backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Tips Awet Muda untuk Pria yang Wajib Dilakukan

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 09/11/2023

10 Tips Awet Muda untuk Pria yang Wajib Dilakukan

Pria sering kali mengabaikan perawatan untuk tubuhnya. Padahal, perawatan yang baik dapat membantu pria agar tetap tampil awet muda. Berikut ini adalah sejumlah tips awet muda bagi pria dewasa yang mudah untuk dilakukan di rumah.

Beragam tips awet muda bagi pria dewasa

Produk anti-aging pria

Penuaan adalah proses alamiah yang tidak bisa dihindari, termasuk bagi pria. Proses penuaan pada pria pun dapat menyebabkan kulit keriput dan rambut beruban.

Meski tidak dapat dihindari, ada beberapa tips yang membantu pria dewasa tetap tampil muda.

Perubahan gaya hidup, penampilan, dan perawatan kulit wajah adalah aspek penting yang tak boleh terlewatkan untuk menjaga agar pria tetap awet muda. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Pakai tabir surya secara rutin

Mengurangi paparan sinar matahari merupakan salah satu cara menjaga kulit terlihat awet muda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan tabir surya (sunscreen).

Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dari matahari berisiko menyebabkan keriput dan bintik-bintik gelap yang akan membuat Anda terlihat lebih tua.

Penggunaan tabir surya secara rutin tidak hanya mencegah kulit menghitam, tapi juga membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

2. Gunakan pelembap wajah

Sebagian dari Anda mungkin tidak pernah menggunakan produk skincare atau perawatan wajah sebelumnya. Nah, ini adalah saatnya mengubah hal tersebut.

Bila berniat untuk mulai merawat wajah agar tetap awet muda, Anda dapat memulainya dengan menggunakan pelembap wajah secara rutin.

Pelembap membantu menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit wajah. Selain itu, produk ini juga mencegah kulit kering yang bisa memunculkan tanda-tanda penuaan pada wajah Anda.

3. Cukup minum air putih

Kebanyakan orang dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya dengan minum air putih sekitar delapan gelas atau setara dengan dua liter setiap harinya.

Asupan air putih yang cukup akan membantu menjaga kulit tetap lembap, memberikan warna kulit lebih baik, dan membuat penampilan Anda tampak lebih cerah.

4. Tidur cukup setiap malam

Tidur yang cukup penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan Anda. Dilansir dari laman Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan tidur malam setidaknya tujuh jam.

Kurang tidur bisa mengakibatkan terbentuknya kantong mata yang membuat penampilan Anda tampak lebih tua.

Tak hanya itu, waktu tidur yang kurang juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan kronis, termasuk obesitas, hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

5. Berhenti merokok dan minum alkohol

cara berhenti merokok

Pria lebih berisiko untuk menjadi perokok aktif dan peminum alkohol berat. Nah, kedua kondisi ini bisa membuat Anda tampak lebih tua dengan menyebabkan keriput pada wajah.

Merokok dan minum alkohol secara berlebihan ini juga memicu timbulnya masalah kesehatan, seperti penurunan sistem imun tubuh hingga risiko diabetes dan kanker.

6. Olahraga teratur

Salah satu tips awet muda pria yang tidak boleh Anda lewatkan adalah olahraga secara teratur.

Olahraga rutin membantu menjaga berat badan, meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh, memperbaiki stamina, serta membangun agar tubuh lebih bugar.

Jenis olahraga yang perlu Anda rutin lakukan adalah latihan aerobik. Latihan aerobik 30 menit per hari akan sangat baik untuk mendukung kesehatan organ jantung dan otak.

7. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Penting juga untuk memperbaiki pola makan dengan memperbanyak konsumsi daging rendah lemak, telur, sayuran, buah-buahan, kacang-kacang, gandum utuh, dan minyak zaitun.

Sebaliknya, Anda juga harus mengurangi asupan makanan olahan, termasuk makanan beku, makanan dalam kemasan, dan junk food.

Dengan makan makanan sehat dan bergizi seimbang, Anda akan terhindar dari kemungkinan masalah kesehatan. Hal inilah yang membantu pria tampak lebih awet muda.

8. Kelola stres dengan baik

Stres kronis atau berkepanjangan bisa menyebabkan penuaan dini. Dikutip dari Harvard Health, stres juga bisa memperburuk masalah kulit, seperti eksim, jerawat, dan rambut rontok.

Penting untuk menemukan teknik mengelola stres yang baik sesuai preferensi Anda, contohnya dengan meditasi, yoga, atau melakukan hobi yang menenangkan.

9. Lakukan grooming

alat cukur jenggot elektrik

Supaya tampil lebih muda, penting bagi Anda untuk melakukan grooming. Hal ini merujuk pada berbagai kebiasaan yang bertujuan untuk meningkatkan penampilan dan merawat diri pria.

Menerapkan gaya rambut yang rapi, rutin mencukur jenggot dan kumis, hingga memotong kuku membantu memberikan penampilan yang lebih segar.

Kebersihan gigi dan mulut juga menjadi bagian dari grooming pria. Ini membantu pria terhindar dari masalah rongga mulut yang bisa menurunkan rasa percaya dirinya.

10. Rutin periksa kesehatan

Pemeriksaan kesehatan atau medical check up rutin sangat penting seiring bertambahnya usia.

Prosedur ini akan melibatkan beberapa tes medis, meliputi pemeriksaan fisik, tes darah, hingga elektrokardiogram (EKG), sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan menjalani prosedur ini, Anda bisa mengetahui risiko masalah kesehatan pria sejak dini.

Pemberian perawatan sedini mungkin mampu membuka peluang kesembuhan yang lebih tinggi dan meningkatkan kualitas hidup Anda ke depannya.

Meski proses penuaan tidak bisa dicegah, beberapa tips awet muda bagi pria di atas membantu memperlambat proses dan menyamarkan kondisi Anda alami.

Apabila Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut seputar perawatan diri, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan informasi terbaik.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 09/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan