Semakin bertambahnya usia, kulit manusia juga akan semakin menua. Tak heran, kini banyak produk perawatan kecantikan dengan kandungan glycolic acid alias asam glikolat. Mulai dari produk eksfoliasi (untuk mengangkat sel kulit mati), serum, hingga krim antipenuaan yang kian menjamur di pasaran. Pasalnya, senyawa ini digadang-gadang memiliki khasiat menakjubkan untuk merawat peremajaan kulit wajah. Penasaran apa saja, sih, manfaat glycolic acid itu? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Manfaat glycolic acid untuk segudang masalah kulit wajah

Jerawat, pori-pori tersumbat, serta warna kulit yang tidak merata, hanyalah sebagian kecil keluhan pada wajah. Untuk mengatasinya pun tidak sembarangan, Anda butuh produk dengan kandungan yang tepat- salah satunya glycolic acid.

Seorang spesialis kulit sekaligus periset asal Amerika Serikat, dr. Dhaval G. Bhanusali menjelaskan bahwa glycolic acid merupakan senyawa dalam keluarga alpha hydroxy acid (AHA) yang terkandung alami pada tebu. Mungkin Anda akan sedikit kesulitan untuk membedakan senyawa yang satu ini dengan senyawa lain, seperti lactic acid (asam laktat) dan salicylic acid (asam salisilat).

Mudahnya begini, glycolic acid memiliki ukuran molekul yang jauh lebih kecil, sehingga memungkinkannya untuk menjangkau jaringan kulit yang lebih dalam demi mengatasi masalah-masalah pada kulit Anda. Nah, berikut ini adalah beragam manfaat glycolic acid yang menarik untuk dicoba:

1. Mencerahkan kulit

asam kojic

Sehari-hari ada berbagai hal yang bisa bisa membuat warna kulit kusam. Mulai dari sering terpapar sinar matahari, kulit kering, hingga penipisan kulit. Jika Anda sedang giat mencari produk perawatan yang tepat untuk masalah-masalah tersebut, glycolic acid bisa jadi jawabannya.

Senyawa ini berperan dalam merangsang pengelupasan sel-sel kulit mati yang bersarang di wajah. Tak perlu khawatir akan berefek kasar pada kulit, karena glycolic acid mampu bekerja dengan baik yakni melarutkan sejenis perekat lembut yang nantinya dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di lapisan epidermis. Warna kulit pun menjadi semakin cerah dan bercahaya.

2. Meratakan warna kulit

krim malam

Bagi Anda yang bermasalah dengan warna kulit yang tidak rata, coba manfaat glycolic acid yang satu ini. Prosesnya pun tidak jauh berbeda seperti saat mencerahkan kulit.

Glycolic acid juga akan membersihkan lapisan atas kulit dari penumpukan sel-sel kulit mati. Dengan begitu, flek-flek hitam, pigmentasi kulit, hingga melasma akan memudar secara perlahan.

3. Membersihkan dan mengecilkan pori-pori membandel

menghilangkan keriput kulit wajah

Pori-pori yang tampak besar merupakan akar masalah dari jerawat dan minyak berlebih di wajah. Dr. Debra Jaliman, seorang asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine, menganjurkan penggunaan produk perawatan yang mengandung glycolic acid bagi Anda yang bermasalah dengan pori-pori.

Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, glycolic acid mampu membersihkan, memperbaiki, mengecilkan, sampai mengurangi munculnya pori-pori yang bisa dengan mudah menjadi tempat penumpukan minyak, kotoran, hingga sisa makeup Anda.

4. Menghaluskan kulit

mengatasi kulit wajah kering

Menariknya, ternyata glycolic acid bekerja ampuh untuk mengatasi kulit yang terasa kasar. Ya, senyawa ini akan memicu pergantian sel-sel kulit guna memunculkan dan mengembalikan keremajaan permukaan kulit, sehingga kulit akan terasa lebih lembap, halus, dan lembut.

5. Memudarkan bekas jerawat

cara menghilangkan bekas jerawat

Bermasalah dengan bekas jerawat yang membandel? Mungkin produk perawatan yang Anda pakai belum memenuhi kandungan yang tepat. Jika ingin lebih manjur, Anda bisa coba manfaat glycolic acid pada produk perawatan kulit.

Tidak hanya bertugas menembus jaringan kulit yang dalam untuk memberantas jerawat. Lebih dari itu, bahkan bisa mempercepat pergantian sel dan memudarkan bekas jerawat yang menganggu penampilan.

6. Melawan tanda-tanda penuaan pada wajah

stres bikin cepat tua

Kulit wajah sehat dan tampak awet muda memang jadi dambaan setiap orang. Nah, glycolic acid bisa jadi salah satu pilihannya. Pasalnya, glycolic acid merangsang produksi kolagen dan elastin. Keduanya merupakan kunci untuk membuat kulit lebih kencang dan lembut.

Jika digunakan secara teratur, bisa membantu mencerahkan warna kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus, serta memperbaharui kualitas kulit Anda.

Perhatikan cara pakai glycolic acid yang tepat

Hampir sama seperti penggunaan produk yang berbahan dasar AHA, dr. Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatology menyarankan untuk menggunakan produk perawatan dengan kandungan glycolic acid pada pagi dan malam hari. Tentunya dengan olesan krim tabir surya di pagi hari untuk melindungi kulit.

Sebelumnya, pastikan kalau wajah sudah dalam keadaan bersih. Anda pun bisa melanjutkan pemakaian skin care ke tahap-tahap berikutnya seperti biasa,

Glycolic acid termasuk senyawa yang cukup kuat, maka sebaiknya hindari menggunakannya bersamaan dengan produk dengan kandungan senyawa kuat lainnya, seperti retinol atau kelompok AHA. Namun, Anda tetap bisa menyelingi penggunaannya di hari yang berbeda.

Selain itu, perhatikan juga bila Anda memiliki kulit sensitif yang umumnya cukup peka terhadap kandungan glycolic acid. Solusinya, mulailah dengan menggunakan konsentrasi yang rendah dan tidak terlalu banyak dulu, lalu coba lihat bagaimana perkembangannya di kulit wajah Anda. Jika tidak ada masalah, Anda bisa melanjutkan penggunaannya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca