5 Cara Merawat Kulit untuk Mencegah Penuaan Sejak Usia Muda

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22/07/2019
Bagikan sekarang

Perawatan kulit seperti krim anti-kerut biasanya digunakan oleh orang berusia di atas 40 tahun, tetapi sekarang semakin banyak perusahaan kecantikan yang memperkenalkan krim anti penuaan untuk usia 20 dan 30-an. Memangnya, apa benar usia 30-an perlu krim perawatan untuk membuat kulit terlihat lebih muda? Apa saja cara dan perawatan kulit yang harus dilakukan agar awet muda? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Mengapa perlu perawatan kulit untuk cegah penuaan?

Pada akhir usia 20-an hingga pertengahan 30-an tahun, Anda akan memasuki masa pra-penuaan. Pada tahap ini Anda mungkin akan mulai melihata adanya garis-garis di sekitar mata dan mulut, atau bintik-bintik hitam akibat sinar matahari. Hal ini sebetulnya wajar, dan masih bisa dihindari risiko terburuknya lewat perawatan kulit tertentu.

Dua faktor utama penyebab pra-penuaan adalah kerusakan yang dihasilkan sinar matahari, dan (sayangnya) faktor genetik Anda. Namun, jangan khawatir dulu. Anda masih bisa mencegah, menunda, memperbaiki, hingga menghilangkan tanda penuaan pada kulit.

Jika Anda merasa kulit Anda telah terpapar terlalu banyak sinar matahari selama ini, maka Anda harus segera menggunakan perawatan atau krim anti penuaan sesegera mungkin. Perlindungan dari matahari dengan serum, krim, dan pelembap yang mengandung antioksidan bisa menyelamatkan kulit Anda. Selain itu, masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan untuk kulit.

Tips perawatan kulit untuk cegah penuaan

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memulai perawatan kulit anti penuaan:

1. Mulai dengan sunscreen khusus wajah

pakai pelembap wajah yang benar

Langkah pertama dalam perawatan kulit untuk mencegah penuaan adalah menggunakan pelindung matahari seperti sunscreen, sunblock, atau tabir surya yang akan melindungi Anda dari bahaya sinar UV matahari. Gunakan krim dengan SPF 15, 20, hingga 30 untuk sehari-hari pada wajah Anda jika ingin bepergian keluar rumah. 

2. Jangan lupa pakai di leher dan tangan juga

Selain wajah, jangan lupakan area leher dan tangan. Area itu adalah area yang paling sering terkena paparan sinar matahari, tapi ironisnya juga menjadi area kulit yang paling sering terlupakan untuk dirawat. Jangan heran jika melihat banyak wanita paruh baya yang sudah melakukan perawatan kulit mahal, tapi kulit leher dan tangannya masih penuh keriput.

3. Kurangi minum pakai sedotan karena dapat menyebabkan kerutan

minum pakai sedotan

Menyeruput minuman menggunakan sedotan dipercaya dapat menimbulkan garis-garis halus di sekitat mulut Anda. Gerakan otot apa pun yang sifatnya berulang akan menyebabkan kerutan. Untuk mencegah keriput sekitar mulut, kurangi pemakaian sedotan.

Selain itu, perawatan kulit untuk cegah masalah keriput di area mulit dan dahi bisa diatasi dengan menggunakan krim retinol di malam hari pada sekitar mulut (terutama pada garis senyum) dan dahi.

4. Pakai krim mata

menghilangkan kantong mata hitam

Kulit di sekitar mata Anda adalah kulit paling tipis dari keseluruhan tubuh Anda, yang berarti area ini akan menjadi tempat pertama munculnya kerutan. Pada pertengahan usia 20 tahunan, gunakan krim mata yang dapat menutrisi area sekitar mata dan melindungi Anda dari garis-garis di ujung mata.

Jangan lupa juga menggunakan kacamata hitam dengan penangkal UV saat ke pantai atau ke tempat yang terik sinar matahari.

5. Konsumsi makanan  yang mengandung antioksidan

makanan tinggi antioksidan

Selain perawatan kulit dari luar, Anda juga harus merawat kulit dari dalam. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat menunda penuaan pada tubuh secara nyata. Biasakan mengonsumsi teh hijau, sayuranbuah-buahan berry, kacang-kacangan, dan cokelat hitam (dark chocolate).

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Trik Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mengatasi kulit kering di bawah mata dapat dilakukan dengan perawatan dan konsumsi asupan bernutrisi untuk menjaga kelembapan kulit.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Harus Pakai Skin Care Berapa Lama Hingga Hasilnya Terlihat?

Kira-kira, berapa lama produk skin care akan menunjukkan hasil dan perubahan pada kulit wajah Anda? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Manfaat Skin Care Berbahan Alpha Arbutin untuk Kulit Wajah

Alpha arbutin adalah pilihan yang aman untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit wajah. Apa saja manfaat dari alpha arbutin untuk wajah?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Pakai sheet mask tidak hanya sekadar ditempelkan di wajah beberapa menit. Intip cara pakai sheet mask agar hasilnya maksimal di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
glass skin

5 Langkah Wujudkan Kulit Bening Bercahaya ala Glass Skin

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020
kulit rusak saat puasa

7 Kesalahan yang Membuat Kulit Rentan Rusak Selama Bulan Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020
lebih baik peeling atau scrub

Mana yang Lebih Baik: Eksfoliasi Pakai Chemical Peeling atau Scrub?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/03/2020