Sebagai organ tubuh terbesar dan terluar, kulit sangat rentan untuk terkontaminasi dengan kotoran/bakteri/mikroorganisme lainnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Karena, mengabaikan gangguan kesehatan kulit sekecil apapun dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Kesehatan kulit yang terganggu juga dapat membuat Anda merasa tidak percaya diri. Lagipula, siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat?

Semua orang pasti menginginkannya, meskipun setiap orang memiliki definisi yang berbeda tentang kulit sehat. Namun secara umum, kulit yang sehat ditandai dengan tekstur kulit yang lembut dan lembab, sehingga membuat Anda merasa nyaman, bebas beraktivitas, dan percaya diri. Oleh karena itu berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit Anda:

1. Jangan merokok

Tips sederhana untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan tidak merusaknya. Merokok adalah salah satu hal yang dapat merusak kulit karena dapat membuat kulit Anda menua lebih cepat. Merokok dapat memecahkan kolagen yang dapat mengurangi elastisitas kulit dan merusak sel-sel kulit akibat racun tembakau.

2. Hindari konsumsi alkohol

Selain merokok, ternyata, minum alkohol juga dapat merusak kulit Anda. Konsumsi alkohol dapat membuat tubuh dan kulit Anda terdehidrasi, yang membuat kulit Anda tampak lelah dan tua. Berikut adalah beberapa dampak alkohol pada kulit Anda :

  • Alkohol dapat merusak organ hati, padahal hati merupakan organ yang berperan dalam menghilangkan racun dalam tubuh, termasuk alkohol. Sehingga ketika organ tersebut rusak, maka racun akan terakumulasi dalam tubuh karena tidak dapat dibuang dengan baik. Hal tersebut dapat terlihat dari kulit Anda yang terlihat kurang sehat/kusam/berjerawat.
  • Baik merokok atau konsumsi alkohol membuat produksi kolagen berkurang. Kolagen berperan dalam menjaga kekencangan kulit Anda. Sehingga, kurangnya cadangan kolagen pada tubuh membuat regenerasi kulit Anda menjadi tidak optimal. Akibatnya kerutan halus akan lebih cepat timbul pada kulit Anda.
  • Alkohol dapat melebarkan pembuluh darah, yang terutama lebih mudah terlihat di daerah sekitar mata. Akibatnya, kulit Anda akan mengalami kemerahan atau membengkak di daerah kelopak mata.
  • Studi tertentu menunjukkan bahwa alkohol dapat membuat ketidakstabilan hormon sehingga membuat produksi minyak bertambah. Akibatnya, hal ini dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit.

3. Tidur cukup

Kurang tidur dapat membuat kulit Anda tampak lelah, kusam, dan lebih tua. Terlebih, semakin sering Anda kurang tidur, semakin tinggi resiko timbulnya kantung mata yang menghitam di bawah mata.

4. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Studi menemukan bahwa makan makanan yang sehat dan bergizi (seperti buah dan sayuran) dapat membuat kulit Anda tampak sehat dan lebih muda.

5. Kendalikan stres

Stres dapat menstimulasi kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol, yang merupakan hormon utama stres yang terlibat dalam produksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Jumlah lemak berminyak yang terlalu banyak inilah yang dapat menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya.

6. Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari untuk menjaga kesehatan kulit, terutama disaat matahari berada pada intensitas tertingginya yaitu 10.00 sampai 16.00. Namun, jika Anda tetap harus beraktivitas disaat waktu tersebut, Anda sangat dianjurkan untuk:

  • Menggunakan pakaian pelindung, seperti baju/kemeja lengan panjang, celana panjang, atau topi.
  • Menggunakan tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) lebih dari 15 dengan menerapkannya sekitar 20 menit sebelum Anda beraktivitas keluar.

7. Rutin cuci muka dan pakai pelembap

Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda harus menyayangi kulit Anda terlebih dahulu. Beberapa cara untuk menyayangi kulit Anda adalah sebagai berikut :

  • Rutin untuk membersihan kulit Anda. Ini adalah bagian penting dari perawatan kulit untuk menghilangkan kotoran dan bakteri. Namun, lakukanlah dengan lembut dan jangan lupa untuk menggunakan air hangat suam-suam kuku.
  • Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, gunakanlah pelembab yang mengandung SPF agar sekaligus memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca