Begini Cara Kerja Vitamin B3 untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/06/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda dapat menemukan vitamin B3 dalam banyak produk perawatan kulit. Tapi, tak banyak yang tahu seputar cara kerja dan manfaat vitamin B3 untuk kulit.

Bagaimana cara kerja vitamin B3?

Vitamin B3 memiliki dua bentuk yang larut dalam air, niacin dan niacinamide. Jika Anda mengonsumsi niacin dan niacinamide secara oral, tubuh Anda dapat dengan mudah menyerapnya. Niacin dapat diubah menjadi niacinamide ketika jumlah niacin dalam tubuh jauh lebih tinggi dari yang dibutuhkan.

Niacin dan niacinamide membantu lemak dan gula dalam tubuh untuk bekerja dengan baik. Mereka juga digunakan untuk menjaga sel-sel tubuh yang sehat. Niacin dalam dosis tinggi baik bagi orang yang menderita penyakit jantung karena niacin dapat memengaruhi bekuan darah. Namun, niacin juga dapat meningkatkan kadar trigliserida (sejenis lemak) dalam darah.

Jika kadar niacin dalam darah lebih rendah daripada yang dibutuhkan, Anda dapat terkena masalah yang berkaitan dengan kulit seperti iritasi.

Manfaat vitamin B3 untuk kulit

Niacin dan niacinamide dapat ditemukan dalam banyak makanan seperti daging, ikan, susu dan produk susu, telur, kacang, sereal, dan sayuran hijau. Niacin dan niacinamide juga dapat ditemukan dalam B kompleks dengan vitamin B6, B9, B12.

Vitamin B3 merupakan nutrisi yang baik bagi kulit, menjaga kulit tetap sehat dan terlihat baik. Vitamin B3 sapat digunakan untuk mengobati jerawat. Vitamin ini menyembunyikan jerawat dan melawannya. Beberapa orang menggunakan niacinamide untuk mengobati inflamasi acne vulgaris.

Vitamin B3 juga dapat digunakan sebagai produk anti-penuaan, dan pelembap untuk kulit.

Niacin digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan pengobatan lainnya, niacin dapat membantu orang yang menderita beberapa penyakit atau kondisi seperti diare, kolera, sakit kepala, pusing, tekanan darah tinggi, kehilangan memori, arthritis, leprosi.

Niacinamide dapat membantu orang yang menderita beberapa masalah kulit seperti pemfigoid bulosa dan granuloma anular.

Adakah efek samping vitamin B3 untuk kulit?

Jika Anda menggunakan lebih dari 50 mg niacin per hari, beberapa efek samping dapat terjadi. Efek samping yang paling umum adalah flushing, termasuk terbakar, kesemutan, dan kemerah-merahan di lengan, dada, wajah.

Anda juga dapat merasakan beberapa efek samping ringan seperti pusing, nyeri di mulut, atau sakit di perut.

Jika menggunakan lebih dari 3 gram niacin per hari, efek samping lainnya dapat terjadi. Efek samping ini lebih serius, termasuk kerusakan hati, asam urat, kadar gula darah tinggi, detak jantung abnormal. Fungsi hati Anda dapat diperiksa dengan beberapa tes darah.

Niacin dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan peningkatan gula darah.

Tips menggunakan vitamin B3 untuk kulit

Minum 30 mg aspirin sebelum Anda minum niacin dapat membantu mengurangi gejala efek samping flushing. Anda harus berhenti menggunakan niacin 2 minggu sebelum operasi.

Wanita hamil dan menyusui dapat menggunakan niacin, tetapi dalam jumlah yang dianjurkan. Jika Anda berusia lebih dari 18 tahun, Anda harus minum 35 mg per hari. Jika Anda berusia kurang dari 18 tahun, Anda harus minum 30 mg per hari.

Anda tidak boleh menggunakan niacin jika Anda memiliki tekanan darah rendah, penyakit hati, penyakit ginjal, atau riwayat asam urat. Jika Anda memiliki diabetes, periksa kadar gula darah Anda secara teratur.

Vitamin B3 dapat berinteraksi dengan beberapa makanan atau obat-obatan seperti alkohol, atau obat diabetes. Jadi, konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Vitamin B3 dapat digunakan secara oral atau diterapkan secara topikal untuk mengobati jerawat dan beberapa masalah kulit lainnya. Namun, oleh karena potensi efek sampingnya, Anda harus menggunakan vitamin B3 dalam pertimbangan dan pengawasan dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Jenis Suplemen Penambah Energi yang Dapat Mendukung Stamina

Terkadang, Anda memerlukan tambahan energi untuk mendukung stamina tubuh. Apa saja jenis suplemen penambah energi yang dapat dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 04/04/2020 . 5 mins read

Apakah Vitamin Bisa Membantu Cegah Tertular COVID-19?

Dengan semakin banyaknya kasus positif COVID-19, penjualan suplemen dan vitamin ikut meroket. Tapi apakah konsumsi vitamin bisa cegah tertular COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 18/03/2020 . 6 mins read

Penyebab Jerawat di Leher Plus Cara Ampuh Menghilangkannya

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk di leher. Jika Anda bingung mengapa jerawat bisa muncul di leher, berikut informasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Jerawat, Health Centers 29/02/2020 . 4 mins read

Kenali Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Ampuh Mengatasinya

Jerawat di dahi atau jidat mungkin membuat tidak percaya diri. Yuk segera cari tahu penyebab, cara mengatasi, plus cara mencegahnya muncul di kemudian hari.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 26/02/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

suplemen penambah berat badan

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020 . 3 mins read
vitamin pencernaan anak

Vitamin Terbaik untuk Sistem Pencernaan Anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . 6 mins read

5 Gejala Neuropati yang Sering Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 17/04/2020 . 4 mins read
vitamin untuk anak balita

Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 13/04/2020 . 8 mins read