Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cuci Muka untuk Membersihkan Wajah, Baiknya Berapa Kali?

Cuci Muka untuk Membersihkan Wajah, Baiknya Berapa Kali?

Banyak orang yang menganggap, semakin sering cuci muka dalam sehari, semakin bersih dan terawat juga kulit wajahnya. Padahal tidak demikian, mencuci muka berlebihan juga punya risiko sendiri untuk kesehatan kulit wajah. Lalu, baiknya berapa kali cuci muka dalam sehari?

Normalnya, berapa kali cuci muka dalam sehari?

Setiap hari, kulit Anda terpapar dengan kotoran. Secara alami kulit wajah juga mengeluarkan keringat, minyak, dan sel-sel kulit mati.

Tak heran, kulit wajah makin mudah kotor. Jika tidak dibersihkan, kotoran tersebut bisa menyumbat pori-pori dan akhirnya membentuk jerawat.

Nah, Anda tentunya tidak ingin jika kulit jadi penuh jerawat, kan? Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk mencuci muka.

Secara umum, Anda harus membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari. Anda harus mencuci muka baik pagi dan malam karena kulit menghasilkan sebum (minyak) sepanjang hari.

Untuk masyarakat Indonesia, perawatan kulit wajah ini dilakukan bersamaan dengan mandi dua kali, yakni di pagi dan sore hari.

Namun, di negara lain yang memiliki musim dingin, membersihkan wajah cukup sekali saja jika kondisinya memang tidak kotor.

Dengan syarat penggunaan pelembap untuk kulit ditingkatkan agar kulit tidak kering.

Cuci muka dalam sehari berdasarkan kondisi kulit

cara membersihkan wajah

Setiap orang memiliki kebutuhan mencuci muka yang berbeda-beda. Ini bergantung dengan kondisi kulit dan aktivitas yang dilakukan pada saat itu.

Lebih jelasnya, mari bahas satu per satu seperti aturan mencuci muka pada situs American Academy of Dermatology.

1. Kulit sensitif

Beruntung untuk Anda yang memiliki kulit kering dan kulit sensitif. Untuk tipe kulit ini, Anda hanya perlu satu kali cuci muka dalam sehari.

Untuk kulit kering dan kulit sensitif, mencuci muka sering-sering dapat memperburuk kondisi kulit karena bisa mengurangi minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulit.

Anda juga dianjurkan untuk cuci muka di pagi hari atau di malam hari saja.

Lakukan juga perawatan kulit wajah seperti menggunakan toner dan pelembab agar kulit tetap terjaga kelembabannya.

2. Kulit berminyak

Untuk kulit yang berminyak, ada baiknya cuci muka dalam sehari sebanyak dua kali. Pasalnya, mencuci muka di pagi hari bisa membersihkan minyak yang menumpuk selama Anda tidur.

Sementara mencuci muka di malam hari bisa mencegah minyak menumpuk dan jerawat muncul karena kotoran yang menempel di muka selama Anda beraktivitas.

Disarankan juga untuk melakukan scrubbing atau eksfoliasi kulit wajah sebanyak 2 minggu sekali untuk menjaga kesehatan kulit wajah maksimal.

3. Mencuci muka sehabis olahraga

Perawatan wajah setelah olahraga, seperti mencuci muka merupakan suatu keharusan bagi orang yang memiliki tipe kulit jenis apa pun.

Ini disebabkan karena keringat yang keluar saat olahraga akan meresap ke dalam kulit dan menghambat pori-pori. Anda pun akan rentan mengalami jerawat.

Ingat juga untuk selalu menggunakan handuk dan air bersih saat membasuh dan mengeringkan wajah. Mengeringkan muka menggunakan handuk kotor bisa membuat kulit jadi gampang iritasi.

4. Bila Anda sehari-hari pakai makeup

Anda wajib dua kali mencuci muka dalam sehari bila Anda adalah orang yang selalu pakai makeup sehari-hari.

Apa pun jenis kulit Anda, berminyak atau sensitif, satu hal yang pasti harus dilakukan. Setelah memakai makeup Anda perlu membersihkan wajah dalam dua tahap.

Pertama, Anda harus menghapus makeup dengan pembersih khusus kosmetik (makeup remover). Kedua, cuci muka menggunakan sabun wajah seperti biasa.

Bila Anda masih menemukan sisa makeup saat mengeringkan wajah dengan handuk, berarti Anda tidak membersihkan dengan efektif seperti yang seharusnya.

Jangan terlalu sering cuci muka

cara mengatasi kulit kering

Sudah tahu berapa kali Anda harusnya cuci muka dalam sehari jika membaca ulasan di atas?

Hal ini penting untuk Anda pahami, mengingat keseringan cuci muka atau sebaliknya bisa membawa masalah pada kulit wajah.

Kurang membersihkan wajah, membuat kulit rentan berjerawat. Terlalu sering cuci muka juga membuat kulit lebih mudah melepaskan minyak kulit.

Kebiasaan yang tidak tepat ini juga bisa memecah keasaman kulit yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar keringat, minyak, dan bakteri baik.

Parahnya lagi, terlalu sering cuci muka dapat membuat kulit makin kering, kemerahan, bersisik, dan rentan muncul jerawat.

Itulah sebabnya, Anda jangan lagi keseringan cuci muka, ya.

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Del Rosso, James Q. “The role of skin care as an integral component in the management of acne vulgaris: part 1: the importance of cleanser and moisturizer ingredients, design, and product selection.” The Journal of clinical and aesthetic dermatology vol. 6,12 (2013): 19-27.

Beni, S. (2022, January 18). This is how often should you wash your face, according to Dermatologists. Prevention. Retrieved March 28, 2022, from https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a38636075/how-often-should-you-wash-your-face/

Acne: Who gets and causes. American Academy of Dermatology. (n.d.). Retrieved March 28, 2022, from https://www.aad.org/public/diseases/acne/causes/acne-causes

Face washing 101. American Academy of Dermatology. (n.d.). Retrieved March 28, 2022, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/care/face-washing-101

How your workout can affect your skin. American Academy of Dermatology. (n.d.). Retrieved March 28, 2022, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/workout-affect-skin

Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2022, January 25). Dry skin. Mayo Clinic. Retrieved March 28, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/diagnosis-treatment/drc-20353891

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Apr 21
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan