Tips Memperbaiki 3 Jenis Postur Tubuh yang Tidak Ideal

Oleh

Apakah Anda sering mengalami berbagai masalah seperti pegal-pegal, nyeri punggung, dan tubuh terasa kaku? Padahal, Anda tidak habis melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Jika selama ini Anda bertanya-tanya apa penyebabnya, jawabannya bisa jadi postur tubuh Anda. Ya, postur tubuh berperan penting bagi kesehatan Anda, tak cuma sebatas masalah penampilan fisik. Maka, mulai sekarang Anda perlu memperbaiki postur tubuh yang tidak ideal. Inilah kesalahan-kesalahan umum soal postur tubuh dan cara membentuk agar postur bisa kembali seperti semula.

Kenapa harus memperbaiki postur tubuh yang ideal?

Dampak dari postur tubuh yang tidak ideal memang tak dirasakan saat itu juga, namun berangsur-angsur. Keluhan yang sering dilaporkan orang dengan postur tubuh yang tidak ideal antara lain adalah nyeri leher, nyeri punggung, bahu cepat pegal, peredaran darah tidak lancar, muncul selulit, hingga masalah pernapasan.

Ini karena berbagai organ di dalam tubuh Anda ikut terpengaruh cara Anda duduk, berdiri, jalan kaki, dan beraktivitas. Maka, jangan sepelekan postur tubuh ideal. Pasalnya, tubuh sudah dirancang sedemikian rupa supaya bisa mendukung fungsi satu sama lain.

Postur tubuh yang tidak ideal dan cara memperbaikinya

Coba perhatikan postur tubuh Anda di hadapan cermin yang cukup besar. Jika bisa, mintalah bantuan keluarga untuk memotret cerminan tubuh Anda dari depan dan dari samping. Postur tubuh yang ideal seharusnya terlihat seperti ilustrasi di bawah ini.

orthochiro.ca
orthochiro.ca

Kalau ternyata postur tubuh Anda tak sama dengan ilustrasi di atas, berarti Anda perlu membentuk kembali postur tubuh yang ideal. Simak panduan sederhana memperbaiki postur tubuh tak ideal berikut.

1. Bungkuk

Postur tubuh bungkuk ditandai dengan kedua bahu naik mendekati telinga. Posisi ini biasanya terjadi pada orang yang seharian duduk menghadap layar komputer atau menunduk menatap layar ponsel.

Cara memperbaiki: Duduklah dengan tegak di kursi yang permukaannya rata dan cukup kokoh. Posisikan kedua tangan Anda lurus di sisi kanan dan kiri pinggul, dengan telapak tangan menempel pada permukaan kursi. Kemudian, beri tekanan pada kedua bahu dan telapak tangan sampai pantat dan pinggul Anda terangkat dari kursi. Tahan selama 5 detik dan ulangi sebanyak 12 kali.

2. Bahu menekuk ke depan

Bahu menekuk dan kepala terlalu maju banyak dialami pekerja kantoran yang duduk terlalu tinggi sehingga harus merunduk agar kedua tangan bisa mengetik. Lemaskan kedua tangan Anda di sisi kanan dan kiri tubuh. Jika kedua ujung jempol Anda mengadap ke paha, bukan ke depan, berarti bahu Anda menekuk terlalu dalam.

Cara memperbaiki: Melakukan latihan inverted row adalah cara terbaik untuk memperbaiki bahu menekuk. Perhatikan gambar di bawah ini. Tahan posisi tersebut selama 5 detik dan ulangi sebanyak 10 kali.

mensfitness.com
mensfitness.com

Jika tak sempat ke gym, silakan mencoba latihan sederhana di rumah. Berdirilah dengan tegak membelakangi tembok. Kemudian, tempelkan punggung dan bagian belakang kepala pada tembok. Angkat kedua lengan Anda dengan siku membentuk sudut 90 derajat (seperti gerakan menyerahkan diri pada musuh atau polisi). Tempelkan kedua lengan pada tembok. Perlahan-lahan, angkat kedua siku sampai telapak tangan Anda melewati kepala atau sejauh yang Anda mampu. Turunkan kembali dan ulangi sebanyak 12 kali.  

3. Pantat terlalu terangkat (menungging)

Kesalahan postur ini banyak dikenal dengan istilah menungging. Ibu hamil, wanita yang sering pakai sepatu hak tinggi, serta pria dengan perut buncit banyak mengalami gangguan ini.

Cara memperbaiki: Latihan plank adalah jawaban untuk masalah pantat yang menungging. Perhatikan gambar di bawah ini sebagai panduan. Tahan posisi tersebut selama 5 sampai 10 detik. Kemudian, turunkan lutut Anda dan ulangi plank sebanyak 8 hingga 10 kali.

sosueme.ie
sosueme.ie

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca