuhan air setiap orang dapat dipengaruhi oleh kondisi tubuh, aktivitas fisik, cuaca, dan berbagai hal lainnya.

Minum air putih memang bisa membantu menurunkan berat badan dengan beberapa cara. Meski begitu, sebaiknya minumlah air putih dalam jumlah yang cukup saat Anda merasa haus.

Jangan minum air putih berlebihan, apalagi dalam waktu yang cepat. Pasalnya, minum air putih dalam jumlah banyak dapat membahayakan tubuh Anda. Kunci menurunkan berat badan yang sehat tetaplah dengan aktivitas fisik dan makanan yang tepat.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Yes, drinking more water may help you lose weight. (2020). Retrieved 2 August 2021, from https://hub.jhu.edu/at-work/2020/01/15/focus-on-wellness-drinking-more-water/

Stookey, J., Constant, F., Popkin, B., & Gardner, C. (2008). Drinking Water Is Associated With Weight Loss in Overweight Dieting Women Independent of Diet and Activity. Obesity, 16(11), 2481-2488. doi: 10.1038/oby.2008.409

Muckelbauer, R., Sarganas, G., Grüneis, A., & Müller-Nordhorn, J. (2013). Association between water consumption and body weight outcomes: a systematic review. The American Journal Of Clinical Nutrition, 98(2), 282-299. doi: 10.3945/ajcn.112.055061

Vij, V. (2013). Effect of ‘Water Induced Thermogenesis’ on Body Weight, Body Mass Index and Body Composition of Overweight Subjects. JOURNAL OF CLINICAL AND DIAGNOSTIC RESEARCH. doi: 10.7860/jcdr/2013/5862.3344

Vij, V., & Joshi, A. (2014). Effect of excessive water intake on body weight, body mass index, body fat, and appetite of overweight female participants. Journal Of Natural Science, Biology And Medicine, 5(2), 340. doi: 10.4103/0976-9668.136180

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 12/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro