7 Cara Sederhana Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah berharap pori-pori Anda jadi tidak terlihat? Pori besar, bintik-bintik hitam pada hidung, dagu, dan dahi memang sangat mengganggu. Berbagai cara mengecilkan pori-pori giat dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia untuk mencapai tampilan wajah idaman yang bersih mulus.

Faktanya, pori-pori tidak bisa dihilangkan sepenuhnya karena kita tetap membutuhkan pori-pori demi keseimbangan fungsi tubuh keseluruhan. Kotoran yang menyumbat pori-pori adalah reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.  

Namun, jangan pula biarkan pori-pori lama tersumbat sampai menimbulkan bintik-bintik di wajah. Tidak perlu usaha yang menguras tenaga dan dompet, berikut ini adalah sejumlah cara mengecilkan pori-pori di wajah yang dapat Anda lakukan. 

Berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi alias pengelupasan adalah kunci utama dari rutinitas perawatan wajah untuk menangkal segala macam masalah kulit, termasuk pori-pori besar. Saat memilih produk exfoliator, cari produk dengan tekstur seperti butiran pasir dan lembut. Jenis produk ini dapat menjangkau pori-pori dan mengurangi minyak sehingga pori-pori tidak akan membesar atau menghitam. Penggunaan produk yang lembut pada kulit dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran.

Meski eksfoliasi baik untuk mengatasi masalah kulit, cara ini tidak boleh dilakukan setiap hari. Cukup satu sampai dua kali dalam seminggu atau beberapa kali saja sebulan.

2. Simpan produk perawatan kulit di kulkas

Suhu dingin menyebabkan tubuh mengerut. Jangan panik dulu. Mengerutnya kulit disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami penyempitan, sehingga ukuran pori-pori Anda pun ikut menyusut. Nah, Anda dapat menyimpan produk pelembap dan makeup yang cair di dalam kulkas untuk mempertahankan sensasi dingin di wajah lebih lama.

3. Biarkan pori-pori bernapas

Rutin pakai sabun, pelembap, dan foundation berat pada kulit justru akan meninggalkan sisa minyak lebih banyak lagi, menyebabkan pori makin meradang dan membesar. Cobalah untuk tidak menggunakan makeup saat bersantai di akhir pekan ataupun saat sedang berada di rumah seharian penuh.

Menghapus makeup tidak hanya cukup dilakukan setiap malam dengan pembersih wajah. Kita juga harus mencuci muka terlebih dahulu sebelum berolahraga sehingga sisa makeup seharian tidak menyumbat pori ketika tubuh berkeringat. Memberikan kesempatan pori-pori untuk bernapas tanpa terhalang foundation ataupun krim pelembap akan membantu kulit mengeluarkan kotoran secara alami.

4. Pakai tabir surya

Paparan radiasi UVA dan UVB dari sinar matahari akan menyebabkan kerusakan kulit yang tidak hanya meningkatkan risiko kanker dan keriput jangka panjang, tetapi juga mengeringkan kulit dan membuat pori-pori Anda terlihat lebih besar. Penggunaan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan mampu membantu mencegah risiko kerusakan tersebut. Pilihlah produk tabir surya dengan SPF minimal 30.

5. Pilih pembersih yang tepat

Jika Anda memiliki pori-pori besar dan kulit berminyak, carilah pembersih wajah yang berbasis gel. Sementara jika Anda memiliki jenis kulit normal cenderung kering, Anda dapat menggunakan pembersih yang berbentuk krim.

Tidak peduli apa pun jenis kulit yang Anda miliki, hindari pembersih yang mengandung sabun atau scrub. Pasalnya, kedua bahan tersebut justru membuat pori-pori Anda terlihat semakin membesar.

6. Jangan tidur pakai makeup

Anda salah satu orang yang malas membersihkan makeup dan memilih untuk cepat-cepat tidur setelah seharian beraktivitas? Tertidur dengan makeup yang belum dibersihkan dapat menumpuk kotoran, minyak, dan bakteri sehingga menyebabkan pori-pori Anda jadi tersumbat. Hal ini kemudian akan membuat pori-pori Anda terlihat lebih besar di pagi hari ketika Anda terbangun.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mencuci muka dan membersihkan makeup Anda hingga benar-benar bersih, tak peduli seberapa lelah Anda setelah seharian beraktivitas.

7. Konsultasi ke dokter spesialis kulit

Jika berbagai perawatan yang sudah disebutkan di atas tidak juga membantu mengecilkan pori-pori Anda, berkonsultasi ke dokter spesialis kulit adalah pilihan terbaik. Dokter spesialis kulit dapat merekemondasikan prosedur tertentu untuk membatu Anda mengatasi pori-pori yang besar, seperti microneedling dan laser.

Jika jerawat Anda yang menyebabkan pori-pori membesar, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik atau obat retinoid untuk membantu membersihkan kulit Anda. 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara untuk Mengetahui Produk Skincare Anda Cocok dengan Kulit

Kulit dapat menunjukkan tanda tertentu saat dipakaikan produk skincare baru. Begini cara mengetahui apakah skincare Anda cocok atau tidak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 2 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari

Setelah cuci muka sebelum tidur, Anda kemudian pakai pelembap atau krim mata dulu? Simak urutan skincare malam yang tepat berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 1 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Luka Bakar

Luka bakar adalah kerusakan di jaringan kulit manusia. Cari tahu gejala, penyebab, derajat luka, serta pengobatan luka bakar di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Cara Cuci Muka yang Benar Agar Kulit Bebas dari Kotoran

Sudah benarkah cara Anda membersihkan muka selama ini? Berikut panduan cara cuci muka yang benar yang penting untuk diketahui.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit



Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bentonite clay

Mengenal Bentonite Clay dan Segudang Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
es batu untuk wajah

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit