Manfaat dan Efek Samping Niacinamide untuk Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Salah satu kandungan produk skin care yang tengah naik daun adalah niacinamide. Bahan ini kabarnya ampuh mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari memudarkan flek hitam hingga mengatasi jerawat dan bekasnya yang membandel. Jadi, tak heran bila produk skin care yang mengandung niacinamide banyak diburu di pasaran.

Meski begitu, niacinamide juga memiliki sejumlah efek samping sehingga Anda perlu mengikuti aturan pakainya. Berikut ulasan lebih lanjut tentang bahan yang satu ini.

Apa itu niacinamide?

essence dan serum

Niacinamide, atau dikenal juga sebagai nicotinamide, adalah salah satu zat turunan dari vitamin B3 (niacin). Dalam dunia dermatologi, zat ini digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, mencerahkan kulit, serta mengendalikan gejala rosacea.

Meskipun namanya mirip dengan niacin, niacinamide sebetulnya memiliki struktur dan fungsi yang berbeda. Niacinamide juga bukan semata-mata vitamin B3, melainkan zat yang diproduksi tubuh saat kelebihan asupan vitamin B3 atau asam amino triptofan.

Niacinamide bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu reaksi peradangan di dalam tubuh. Senyawa ini juga memperlambat proses perpindahan butir pigmen (zat pemberi warna) ke dalam sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Selain itu, fungsi lainnya dari niacinamide adalah membantu pembentukan protein pada kulit dan memerangkap kelembapan di dalam sel-sel kulit. Dengan begitu, kulit senantiasa terhindar dari kerusakan karena lapisan pelindungnya tetap kuat.

Anda sebenarnya dapat memperoleh niacin dan niacinamide dari daging, telur, susu dan produknya, kacang-kacangan, serta sayuran hijau. Keduanya juga bisa ditemukan dalam vitamin B kompleks seperti B6, B9, dan B12.

Namun, vitamin B3 sebagai bahan baku niacinamide mudah larut dalam air. Vitamin B3 yang Anda konsumsi bisa saja keluar dari tubuh sehingga Anda justru kekurangan vitamin ini. Di sinilah suplemen atau produk mengandung niacinamide diperlukan.

Manfaat niacinamide untuk kulit

serum niacinamide

Berikut sederet manfaat niacinamide bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Meningkatkan ketahanan kulit

Niacinamide membantu pembentukan keratin, yakni protein yang menjaga kulit tetap sehat dan kuat. Tidak hanya itu, niacinamide juga merangsang pembentukan lapisan ceramide yang berfungsi sebagai pelindung dan penjaga kelembapan jaringan kulit.

2. Meredakan peradangan pada kulit

Pembentukan jerawat menyebabkan peradangan pada kulit. Saat Anda menggunakan niacinamide, zat antiinflamasi dan antioksidan di dalamnya membantu meredakan peradangan sehingga kulit bersih dari noda jerawat dan bercak-bercak kemerahan.

Niacinamide juga bisa membantu mengatasi jerawat hingga tingkat yang cukup parah, terutama dari jenis papula (menonjol) dan pustula (berisi nanah). Setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu, luka akan membaik dan tekstur kulit semakin merata.

Selain meredakan peradangan akibat jerawat, senyawa ini juga membantu mengurangi peradangan akibat eksim dan masalah kulit lainnya. Dengan cara ini, gejala penyakit kulit akan lebih terkendali.

3. Memudarkan bekas jerawat

Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak atau noda gelap pada kulit akibat produksi pigmen melanin yang berlebihan. Bercak gelap terkadang dapat disebabkan oleh peradangan yang terjadi selama kulit berjerawat.

Studi terdahulu mengungkapkan bahwa nicotinamide dengan konsentrasi minimum 5% bisa membantu menyamarkan noda gelap. Senyawa ini bekerja dengan menghambat pembentukan melanin dan merangsang pembentukan kolagen.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Bekas jerawat bisa kembali meradang bila kulit sering terkena sinar matahari. Di sini, nicotinamide berfungsi sebagai pelindung kulit. Senyawa ini menjaga kelembapan dan kekuatan kulit sehingga sinar matahari tidak mencederai noda bekas jerawat.

5. Mencegah penuaan dini

Niacinamide terbukti membantu memperlambat tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Bahan aktif yang banyak terdapat dalam produk anti-aging ini juga mencegah penuaan kulit akibat sinar matahari, polusi, dan racun dari lingkungan.

Efek samping niacinamide

kulit kering berjerawat

Secara umum, niacinamide adalah bahan yang aman digunakan oleh siapa saja. Akan tetapi, zat ini dapat memicu pelepasan histamin yang berperan dalam memunculkan reaksi alergi. Jadi, waspadalah bila Anda pernah mengalami reaksi alergi sebelumnya.

Nicotinamide juga dapat menyebabkan reaksi gatal ringan dan ruam kemerahan pada beberapa orang. Pemilik kulit sensitif harus ekstra hati-hati sebab kulitnya lebih rentan mengalami reaksi ini.

Guna mencegah timbulnya efek samping yang parah, Anda sebaiknya melakukan tes sensitivitas terlebih dulu. Oleskan sedikit produk ke kulit dan diamkan selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi, artinya Anda bisa menggunakan produk ini.

Aturan pakai niacinamide

penggunaan essence untuk kulit

Walaupun relatif aman, senyawa ini tetap bisa menimbulkan efek samping sehingga harus digunakan sesuai anjuran. Maka dari itu, selalu ikuti instruksi yang tercantum dalam label kemasan produk atau arahan dokter.

Sebelum menggunakan produk mengandung nicotinamide, pastikan tangan ada sudah dalam keadaan bersih. Cuci tangan Anda dengan sabun, kemudian keringkan dengan handuk.

Teteskan serum atau oleskan produk ini secukupnya pada area kulit yang bermasalah. Anda bisa menggunakan kapas steril, cotton bud, atau jari Anda untuk meratakannya pada permukaan kulit.

Segera cuci tangan Anda dan diamkan kulit Anda sejenak agar niacinamide meresap ke dalam kulit. Setelah memakai produk ini, hindari paparan suhu panas serta sinar matahari secara langsung agar kandungannya tidak rusak.

Pemakaian produk ini tidak boleh digabung dengan vitamin C, sebab keduanya bisa menghilangkan fungsi satu sama lain. Anda sebaiknya juga menunggu beberapa hari sebelum menggunakan eksfoliator seperti scrub, AHA dan BHA, atau lainnya karena kulit akan lebih tipis setelah eksfoliasi.

Hentikan penggunaan produk bila kulit terasa perih atau mengalami reaksi sejenisnya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi lebih lanjut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Memilih vitamin untuk balita memang harus hati-hati. Kalau salah, bisa sebabkan alergi dan masalah lain. Berikut penjelasan seputar vitamin untuk balita.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak 13 April 2020 . Waktu baca 8 menit

8 Jenis Suplemen Penambah Energi yang Dapat Mendukung Stamina

Terkadang, Anda memerlukan tambahan energi untuk mendukung stamina tubuh. Apa saja jenis suplemen penambah energi yang dapat dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 4 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Vitamin Bisa Membantu Cegah Tertular COVID-19?

Dengan semakin banyaknya kasus positif COVID-19, penjualan suplemen dan vitamin ikut meroket. Tapi apakah konsumsi vitamin bisa cegah tertular COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 18 Maret 2020 . Waktu baca 6 menit

Penyebab Jerawat di Leher Plus Cara Ampuh Menghilangkannya

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk di leher. Jika Anda bingung mengapa jerawat bisa muncul di leher, berikut informasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 29 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat herbal dan alami untuk kanker prostat

Pedoman Memilih Suplemen dan Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
suplemen penambah berat badan

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 9 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit
Konten Bersponsor

5 Gejala Neuropati yang Sering Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 17 April 2020 . Waktu baca 4 menit