10 Tips untuk Makan Sehat dengan Biaya Rendah

Oleh

Gunakan uang Anda sebijak mungkin! Ada banyak cara untuk menghemat biaya makan Anda, tanpa perlu mengorbankan kesehatan. Tiga cara utama yaitu buatlah daftar sebelum Anda belanja, beli barang dengan harga terjangkau, dan siapkan menu makanan yang dapat mengurangi pengeluaran Anda.

1. Buatlah rencana!

Sebelum Anda pergi berbelanja, buatlah daftar makanan Anda selama seminggu, termasuk menu sarapan, sayur, daging, yang dapat terbagi ke dalam beberapa porsi. Periksa apa saja makanan yang sudah Anda miliki dan buatlah daftar apa yang perlu Anda beli.

2. Dapatkan harga terbaik

Lihat di koran setempat, online, dan pada toko bila ada diskon dan kupon. Tanyakan tentang kartu anggota agar mendapat potongan hemat di tempat Anda belanja. Lihat harga khusus atau diskon untuk daging dan makanan laut−serta makanan yang harganya paling mahal dalam daftar Anda.

3. Bandingkan produk yang satu dengan yang lain

Lihat harga satuan pada rak di bawah produk. Gunakan harga tersebut untuk membandingkan dengan merek lainnya dan ukuran berbeda dari merek yang sama untuk menentukan mana yang lebih ekonomis.

4. Beli dalam jumlah lebih banyak

Hampir selalu lebih murah membeli makanan dalam jumlah banyak. Pilihan tepat bagi keluarga adalah membeli satu kemasan ayam, steak, atau ikan dan selusin kentang serta sayuran. Sebelum Anda belanja, ingatlah untuk memeriksa apakah Anda memiliki ruang cukup dalam freezer di rumah Anda.

5. Beli saat sedang musimnya

Membeli buah dan sayuran saat sedang musimnya bisa mengurangi biaya dan tetap membuatnya segar walau Anda tidak langsung mengolahnya. Belilah buah atau sayuran yang masih memiliki batas waktu agak lama sebelum membusuk.

6. Siapkan semua dari awal untuk lebih berhemat

Makanan yang cepat saji seperti makanan beku, sayuran yang sudah dipotong, oatmeal, atau sereal instan akan membutuhkan biaya lebih banyak dibandingkan jika Anda membuatnya sendiri. Luangkan waktu untuk menyiapkan makanan Anda sendiri.

7. Bahan makanan ramah dompet

Beberapa jenis makanan harganya selalu terjangkau sepanjang tahun. Cobalah biji-bijian untuk makanan protein dengan harga lebih terjangkau. Untuk sayuran, belilah wortel, sayuran hijau, atau kentang. Sedangkan buah, apel dan pisang adalah plihan baik.

8. Sekali masak bisa bertahan hingga satu minggu

Siapkan banyak makanan berdasarkan resep favorit pada hari libur Anda. Bekukan dalam kotak terpisah. Konsumsi makanan tersebut sepanjang minggu dan Anda tidak perlu menghabiskan uang Anda untuk membeli makanan di luar.

9. Jadilah kreatif

Gabungkan makanan yang tidak habis Anda konsumsi, dan cobalah bereksperimen dengan makanan tersebut. Sebagai contoh, cobalah masak sisa ayam yang ada menjadi tumisan atau salad, atau membuat ayam cabai. Ingat jika Anda membuang makanan itu sama saja dengan membuang uang Anda!

10. Saat makan di luar

Makan di restoran bisa sangat mahal. Anda bisa menghemat dengan mengikuti promo khusus, memilih makan siang dibandingkan dengan makan malam, atau mencari  tawaran promo “buy 1 get 1”. Pilihlah air mineral dibandingkan dengan memesan minuman lainnya, yang akan menambah biaya pengeluaran.

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca