Benarkah Rambut Jadi Cepat Panjang Kalau Sering-sering Keramas?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi beberapa orang, punya rambut panjang adalah impian. Tapi kadang tak ayal setelah mencoba berbagai cara, harapan Anda harus pupus di tengah jalan karena kelamaan menunggu pertumbuhan rambut. Banyak pula yang percaya kalau keramas setiap hari adalah cara yang ampuh agar rambut cepat panjang.

Benarkah sering keramas bikin rambut cepat panjang?

Rambut rata-rata akan tumbuh sekitar 15 cm per tahun atau setidaknya 0,44 mm per harinya. Namun, setiap orang memiliki kecepatan pertumbuhan rambut yang berbeda.

Sampai saat ini memang belum terbukti jika sering keramas bisa bikin rambut cepat panjang. Justru dalam beberapa penelitian disebutkan terlalu sering keramas justru menyebabkan kulit kepala Anda rapuh sehingga rambut tidak tumbuh dengan sempurna. Hal ini juga dapat memengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut Anda. Memiliki rambut yang rapuh dapat memengaruhi kesehatan rambut secara keseluruhan.

Banyak di luar sana yang mengklaim bahwa produknya dapat membuat rambut cepat panjang, namun sebenarnya produk-produk tersebut hanya membantu merangsang pertumbuhan dan tak ada jaminan Anda akan memiliki rambut panjang dalam waktu yang sangat cepat.

Sederhanaya, tak ada yang bisa Anda lakukan untuk membuat rambut Anda tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan rambut tergantung pada gen, pertumbuhan sel, serta hormon tubuh masing-masing. Contohnya begini: dibandingkan wanita, rambut pria membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa tumbuh panjang. Tentu saja hal ini akibat perbedaan hormon dan fungsi tubuh masing-masing.

Apa yang bisa dilakukan untuk memiliki rambut panjang?

Anda dapat melakukan beberapa hal agar merangsang dan membantu rambut Anda tumbuh panjang. Namun bukan dengan kebiasaan keramas setiap hari, berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan:

  • Mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit kepala dan rambut. Semua makanan sehat tentu baik bagi tubuh Anda, termasuk rambut. Jika ingin rambut yang bagus dan kuat, Anda bisa mengandalkan makanan yang mengandung protein, zink, serta zat besi, seperti daging sapi, telur, daging ayam, dan seafood.
  • Rawat dengan baik dan berikan nutrisi yang lebih pada rambut. Hal ini bukan berarti Anda harus keramas setiap hari ya. Memberikan nutrisi pada rambut bisa dilakukan dengan cara menggunakan conditioner atau masker rambut secara berkala.
  • Batasi penggunaan alat kecantikan yang dapat merusak rambut. Jika Anda setiap hari menggunakan menggunakan hairdryer atau catokan rambut setiap hari, maka hal tersebut akan memengaruhi kualitas rambut Anda. Rambut menjadi mudah rapuh dan rontok, sehingga
  • Terapkan pola hidup sehat. Meskipun pola hidup sehat memiliki dampak yang sangat umum bagi kesehatan Anda, namun kebiasaan ini tentu ikut memengaruhi kesehatan rambut Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

    Anda sering tidur dalam keadaan terang benderang dan lampu menyala? Mungkin ini saatnya mulai belajar tidur dalam gelap.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adinda Rudystina
    Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

    Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

    Badan lemas, ngantuk, dan mata berat? Itu tandanya Anda butuh tidur siang! Yuk, intip trik power nap ini agar tidur siang lebih berkualitas dan bermanfaat.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Hidup Sehat, Fakta Unik 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit

    6 Penyebab Otak Anda Sulit Mengingat dan Mudah Lupa

    Baru kenalan 5 menit yang lalu, sudah lupa namanya? Ada janji nanti sore, tapi Anda tak ingat? Ini berbagai penyebab sulit mengingat yang Anda alami.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 4 menit

    5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Mati Rasa pada Kaki dan Tangan

    Mati rasa sering terasa pada jari, tangan, kaki, lengan, maupun telapak kaki Anda. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab mati rasa?

    Ditulis oleh: Theresia Evelyn
    Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    bibir gatal

    7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
    obat prostat

    Obat-obatan yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Penyakit Prostat

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 8 menit
    manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

    Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
    minum madu

    Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit